KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

PROFIL: Piter Silitonga, Peserta Penerima Beasiswa PMOH Angkatan II, 2010

 
BERITA REDAKSI

PROFIL: Piter Silitonga, Peserta Penerima Beasiswa PMOH Angkatan II, 2010
Oleh : Redaksi Kabarindonesia | 24-Mei-2010, 01:45:47 WIB

KabarIndonesia - Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH) Angkatan II, 15 Januari-25 April 2010 telah berakhir dengan baik. Penyandang gelar beasiswa berikutnya sebelum PMOH Angkatan II dimulai adalah seorang pemenang pertama Lomba Blogger Terbaik Versi HOKI 2009, bernama Piter Silitonga dari Medan.

Untuk mengetahui lebih lanjut siapakah sosok Piter ini, Management PMOH melaporkannya sebagai berikut: 

Piter dilahirkan sekitar 41 tahun lalu di sebuah desa  di Tapanuli Utara yang saat itu masih jauh dari jangkauan kota dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana.  Ketika ia berumur 11 bulan, desa itu diserang virus polio.  Ia adalah salah satu korban penyakit tersebut. Polio tersebut membuat kakinya lemah dan tak berdaya. 

Setelah berusia 8 tahun, ia mengenakan tongkat untuk bisa bermain dan menikmati masa kanak-kanaknya. Pada usia itu juga ia masuk Sekolah Dasar dan selalu diantar ayah-ibu untuk pergi dan pulang sekolah. Demikian perjalanan masa kanak-kanak hingga masuk jenjang SMP. Selama sekolah tetap diantar jemput oleh orang tua dan saudara. Namun demikian selama bersekolah di SD dan SMP, ia selalu memperoleh ranking di kelas. Ketika tamat SMP, ia melanjutkan sekolah ke SMA.  Kemudian pindah ke kota Medan dan bersekolah di SMAN 5 Medan. Walau dengan kondisi polio dan tongkat penyanggah yang selalu setia menemaninya, ia tetap ingin meraih cita-cita. Selama SMA ia sering menulis di majalah dinding sekolah tentang apa saja yang ada dalam benaknya.

Tahun 1988 ia tamat SMA dan masuk PTN melalui jalur PMDK tanpa test.  Selama mahasiswa, ia semakin rajin menulis, khususnya tentang sains dan beberapa tulisannya dimuat di harian lokal Medan.

Setelah tamat dari USU, hasrat menulisnya menghilang karena fokus mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan ke berbagai tempat merupakan hal yang sangat sulit baginya. Akhirnya ia berinisiatif untuk mengajar les privat ke rumah-rumah yang akhirnya membawanya sebagai pengajar di sebuah lembaga pendidikan di Medan. Setelah beberapa tahun, akhirnya pemilik lembaga memberikan kepercayaan penuh kepadanya untuk mengelola lembaga tersebut dan sekarang lembaga itu sudah menjadi miliknya sendiri.

Dengan kehadiran dunia internet, ia sadar bahwa dunia yang satu ini akan membuat sesuatu yang lebih bermakna.  Ia mencurahkan perhatian ke dunia internet dan mulai mengajarkannya di lembaga yang ia pimpin. Akhirnya ia menemukan Blog. Ia berpikir inilah tempat ia dapat mengekspresikan segala isi pikiran dan sekaligus ‘menjual diri'. Dengan hati yang mantap dan senang, ia mulai belajar ngeblog. Tidak terasa hingga sekarang ia selalu rajin mengelola blog dan juga aktif mengikuti berbagai bisnis online di internet, dengan monetize blog.

Dengan blog pribadi yang aktif, akhirnya ia sering diundang  sebagai nara sumber di berbagai seminar dan workshop tentang internet bisnis dan ngeblog di Medan.

Melalui blog pribadi tersebut, ia sering mengikuti berbagai kompetisi. Ia pernah menjadi pemenang utama pada lomba liveborderless dan berbagai event yang berhubungan dengan blog dan menulis. Ia paling suka mengikuti lomba-lomba yang menuangkan ide-ide dan pernah beberapa kali memperoleh kejuaraan. Dengan blog, menghantarkannya sebagai The Best Blogger versi HOKI tahun 2009. Ia sangat senang dan memproleh kesempatan untuk mengikuti kursus menulis online HOKI (PMOH).
 
Saat ini ia tetap serius mengelola blog, mengikuti berbagai kompetisi dengan blog, sedang mengikuti lomba ide di CSA Lintas Arta selain cukup sibuk memimpin dan mengatur lembaga pendidikannya.

Dengan segala berkat, saat ini ia sudah bisa melakukan berbagai aktifitas dengan sebuah mobil yang ia desain sendiri agar dapat bepergian ke mana saja.  Juga saat ini ia sudah bisa berjalan sendiri hanya dengan sebuah tongkat saja yang setia membawanya kemana-mana.  (*)





Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia