KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA







 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Wawancara Eksklusif: Anthony Bachtiar Perancang Mode Ternama

 
PROFIL

Wawancara Eksklusif: Anthony Bachtiar Perancang Mode Ternama
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 02-Apr-2018, 08:29:34 WIB

KabarIndonesia - Siapa yang tidak mengenal sosok Anthony Bahctiar (AB). Ia sudah bertahta di hati para wanita Indonesia lewat karya-karyanya yang menggetarkan jiwa. Kemampuannya bertahan begitu lama di industri mode tanah air dan internasional, menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Mari simak wawancara Harian Online KabarIndonesia (HOKI) dengan the mastermind behind the collection tersebut, seputar dunia fashion dan pribadinya:   
HOKI: Apa alasan Anda menjadi desainer dan sejak kapan mulai menekuninya?
AB: Saya menjadi designer karena ketertarikan saya untuk mengangkat batik sebagai karya budaya asli Indonesia dalam bentuk fashion sehingga siapa pun yang melihat dan memakainya akan merasakan batik adalah Indonesia.

Saya menjadi designer sejak tahun 2010 sebelumnya saya bekerja sebagai fashion fotografer. Lalu mengambil pendidikan Fashion Designer di sekolah mode Esmod.

HOKI: Bagaimana Anda mendefinisikan karya Anda?

AB: Berbicara tentang Batik, umumnya masyarakat akan membayangkan batik adalah kain tradisional yang dibuat dengna pakem tertentu dan motif tertentu. Ada motif untuk para Raja dan kaum bangsawan, ada batik untuk pengusaha dan orang-orang terpandang atau sosialita dan ada pula batik untuk masyarakat kebanyakan. Namun dari semua itu ada satu benang merah bahwa batik itu klasik, konservatif serta formal.

Nilai-nilai seperti di atas tentunya hanya berlaku untuk generasi terdahulu  dan orang-orang tua kebanyakan. Nah untuk membuat batik tidak saja disukai oleh generasi tua dan lama, maka saya berusaha membuat konsep bahwa batik juga cocok buat anak remaja dan teenagers.
Itulah sebabnya dalam beberapa peragaan busana batik yaang saya hadirkan tampak fancy, trendy, sporty dan attractive. Batik yang biasa tampil dengan sepatu formal kini dapat pula tampil dengan sepatu sneakers atau sepatu olah raga.

HOKI: Dari mana inspirasi Anda saat membuat desain?

AB: Inspirasi saat membuat design kain batik atau design baju itu berasal dari berbagai hal seperti;
a. Trend fashion yang berlaku di tahun berjalan.
b. Kehidupan sehari-hari masyarakat.
c. Hasil pengamatan misalnya film, makanan, lokasi  apa saja yang sedang jadi trending topik saat ini.

HOKI: Apa yang memberi Anda kepercayaan diri dalam membuat sebuah karya?

AB: Pertama adalah ide yang tidak pernah habis dalam membuat karya fashion, kedua karya fashion itu sendiri sangat leluasa dan fleksibel dalam variasi dan aplikasinya. Misalnya satu baju bisa dibuat dengan lebih dari 10 macam kerah, 10 macam posisi kantung, 10 macam bentuk lengan, 10 macam model kancing. Lalu dari masing masing 10 itu bisa dikombinasi menjadi suatu model baru yang berbeda beda.

HOKI: Apa yang membuat label Anda unik?

AB: Saya berusaha membangun image bahwa kalau berbicara tentang label saya maka  orang akan ingat “batik dan kain traditional Indonesia yang khas”. Label yang memberi keleluasaan, anda mau gambar apa saja pada baju anda maka bisa dibuat pada sebuah motif kain batik.

HOKI: Berapa banyak Fashion Show yang telah Anda realisasikan di dalam ataupun di luar negeri?

AB: Sudah puluhan kali show lokal dan juga beberapa show Internasional yang diikuti dan juga sedang dalam proses penjajakan.

HOKI: Kini Antony Bachtiar tak hanya menjadi highlight media  tapi juga viral di media sosial. Bagaimana perasaan Anda?

AB: Pertama tama adalah bangga atas pencapaian ini dan kedua juga sangat gembira karena bisa mengangkat kain tradisional Indonesia ke permukaan dan pada dunia yang lebih luas lagi.

HOKI: Apa rencana dan harapan Anda ke depannya?

AB: Tetap berkarya dan menggali potensi diri dan mempertahankan semangat untuk terus mengangkat kain tradisional indonesia yang masih perlu dukungan designer Indonesia untuk mengangkatnya. Juga ingin show di lebih banyak kota kota dunia. (*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menuju Pulauku Nol Sampaholeh : Rohmah S
20-Jul-2018, 07:18 WIB


 
  Menuju Pulauku Nol Sampah Sejumlah karyawan Astra sedang membuat ecobrick dengan memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik bekas pada kegiatan sukarela karyawan di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia