KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

PESAN AKHIR TAHUN: Selamat Memasuki Tahun Pengharapan, 2008

 
BERITA REDAKSI

PESAN AKHIR TAHUN: Selamat Memasuki Tahun Pengharapan, 2008
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 31-Des-2007, 09:00:42 WIB

Yth. para penulis, pembaca, rekan kerja, dan seluruh rakyat Indonesia sebangsa setanah-air tercinta di mana saja berada; atas nama Pimpinan Umum dan Dewan Redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI), perkenankan saya menyampaikan pesan khusus akhir tahun kepada segenap kita, sebagai berikut:

Gerbang pergantian tahun telah di ambang mata; 2008 menjelang di ufuk Timur siap menyambut setiap kita untuk menapakinya, 2007 menjelang tertinggal sebagai kenangan. Sukacita dan sorak-sorai bergema di mana-mana menyambut kedatangan tahun yang baharu, bak menyongsong kesatria pemenang perang yang gagah perkasa. Di sebalik itu, menyelinap juga rasa galau dan risau di banyak hati di antara kita, penuh rasa ragu adakah kita sedang menuju ke tahun yang menjanjikan kehidupan lebih baik atau sebaliknya, kita justru sedang berjalan ke tahun yang penuh masa-masa “paceklik” dan kebangkrutan hidup. Dua ribu delapan ibarat Pangeran Ratu Adil, penuh pesona dalam cerita namun berbalut misteri dalam nyata.

Apapun keadaan kita saat ini, sekali lagi saat ini, dalam penantian pergantian tanggal 31 Desember 2007 ke tanggal 1 Januari 2008, harus ada alasan mengapa ada sukacita dan mengapa ada galau melingkupi kita di detik ini. Standar perenungan dan kontemplasi di akhir suatu masa, biasanya, adalah menyimak kilas balik perjalanan hidup yang telah terlewati selama tahun yang akan berlalu. Sekian banyak peristiwa dan pengalaman itu sepantasnya menjadi refleksi jiwa untuk kemudian menjadi modal awal dalam memikirkan strategi dan langkah-langkah efektif meniti hari-hari di tahun yang akan datang. Tentu ada duka tapi ada suka di sana, ada kekalahan juga ada kemenangan, ada kegagalan namun tersisip jua keberhasilan, ada kerugian diiringi keuntungan, dan seterusnya campur aduk mewarnai jalan hidup setiap manusia.

Seandainya Anda kalah, gagal, merugi dan berduka di tahun 2007 ini, harap diingat itu bukan hanya milik Anda sendiri tapi banyak teman, tetangga, sabahat, dan orang lain lagi yang juga mengalami hal yang sama. Yang perlu dilakukan adalah menjadikan semua pengalaman hidup itu sebagai pelajaran, bahkan difungsikan sebagai pelita hidup yang akan senantiasa mengingatkan kita untuk lebih waspada, lebih berhati-hati, dan penuh pertimbangan dalam mengambil kebijakan dan tindakan penting di masa depan. Sebaliknya, jika Anda mengalami banyak kemenangan, kesuksesan, keberuntungan dan sukacita, biarkan semua itu menjadi pengingat bahwa langkah dan strategi hidup di masa mendatang mestinya berpedoman pada langkah yang telah Anda ambil di tahun lampau melalui penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. Semua keadaan apapun yang kita telah jalani selama tahun 2007, ada hikmah dan pelajaran penting di dalamnya, anugerah bagi setiap kita untuk jadi bekal atau modal awal memasuki tahun-tahun selanjutnya.

Sebagai ilustrasi kecil saja, berkenaan dengan kehadiran kami, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) di tengah-tengah pembaca dan masyarakat Indonesia di tanah air dan di manca negara, ada pengalaman perjalanan “karir” yang mesti ditelisik ulang agar didapatkan gambaran sejarah keberadaan HOKI bagi semua. Kita menimbang-nimbang tentang manfaat yang sudah bisa diberikan, juga kilas balik tentang hiruk-pikuk perjuangan memajukan HOKI, tidak ketinggalan tentang angan dan idealisme yang belum terwujud, dan seterusnya dan seterusnya. Evaluasi menyeluruh perlu dilakukan, baik dari sisi manajemen HOKI, penulis, pembaca, program-program tayangan, konten, kualitas tulisan, tampilan situs, hingga kepada aspek promosi dan “kepulan asap dapur” HOKI. Rangkaian “gerbong sejarah 2007” itulah yang akan jadi panduan HOKI dalam meniti hari demi hari di tahun 2008 mendatang.

Bercermin dari hasil evaluasi “kinerja” HOKI di tahun 2007, ada kerja yang sudah selesai, namun berkali lipat lebih banyak pekerjaan yang mesti diselesaikan di tahun mendatang. Itu sudah pasti. Tidak ada kata lain, kita harus bekerja lebih keras dan bersemangat dalam rangka mewujudkan segala angan yang masih menggantung di awan. Salah satu program kongkrit yang harus dilakukan adalah melakukan terobosan inovatif dalam memberdayakan penulis, pembaca, dan masyarakat Indonesia secara umum, memampukan mereka mencerna informasi dengan cerdas, yang tentu saja harus dibarengi dengan kemampuan menuangkan pengalaman-pengalaman, idealisme dan harapan masing-masing ke dalam sebuah tulisan atau artikel yang informatif, menarik, berkualitas, dan bertanggung jawab. Untuk itu, HOKI dalam waktu dekat akan meluncurkan program “Seminar Citizen Reporter” yang akan diadakan secara simultan di setiap kota dan daerah di tanah air. Setiap penulis, pembaca, dan masyarakat luas tanpa kecuali memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan mengikuti program tersebut. Tunggu dan simak terus berita-berita dari Redaksi tentang tanggal dan tempat pelaksanaan seminar dimaksud.

Pembenahan sistem kerja secara internal juga mesti menjadi prioritas, bila HOKI ingin tetap menderap melangkah maju dengan sukses. Peningkatan kualitas dan profesionalisme anggota editor, anggota dewan redaksi, dan para pengelola dalam melakukan tugas-tugasnya harus menjadi perhatian manajemen HOKI. Disadari benar bahwa dengan tingginya volume artikel dan tulisan dari para penulis HOKI yang masuk setiap harinya mengindikasikan tingginya animo dan semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam dunia tulis-menulis dan berbagi informasi; dan untuk itu perlu diimbangi dengan kualitas editor yang memadai. Pelatihan orientasi bagi editor dan manajemen HOKI perlu jadi bahan pemikiran kita ke depan demi kemajuan HOKI dan kepuasan pembaca.

Program-program kegiatan inovatif yang dapat memacu motivasi menulis dan berkarya para penulis, pembaca, dan masyarakat Indonesia perlu diperbanyak jumlahnya. Sebagai sebuah media jurnalisme warga (citizen journalism) yang menyediakan informasi dengan prinsip “dari kita, oleh kita, dan untuk kita”, keberadaan event-event yang melibatkan sebanyak-banyaknya penulis dan masyarakat luas adalah jantung dari eksistensi HOKI. Oleh karena itu, berbagai program kegiatan seperti perlombaan-perlombaan, festival, kontes-kontes, dan lain sebagainya yang berkaitan erat dengan dunia tulis-menulis, fotografi, peliputan dan sejenisnya telah menanti untuk dilaksanakan pada tahun mendatang ini. Keikutsertaan para penulis dan pembaca serta masyarakat adalah kunci keberhasilan bersama kita. Berbagai kegiatan lomba yang telah terlaksana selama tahun 2007 kiranya akan menjadi panduan bagi pelaksanaan event serupa di tahun 2008.

Sebuah catatan penting juga bagi kita semua, bahwa beberapa penulis dan aktifis HOKI telah dianugerahi penghargaan-penghargaan khusus atas prestasi, dedikasi dan kerja keras mereka. Hal tersebut merupakan bagian penting yang perlu dibudayakan dengan maksud menyemangati setiap orang, penulis maupun pembaca HOKI, untuk memacu diri dalam menghasilkan karya-karya terbaik mereka. Pemberian penghargaan dan penobatan beberapa anggota masyarakat dan tokoh-tokoh penting bangsa telah juga dilakukan, seperti antara lain penobatan Bapak Tanri Abeng dan Bung Rizal Ramli masing-masing sebagai “Begawan Manajemen Indonesia 2007” dan “Tokoh Kebangkitan Indonesia 2007” adalah juga dimaksudkan untuk mengapresiasi karya dan dedikasi setiap anak bangsa yang telah disumbangkan bagi negeri Indonesia tercinta. Kesemuanya itu kita lakukan sebagai bentuk implementasi dari komitmen HOKI untuk membangun Bangsa Indonesia menuju kejayaan melalui pencerdasan rakyat secara merata.

Puncak sukses HOKI yang mungkin luput dari perhatian sebagian kita adalah ketika Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan Piagam Penghargaan Rekor kepada Harian Online KabarIndonesia sebagai harian online berbahasa Indonesia dengan Penulis Terbanyak. Penghargaan itu hakekatnya adalah milik para penulis yang dititipkan pada manajemen HOKI, dan oleh karenanya kita semua penulis dan pembaca perlu berbangga mendapatkan penghargaan dari MURI tersebut. Tentu saja rasa bangga itu mesti direfleksikan ke dalam setiap kerja dan karya kita di tahun 2008 mendatang ini. Sebagai sebuah sistem jurnalisme kolaborasi, maka keberadaan setiap penulis dan pembaca HOKI adalah aset yang tiada ternilai harganya, dan kita yakin bahwa dengan kerja gotong-royong dalam kebersamaan, kita mampu melakukan perubahan mendasar bagi kita dan bangsa Indonesia. Hanya diperlukan konsistensi setiap kita untuk terus memacu diri, membelajarkan diri, dan mencerdaskan diri sendiri serta antar sesama penulis dan pembaca HOKI.

Tantangan dan hambatan tentu akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari perjalanan HOKI bersama penulis dan pembacanya di tahun 2008 mendatang. Namun, kalimat motivasi dari Conrad Hilton, Direktur Eksekutif Hotel Hilton, kiranya penting kita cermati bersama. Ia berujar bahwa suskes tampaknya berhubungan dengan tindakan, orang-orang yang sukses terus bergerak; benar mereka membuat berbagai macam kekeliruan, namun mereka tidak menyerah. HOKI beranggapan bahwa sesungguhnya gagal dan sukses itu bukan hal prinsip dalam hidup, justru kedua keadaan tersebut menjadi bagian dari jalinan perjalanan hidup yang harus dinikmati, dicintai, bahkan dikreasi untuk melahirkan kenangan-kenangan indah dalam sejarah seseorang. Jika kemudian sebuah kreativitas melahirkan sukses, maka itu hanyalah bagian dari aroma wewangian dari karya-karya besar manusia. Aroma-aroma dari karya sukses itu selanjutnya akan menjadi rahmat dan berkat bagi banyak orang di sekeliling.

Kita harus percaya bahwa kalah dan menang, gagal dan sukses, dan seterusnya itu hanyalah dari perspektif manusia semata. Dari sudut pandang pencipta ruang, pencipta waktu, pencipta segala mahluk, atau yang kita kenal dengan sebutan Sang Khalik, seluruh hari adalah kemenangan, totalitas waktu adalah kesuksesan, semua tahun adalah keberuntungan. Oleh karenanya, marilah kita memasuki tahun mendatang ini dengan penuh keyakinan yang haqul yakin akan pengharapan yang telah disediakan oleh-Nya. Setidaknya tahun di hadapan kita itu telah menyediakan rangkaian sejarah spesial yang akan kita kenang pada tahun-tahun setelahnya.

Para penulis, pembaca, rekan kerja, serta seluruh rakyat sebangsa dan setanah air yang kami banggakan;

Akhirnya, atas nama Pemimpin Umum dan Dewan Redaksi, saya menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru 2008” kepada segenap kita di manapun berada. Semoga pengharapan, penghidupan, dan hoki (keberuntungan) menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita di sepanjang tahun 2008 nanti. Lebih daripada itu, keberadaan kami Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kiranya akan selalu menjadi teman setia penulis dan pembaca kami baik di masa senang maupun di derai air mata. Kami senantiasa menyediakan diri untuk menjadi teman paling setia dalam hidup Anda melewati tahun 2008 dan seterusnya. Jangan ragu untuk berbagi cerita kepada kami, entah tentang keseharian Anda, entah sekedar berbagi info tentang harga susu, tauge, singkong dan dagangan lainnya di pasar Mambo, atau tentang suka-duka dan pergumulan menghadapi kemacetan, dan lain-lain. HOKI selalu ingin menjadi pendengar yang baik bagi penulis dan masyarakat Indonesia, syukur-syukur bisa berbagi solusi bagi persoalan hidup yang dihadapi. Doa dan salam hangat dari kami mengiringi perjalanan Anda sekalian memasuki gerbang 2008. Amin.

Terima kasih.

Tertanda,
Dewan Redaksi HOKI


Sumber image: bbc.com

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Batu Bertuah (1) 25 Apr 2019 16:15 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia