KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTol Laut, Tol Langit dan Tol Media (Sebuah Kesaksian Untuk HUT ke-13 HOKI) oleh : Wahyu Ari Wicaksono
12-Nov-2019, 01:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sekarang ini perkembangan teknologi media telah berkembang dengan luar biasa. Apalagi ketika muncul teknologi yang disebut sosial media. Kemunculan sosial media telah membuat banyak hal berubah. Mulai dari industri, bisnis, kehidupan sosial, gaya hidup dan banyak lainnya. Salah
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

HOKI Nobatkan Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai

 
BERITA REDAKSI

HOKI Nobatkan Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai "The Best Green Hotel"
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 08-Feb-2010, 05:52:36 WIB

KabarIndonesia - Senin, 8 Februari 2010, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) menobatkan Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai "The Best Green Hotel tahun 2010". Piagam penghargaan diserahkan oleh Ibu Elisabeth Widiyati selaku pimpinan umum HOKI kepada Mr. Thomas Walter, General Manager Losari Spa Retreat & Coffee Plantation di Magelang. Acara penobatan ini juga dihadiri antara lain oleh Bupati Magelang, Bapak Ir. H. Singgih Sanyoto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah, Bapak Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd., dan Ketua DPD PHRI Jawa Tengah, Bapak Ir. Heru Isnawan.  

HOKI memiliki alasan kuat untuk menobatkan Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai "The Best Green Hotel". Salah satunya adalah karena hotel yang memiliki wilayah operasional di Jakarta, Makassar, dan Bali ini terbukti telah menerapkan corporate green responsibility dalam operasional bisnisnya sehari-hari. Segenap manajemen, staf, pegawai, bahkan para tamu yang datang ke resort ini dibiasakan untuk menerapkan konsep green minded sebagai wujud kecintaan mereka terhadap lingkungan hidup.  

Bagi sebagian orang, istilah green hotel masih terasa asing. Makna kata Green sendiri menyiratkan kepedulian dan kecintaan yang tinggi terhadap lingkungan hidup. Manajemen sebuah green hotel akan melakukan berbagai usaha agar lingkungan hotelnya lebih bersih, udara bebas polusi, dan staf serta tamu lebih sehat. Karena itu, manajemen menerapkan sistem penghematan energi, sanitasi berstandard internasional, menjadikan kebersihan sebagai prioritas utama, ventilasi udara yang sehat dan bebas polusi, serta makanan dan proses pengelolaannya yang berkualitas. Dengan demikian, tamu-tamu akan merasa aman karena mereka tidak menghirup udara bercampur zat-zat beracun dan staf akan betah bekerja di hotel itu karena manajemen peduli dengan kesehatan mereka. Pegawai juga diberikan pemahaman tentang pentingnya team kerja yang solid demi kesuksesan dan kesejahteraan bersama. Selain itu, ada tujuan yang lebih mulia. Yaitu menjaga agar bumi tetap seimbang, aman dan nyaman dihuni, hingga akhirnya efek global warming dapat diminimalisir. Lebih lanjut, konsep green minded terwujud dalam bentuk green business, green politics, green policies, green economic, dan green technology dalam operasional bisnisnya sehari-hari.  

Terkait dengan hal ini, Resort Manager Losari Spa Retreat & Coffee Plantation, Bapak Sugeng Sugiantoro telah mengikuti beberapa workshop, training, dan seminar khusus tentang manajemen hotel yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah LEAD (Leadership for Environment and Development) dari Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB) yang bekerja sama dengan AtKinsson Groups International untuk menyelenggarakan program DSB (Development Sustainable Business). Seminar ini diadakan di Jakarta pada tanggal 5 November 2009. Dari seminar yang dihadiri oleh para pejabat penting dan perwakilan dari perusahaan-perusahaan besar ini, Losari Spa Retreat & Coffee Plantation mendapatkan pelajaran berharga, yaitu pentingnya corporate sustainability bagi perusahaan yang sedang menghadapi berbagai tantangan masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan. Masalah-masalah lingkungan seperti perubahan iklim dan global warming mengharuskan perusahaan untuk memiliki paradigma yang berbeda dalam strategi bisnisnya. Perusahaan harus memiliki program CSR yang komperhensif dan lebih peduli dengan aspek-aspek sosial, kesejahteraan, dan lingkungan, serta tidak hanya mengejar profit semata.  

Dalam seminar tersebut, Bapak Sugeng Sugiantoro (Manager Losari Spa Retreat & Coffee Plantation) menjelaskan bahwa program DSB semakin memperkuat komitmen Losari Spa Retreat & Coffee Plantation untuk menjadi resort yang benar-benar ramah lingkungan (truly-eco friendly), dan bukan hanya slogan belaka. Hal ini dibuktikan dengan lingkungan tanaman kopi di sekitar resort dan kultur masyarakat lokal yang akan terus dipertahankan. Dengan Sustainability Benchmarking, Bapak Sugeng yakin bahwa keindahan dan konservasi lingkungan meningkatkan sustainabilitas resort ini dalam jangka panjang. 

Penobatan sebagai "The Best Green Hotel" menjadi kebanggaan tersendiri bagi Losari Resort karena gelar ini merupakan sebuah simbol ekslusif dan setara dengan simbol ISO yang dapat dicantumkan dalam berbagai keperluan usaha dan bisnis. Selain itu, dengan dinobatkannya Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai "The Best Green Hotel", hotel ini memperoleh beberapa keuntungan. Pertama, kepercayaan internasional terhadap imej dan kinerja hotel ini semakin meningkat. Kedua, penghematan sumber daya energi dan sumber daya manusia. Ketiga, efisiensi pengawasan, modal, dan inventarisasi. Keempat, optimalisasi infrastruktur dalam mewujudkan social movement. Kelima, efisiensi pengawasan, modal, dan inventarisasi, dan keenam, perwujudan program CSR (corporate social responsibility) dalam bentuk sistem AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) untuk mempercepat tercapainya sistem keadilan lingkungan (corporate sustainability). Secara tidak langsung semua keuntungan ini menjadi pendekatan yang lebih positif pada calon konsumen (dalam hal ini tamu yang akan menginap) sehingga akan menambah nilai ekonomi bisnis bagi Losari Spa Retreat & Coffee Plantation. Selanjutnya, hal ini akan menjadi alat pemasaran yang efektif karena reputasi Losari Spa Retreat & Coffee Plantation atas kepemilikan produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan di hotelnya telah tumbuh dan diakui oleh konsumen.  

Dengan penobatan Losari Spa Retreat & Coffee Plantation sebagai The Best Green Hotel ini, Harian Online KabarIndonesia sebagai media yang memiliki komitmen tinggi terhadap masalah-masalah lingkungan hidup, berharap agar kesadaran dan kepekaaan nasional terhadap efek global warming di Indonesia semakin meningkat. Selain itu, HOKI juga ingin mewujudkan pola pandang, pola pikir dan tindakan yang green minded demi tercapainya kesejahteraan yang berkeadilan lingkungan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Yang lebih penting, HOKI menginginkan tercapainya kesadaran nasional terhadap kinerja dan tanggung jawab yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip green life di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bila harapan dan keinginan ini dapat diwujudkan, HOKI yakin masyarakat dunia, khususnya Indonesia, akan lebih sehat dan sejahtera dan perlahan-lahan efek global warming akan semakin berkurang.(*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia