KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Lucunya Negeri Ini 21 Feb 2018 04:39 WIB

Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Kenalkan Kota Medan ke Dunia Melalui Bahasa Esperanto

 
PROFIL

Kenalkan Kota Medan ke Dunia Melalui Bahasa Esperanto
Oleh : Tomy Tamba | 11-Jun-2014, 11:29:05 WIB

KabarIndonesia - "Bahasa negara mana? Bahasa Spanyol ya?" pertanyaan itulah yang pertama kali muncul saat Reza Pahlevi menuturkan bahasa Esperanto. Jangan tanya negara mana atau di kawasan mana bahasa ini digunakan.

Bahasa Esperanto adalah bahasa artifisial atau bahasa buatan. Nah, pencipta bahasa ini adalah seorang Polandia bernama Dr. Ludwig Lazarus Zamenhof (1851-1917), dokter asal Warsawa, Polandia, pada tahun 1887. Pada masa mudanya di Warsawa, Polandia, Zamenhof tinggal di lingkungan yang multietnis dan itu artinya banyak bahasa yang digunakan dilingkungannya. Akibatnya sering terjadi pertikaian antara etnis karena komunikasi yang kurang efektif. Akhirnya Zamenhof memutuskan untuk  menciptakan sebuah bahasa yang mudah dipelajari. Tujuannya untuk menghentikan pertikaian yang terjadi karena masalah bahasa dan membuat satu bahasa netral, bahasa yang tidak dimiliki oleh negara atau etnis tertentu tapi milik semua orang, untuk menjadi bahasa internasional pada nantinya.

Bahasa Esperanto ini dianggap jauh lebih mudah dipelajari daripada bahasa Inggris. Tata bahasanya pun sangat mudah. Ada dua juta penutur bahasa esperanto di seluruh dunia dan terus berkembang. Bahkan bahasa ini dianggap bahasa gaul dunia dan diharapkan menjadi bahasa pemersatu dunia. Tertarik? Ternyata di Medan terdapat komunitas pengguna bahasa ini.

"Sudah dua tahun lebih komunitas ini berdiri, namanya Aurora Mofado, dua kali sebulan kita rutin berkumpul untuk belajar bersama. Aurora Mofado berdiri dibawah Indonezio Esperanto Asocio, perkumpulan pengguna bahasa Esperanto di Indonesia," kata Reza Pahlevi, mahasiswa Ilmu Komunikasi USU semester empat.

Pemuda yang punya hobi berbahasa ini mengaku belajar bahasa Esperanto dari teman dunia mayanya. Dia dengan tekun mempelajari bahasa artifisial ciptaan Dr. LL Zamenhof ini sejak tahun 2010. Setelah merasa cukup mumupuni dalam bertutur bahasa Esperanto akhirnya Reza ikut aktif di dalam organisasi Indonezio Esperanto Asocio (organisasi Esperantis Indonesia) yang pada akhirnya ia ditunjuk sebagai ketua divisi edukasi dan mengetuai komunitas bahasa Esperanto di wilayah Medan, Aurora Mofado.

"Bahasanya mudah dipelajari, mulai belajar itu dengan cara chatting via skype ataupun facebook. Teman-teman yang ngajarin ada yang dari luar negeri ataupun orang Indonesia. Jadi selain belajar Esperanto bisa nambah teman juga," katanya.

Reza Pahlevi pada 29 Mei 2014 lalu diundang dan dibiayai oleh komunitas bahasa Esperanto di Tokyo, Osaka, Kobe, Himeji, Kameoka dan Kyoto, Jepang untuk menghadiri kongres bahasa Esperanto sebagai pembicara. Tentunya ini bukan sekedar keberuntungan, perlu usaha yang besar dan  ketekunan untuk punya kredibilitas yang mencukupi sebagai pembicara mewakili Indonezio Esperanto Asocio.

Sebagai pembicara tentunya Reza memerlukan topik presentasinya. Budaya Batak dan sedikit informasi mengenai kota Medan menjadi topik presentasi yang digunakan Reza pada kongres Bahasa Esperanto ini. Apa yang dilakukan Reza ini juga berguna untuk mengenalkan Indonesia khususnya Kota Medan ke dunia Internasional. (*)


Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia