KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

PROGRAM AKHIR TAHUN: Ayo Menanam Pohon Hoki

 
BERITA REDAKSI

PROGRAM AKHIR TAHUN: Ayo Menanam Pohon Hoki
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 23-Des-2007, 04:26:41 WIB

Satu pohon untuk bumi yang lebih baik (Sisilia NS, Semarang)

KabarIndonesia - Dunia mulai bergerak memperbaiki bumi. Negeri tercinta Indonesia pun sudah mulai menyadari pentingnya keramahan pada bumi. Hal tersebut setidaknya terlihat dengan kesedian Indonesia menjadi tuan rumah KTT UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) di Bali yang baru saja berlalu. Tambahan lagi dengan komitmen pemerintah bersama rakyat melalui program penanaman 79 juta pohon yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu, serta adanya berbagai LSM Lingkungan Hidup yang tumbuh berkembang, baik di tanah air maupun di luar negeri, menunjukkan betapa manusia abad ini menaruh perhatian yang besar terhadap perbaikan alam sekitarnya. Berbagai organisasi masyarakat, pemuda, mahasiswa dan bahkan kalangan remaja dan usia lanjut bertebaran di banyak tempat, yang berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali. Program-program pelestarian alam, penghijauan, penyelematan hutan, usaha konservasi, dan lain-lain banyak digalakkan di mana-mana. Semua ini menunjukkan bahwa program penyelematkan bumi dari kehancuran akibat kerusakan alam bersifat mutlak dan amat segera.

Lalu pertanyaannya bagi kita para warga biasa, warga kebanyakan, apa yang bisa kita lakukan? Apakah kita mesti menjadi bagian dari anggota KTT itu untuk mengusahakan dunia yang lebih nyaman? Atau minimal menjadi anggota LSM? Mendirikan organisasi pencinta alam, dan lain sebagainya? Jawabanya adalah tidak; kita dapat menjadi bagian dari program besar dunia menyelamatkan bumi, tempat kita berpijak saat ini, tanpa harus repot menjadi anggota KTT, LSM, dan sejenisnya. Kita adalah bagian dari dunia, kita adalah bagian yang perlu diselamatkan, dan kita juga adalah bagian dari manusia penyelamat bumi, sebab program-program yang didebatkan di KTT dan pertemuan-pertemuan lainnya itu hakekatnya adalah program “dari kita oleh kita dan untuk kita”, tanpa pengecualian.

Yang diperlukan untuk mengubah bumi menjadi tempat yang lebih baik hanya dibutuhkan sedikit kepedulian kita menanam dan memelihara satu-dua buah pohon di halaman depan, samping, atau halaman belakang rumah kita. Tentu ada yang bertanya, bagaimana bisa satu orang dan satu pohon dapat mengubah bumi kita menjadi lebih baik? Mungkin prinsip sapu lidi bisa mengajari kita akan hal ini. Bila manusia dalam kesendirian tak berdaya apa-apa, namun ketika seluruh penulis dan pembaca Harian Online KabarIndonesia (HOKI) secara bersama-sama melakukan hal yang sama, menanam pohon bersama, maka akan tumbuh sekian ribu pohon. Belum lagi bila masing-masing kita membawa serta anggota-anggota keluarga mulai dari anak, cucu, cicit, tante, om, bibi, paman, opa, oma, suami, istri, hingga ke pacar dan mantan pacar, bersatu padu melakukan penanaman pohon di sekitar tempat hunian masing-masing, maka dapat dibayangkan percepatan perbaikan kondisi alam kita akan segera terjadi. Bumi jadi sejuk, nyaman menyegarkan bagi kehidupan manusia dan mahluk lainnya.

Dalam rangkaian semangat memperbaiki alam sekitar, berpartisipasi menyukseskan program penyelematan lingkungan hidup manusia, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) meluncurkan program peduli lingkungan melalui “Gerakan Penanaman Pohon Hoki 2007” sebagai kegiatan pamungkas tahun ini. Gerakan tersebut dimaksudkan untuk memotivasi setiap penulis dan pembaca HOKI agar turut serta membantu masyarakat dan pemerintah di lingkungannya masing-masing, memperbaiki lingkungan sekitar melalui penanaman pohon. Gerakan ini, selanjutnya diharapkan akan menularkan semangat memperbaiki, menyelamatkan, dan memelihara lingkungan hidup tempat kita tinggal kepada warga masyarakat lainnya.

Strategi pelaksanaan program ini cukup sederhana melalui langkah-langkah sebagai berikut:

1. Setiap kita yang membaca himbauan ini mengusahakan mencari minimal satu bibit pohon apa saja, diutamakan tanaman tahunan, baik tanaman buah-buahan maupun pohon lainnya.

2. Mencari dan menentukan lokasi penanaman bibit pohon. Lebih dekat dari tempat tinggal lebih bagus, sehingga kelangsungan hidup sang pohon dapat lebih terjamin.

3. Tanamlah bibit pohon tersebut pada hari Senin, tanggal 31 Desember 2007, di antara tenggat waktu dari jam 07.00 hingga 18.00 waktu setempat. Waktu yang dibutuhkan untuk menanam tidak lebih dari 15 menit.

4. Beri nama pohon yang Anda baru saja tanam dengan dua suku kata, yakni Pohon “Hoki ...” (titik-titik diisi dengan nama panggilan Anda). Misalnya, Mang Soleh menanam pohon duren di tepi kali dekat rumah, kemudian dinamai Pohon “Hoki Soleh”. Setidaknya, sepuluh tahun kemudian, pohon Hoki Soleh akan membawa hoki (keberuntungan) bagi Mang Soleh maupun warga lainnya dengan kehadiran buah durennya.

5. Bila diperlukan, buatkan pagar pengaman pohon yang baru saja ditanam, disiram air secukupnya, dan beri perhatian padanya di hari-hari selanjutnya.

6. Ajak anggota keluarga, teman, sahabat dekat maupun jauh, tetangga, dan sebagainya untuk turut serta melakukan hal yang sama di tempat masing-masing. Penanaman pohon dapat dilakukan bersama-sama maupun sendiri-sendiri.

Dijamin, Pohon Hoki itu akan menjadi kenangan dalam hidup Anda sepanjang hayat, bahkan ketika Anda sudah tiada, karena ia dengan setia menyandang nama dan keberuntungan Anda, diteruskan hingga kepada keturunan sang pohon. Presiden Soekarno dikenang orang yang pergi berhaji dari seluruh penjuru dunia, di sepanjang jaman, hanya karena pohon tanamannya di Padang Arafah di Arab Saudi sana yang saat ini justru bertambah banyak dan rindang.

Bagaimana jika tidak menemukan tempat atau lahan untuk menanam pohonnya? Mudah saja, cari dan temukan bibit pohon yang bisa ditanam di pot. Cari kaleng bekas atau apa saja yang dapat dijadikan media tanaman, beri tanah yang baik dan sedikit pupuk bila ada, kemudian tanamlah bibit itu pada hari dan waktu yang telah ditentukan di atas. Dengan cara ini, disamping membuat lingkungan sejuk dengan tanaman pohon, kita juga sudah memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kita.

Kepada penulis dan pembaca, Redaksi HOKI menaruh harapan besar kepada kita semua untuk menyukseskan “Gerakan Menanam Pohon Hoki 2007” ini. Bila bukan kita, dus siapa lagi yang kita harapkan? Bila bukan sekarang, dus kapan lagi kita bisa berbuat bagi keselamatan bumi ini? Marilah bersama-sama menanam pohon Hoki, dan berikan hoki pada diri sendiri, juga kepada orang lain.

Cerita Anda tentang pelaksanaan program “Gerakan Menanam Pohon Hoki 2007” di tempat masing-masing ditunggu di meja Redaksi untuk menjadi bacaan ringan bagi pembaca HOKI. Akan lebih semarak bila Anda juga mengirimkan “Berita Foto” melalui website www.kabarindonesia.com. Bila Anda belum terdaftar menjadi Penulis di Harian Online KabarIndonesia (HOKI) ini, dengan senang hati kami persilahkan untuk mendaftarkan diri dengan meng-klik menu “Daftar Jadi Penulis” pada situs ini. Bagilah cerita, harapan, ide, dan bahkan hoki Anda di HOKI kapan saja Anda mau dan punya waktu luang. Sekali lagi, Ayo Para Penulis dan Pembaca HOKI semua di manapun berada, sukseskan “Gerakan Menanam Pohon Hoki 2007" menuju tahun pengharapan yang penuh hoki, 2008.

Terima kasih dan salam hangat selalu.

Redaksi HOKI

Sumber image: multiply.com

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia