KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.

Bicara.co yang
selengkapnya....


 


 
BERITA TOP REPORTER LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Top Reporter HOKI Juni 2017: Menulis Untuk Kebaikan Indonesia

 
TOP REPORTER

Top Reporter HOKI Juni 2017: Menulis Untuk Kebaikan Indonesia
Oleh : Redaksi HOKI | 21-Jun-2017, 07:52:41 WIB

KabarIndonesia - Terlahir pada sebuah kota kecil di lereng kaki Gunung Slamet yang tenang, tenteram dan damai, di Kecamatan Bumiayu, Brebes Jawa Tengah, tidak membuat sosok Rohmah Sugiarti menjadi pribadi yang anteng, kalem dan cepat merasa puas. Digerakkan oleh rasa haus akan informasi penting yang selalu mendera, serta keinginan untuk membagi informasi tersebut kepada khalayak yang membutuhkan, mendorongnya untuk menulis dan belajar menjadi jurnalis.

"Menulis dan menjadi jurnalis itu seperti mewujudkan mimpi yang tidak egois. Memuaskan hati untuk berbagi hal-hal penting yang tak bersifat materi semata," ujarnya. Dus, sejak kuliah di Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Rohmah mulai aktif menulis sebagai penulis lepas (freelancer) untuk media massa seperti Suara Merdeka, Solopos, PosKita, Bernas, Jawa Pos, Suara Karya, Pikiran Rakyat.

Tak hanya aktif sebagai penulis lepas (freelancer), saat kuliah itu juga dia berhasil dipercaya menjadi koresponden kampus untuk harian sore Wawasan Semarang. Bersamaan dengan itu, dia juga dipercaya menjadi koresponden daerah majalah petualangan dan alam bebas "Jelajah" yang dikelola Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dari Jakarta.

"Menulis dan menjadi jurnalis itu seperti berusaha selfie dan menunjukkan citra diri, tapi dengan jalan yang elegan dan penuh pengabdian. Bukan sekedar aksi narsis yang hampa dan sia-sia," jelasnya mengandai-andai.

Setamatnya dari UNS, Rohmah hijrah ke Ibukota dan sempat meneruskan karir jurnalistiknya di media property milik Ray White dan Grup Ciputra, Majalah BUMN Review, membantu humas Pemkot Jakarta Timur dalam mengelola pusat informasi online mereka, dan beberapa media lainnya.

Tergoda untuk mencoba tantangan lain di luar dunia jurnalistik, Rohmah akhirnya bergabung dengan Institut Titian Perdamaian (Peace Building Institute). Sebuah lembaga swadaya masyarakat (NGO's) yang bergerak di bidang resolusi konflik di Indonesia.

Tidak berhenti pada NGO's lokal, akhirnya Rohmah bergabung sebagai Communications Officer pada International Union of Food, Agricultural, Hotel, Restaurant, Catering Tobacco and Allied Workers Association (IUF) Asia Pacific, yang bergerak untuk memperjuangkan hak-hak kaum pekerja di sektor-sektor tersebut di atas di seluruh kawasan Asia Pasifik. Pada saat itulah muncul alasan Rohmah untuk bergabung sebagai penulis di Harian Online Kabar Indonesia (HOKI). Bersama HOKI dia merasa bahwa meski sudah tidak menjadi jurnalis media konvensional lagi, dirinya masih bisa terus menulis berita untuk masyarakat. Bahkan karena statusnya sebagai jurnalis warga (citizen journalist), maka dia merasa memiliki kebebasan untuk menulis dengan lebih independen, bebas, obyektif dan penuh idealisme tanpa adanya tekanan dari manapun.

"Di tengah banyaknya skala kepentingan yang membelenggu media mainstream, media jurnalisme warga seperti HOKI ini ibarat oase yang mampu menjadi penyeimbang sumber informasi yang menyejukkan bagi khalayak," tuturnya penuh harap.

Baru-baru ini, Rohmah dipercaya untuk mengemban amanat sebagai Anggota Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) untuk Komisi Komunikasi dan Edukasi periode 2017-2021. Meski tugasnya semakin padat dan berat, ia tetap bertekad akan terus menulis dan berbagi informasi bersama HOKI.

"Bukan sekedar menulis untuk eksistensi dan keabadian, tapi menulis untuk keadilan, kesetaraan, keterbukaan dan kemajuan negeri ini," tutupnya penuh semangat. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sandy dan Syagung, Sukses di Ajang Debat - WUPID 2017oleh : Johanes Krisnomo
19-Okt-2017, 13:37 WIB


 
  Sandy dan Syagung, Sukses di Ajang Debat - WUPID 2017 Sandy Sanjaya Awaluddin (kiri) dan Syagung Gunawan May (kanan) dari Universitas Gajah Mada, terpilih sebagai 1st breaking team, dalam ajang debat Bahasa Inggris WUPID - World Universities Peace Invitational Debate, di Jakarta (14-15/10/17). Bersama Aldwin dan Ibrahim dari
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Ekspedisi NKRI Gelar Nikah Massal 20 Okt 2017 05:37 WIB

 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia