KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA









 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kang Dadan Ruhanda – Seniman Multitalenta

 
PROFIL

Kang Dadan Ruhanda – Seniman Multitalenta
Oleh : Kabarindonesia | 10-Feb-2019, 17:11:46 WIB

KabarIndonesia - Pada tanggal 5, bulan Juli tahun 1970 di Tatar Parahyangan, tepatnya di Majalengka, lahir seorang bayi mungil. Kedua orang tuanya memberi nama MUHAMAD DADAN RUHANDA.

Ayahnya, seorang karyawan Pabrik Gula di Jatiwangi, ia seorang ayah yang baik, disiplin, loyal dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan keluarganya. Sedangkan ibunya, seorang ibu rumah tangga yang ramah dan penuh dengan kasih sayang dalam mendidik anak-anaknya. Dadan, anak kedua dari lima bersaudara. Ia saat ini berprofesi sebagai seorang Sound Engineer, Music Arranger, Film Scoring, Film Script Writer, dan Aktor.

Karena sudah semenjak kecil, Kang Dadan panggilan akrabnya, sudah sangat menyukai berbagai macam kesenian. Saat masih  SMP dia sudah belajar menjadi sutradara drama. Hingga SMA dia terus menekuni bidang musik dan teater. Bahkan Dadan remaja sudah bisa membuat lagu dan membentuk group band sendiri, dan dia sebagai leadernya. Dari SMP hingga SMA, ia sudah diamanahi sebagai ketua sie kesenian di sekolahnya.

Hingga sampailah ia di perguruan tinggi, dan mengambil Fakultas Komunikasi dan Penyiaran Islam, di Bandung. Dengan berbekal pengalaman berkesenian sejak kecil, di UNISBA, pada tahun 1990 ia mendirikan sebuah Sanggar Teater dengan nama Studi Teater Unisba (STUBA) dan pada tahun 1993 ia pun mendirikan Lingkung Seni Budaya Sunda (LSBS).

Saat masih kuliah, ia sudah menjadi pembina teater, bahkan pada tahun 1994 - 2000 pernah menjadi pembina Musikalisasi Puisi untuk Guru-guru bahasa Indonesia SMA sewilayah Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Balai Bahasa dan Sastra Jawa Barat.

Hingga lulus kuliah pada tahun 1995, ia masih berkecimpung dalam bidang seni, khususnya seni Musik dan Teater.
Tahun 2001 - 2007, Kang Dadan bekerja di MQ production, bagian studio recording. Dan tahun 2002, Kang Dadan menetapkan tambatan kekasih hatinya pada seorang perempuan cantik untuk menjadi istrinya. Hingga kini dikaruniai dua orang putra dan dan seorang putri.

Pada tahun 2007, terjadi PHK besar-besaran di MQ. Namun, pada tahun yang sama, iapun disekolahkan ke Thailand dalam bidang Sound System Engineeeing, selama 14 hari. Akhirnya ia mempunyai bekal ilmu sound yang lebih.

Dan di tahun itu pula, ia mendapatkan ilmu yang ia dambakan, yaitu Ilmu Ma'rifatullah dari seorang Guru Spiritual, yaitu Bapak Syaiful Karim. 

Di tahun 2008, ia mendapatkan pekerjaan kembali sebagai Supervisor Sound Engineer. Di Eplex. Namun, tak berlangsung lama. Karena perusahaan tersebut pailit, dan terjadi PHK juga. Hanya satu setengah tahun. 


Kang Dadan tidak patah semangat ia terus berjuang demi keluarganya. Berbagai cacian dan makian tak pernah ia hiraukan. Maju terus, pantang mundur. 
Motto dalam hidupnya, "Belajar agar berpikir, Berpikir untuk kreatif, Kreatif untuk hasil yang terbaik".

Naskah-naskah Teater yang sudah dipagelarkan dan di sutradarainya, diantaranya : 
- Borok
- Penguasa
- Bangkai
- Rabi'ah al adawiyyah
- Walisongo
- Potret
- Bintang
- Balada serdadu tua
- Becak
- Persimpangan
- Nyanyian Nyanyian Sampah
- Rumah Susun Sangat Sederhana Sekali (RS4)
- Kisah yang terulang
- Tetangga Sebelah
- Babu-babu sidang Babu
- Titik Nadir

Pengalaman berakting :
- Berhala
- Komposisi Alif
- Guillotine
- Kholdi
- Lysistrata (MOGOK ASMARA) karya Aristophanes
- Aku Sendiri, Karya Jean Genet
- si Brewok dari Bukit Tengkorak  (Film TV Singapore) 
- Walisongo
-dll

Pengalaman Penata Musik :
- Titik Nadir
- Badawang
- Walisongo
- Rembulan
- Guilotine
- Babu Babu sidang Babu
- dan lain-lain 

Dan saat ini sedang proses garapan Film Layar lebar, berjudul "KABAYAN CILIK PUNYA MIMPI".    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia