KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTol Laut, Tol Langit dan Tol Media (Sebuah Kesaksian Untuk HUT ke-13 HOKI) oleh : Wahyu Ari Wicaksono
12-Nov-2019, 01:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sekarang ini perkembangan teknologi media telah berkembang dengan luar biasa. Apalagi ketika muncul teknologi yang disebut sosial media. Kemunculan sosial media telah membuat banyak hal berubah. Mulai dari industri, bisnis, kehidupan sosial, gaya hidup dan banyak lainnya. Salah
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Selayang Pandang PMOH

 
BERITA REDAKSI

Selayang Pandang PMOH
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 22-Nov-2010, 06:33:10 WIB

KabarIndonesia - Mungkin masih banyak di antara kita belum pernah mendengar mengenai PMOH.  PMOH adalah Pelatihan Menulis Online HOKI yang masih berusia muda dan baru menelurkan dua angkatan yang diikuti oleh berbagai macam kalangan, dari staf pejabat tinggi Negara, wiraswasta, pegawai negeri, pegawai swasta, guru, fotografer, penerjemah, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar SLTA dan sebagainya, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

PMOH yang awalnya memiliki kelas umum dengan masa belajar selama lima belas minggu ini pada angkatan ketiga--tahun depan, 2011--bila tak ada aral merintang akan membuka kelas khusus fiksi yang akan berlangsung selama enam minggu.

Sebagai sebuah wadah pelatihan online yang masih baru, ternyata PMOH mendapatkan sambutan cukup baik dari para pembaca HOKI.  Bagi PMOH, jumlah peserta bukanlah manjadi tujuan utama melainkan kualitas selama pelatihan berlangsung.  Selain para peserta ditempa dalam bidang tulis-menulis, mereka juga diajarkan disiplin dalam mengerjakan tugas setiap minggu.  Dengan beberapa media penunjang yang menjadi pelengkap dan keloyalan serta kedisiplinan para mentor, pada umumnya para peserta yang telah mengakhiri pelatihan dapat merasakan hasilnya sebelum dan sesudah pelatihan, walau sebenarnya memang semua itu tergantung dari diri si peserta sendiri.  Paling tidak, mereka dapat membedakannya setelah mengikuti PMOH.

Dengan biaya investasi yang terjangkau, PMOH juga berusaha untuk tetap meningkatkan partisipasinya dalam memberikan program beasiswa melalui lomba-lomba yang digelar melalui HOKI (Harian Online KabarIndonesia).  Hal ini tidak lain adalah untuk lebih menghidupkan, menyemarakkan dunia tulis-menulis di Indonesia.  Dengan adanya persaingan tersebut, maka para peserta terdorong untuk memberikan yang terbaik dalam mengungkapkan pikiran, pendapat, pengetahuannya, pengalamannya, dan sebagainya dalam bentuk tulisan.  Maka apabila ada di antara para pembaca tertarik mengikuti PMOH ini dan merasa tertantang untuk mendapatkan program beasiswanya, mengapa harus menunda berpartisipasi dalam mengikuti Lomba Tulis HOKI yang sedang diadakan saat ini?  Siapa tahu Anda sendirilah pemenangnya.  Oleh karena itu jangan lewatkan kesempatan menarik ini.  Pengumuman lomba lebih detil dapat dibaca melalui link di bawah ini: http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=25&jd=Rebut+Hadiah-hadiah+Istimewa+Memperingati+HUT+HOKI+Keempat+Tahun&dn=20101111005238
Tanpa bukti nyata bagaimana PMOH selama dua angkatan ini berlangsung, tampaknya akan terasa ada yang kurang dan hambar.  Maka di bawah ini, ada baiknya kita menyimak empat buah kesan yang telah disampaikan oleh para penerima beasiswa selama dua angkatan berlangsung.

Nina Wardi (Garut), ibu rumah tangga (Penerima Beasiswa PMOH Angkatan II): Management PMOH bekerja profesional, dalam arti ramah, disiplin menegakkan aturan tertentu seperti tegas untuk peserta yang tidak memasukkan tugas dalam kurun waktu tertentu atau peserta yang tidak menyelesaikan tugas akhir tetapi tetap manusiawi saat peserta tidak bisa mengerjakan tugas karena sakit. Saya merasa nyaman sejak proses pendaftaran, transfer biaya, selama proses belajar dan ujian. Acungan jempol juga pantas untuk management PMOH yang cepat menyediakan pembimbing ketika ada kekosongan pembimbing untuk kelompok tertentu;  Pembimbing, semuanya profesional dan baik. Belajar di blog membuat peserta bisa mendapat ilmu tidak dari satu pembimbing saja. Peserta bisa "mengintip" tugas peserta lainnya dan membaca komentar pembimbingnya. Komentar dari peserta lainnya juga menyenangkan dan menambah semangat untuk menghadapi beragam tugas. Jika ada aneka jenis cara bimbingan karena pembimbingnya berbeda, hal itu wajar karena setiap orang memang unik; Materi pelatihan juga bagus dan  variatif; Tips menulis dan pesan mingguan di blog juga bagus; Suasana belajar di blog dan di milis bagi saya pribadi sangat menyenangkan, betah kalau setahun juga.

Badiyo (Jakarta), editor HOKI & pekerja swasta (Penerima Beasiswa PMOH Angkatan II): Menurut saya PMOH sudah cukup baik. Dibandingkan kursus serupa yang pernah saya ikuti juga dengan beasiswa, PMOH lebih baik. Kelebihan yang dimiliki PMOH, yaitu modul yang diberikan setiap minggu selalu disertai dengan tugas menulis. Hal ini menurut saya sangat baik karena tujuan pelatihan adalah agar peserta terampil menulis, bukan paham teori menulis. Dengan demikian peserta PMOH benar-benar tergembleng dalam menulis. Peraturan manajemen PMOH lebih tertib dan ketat. Mentornya cukup kritis, bahkan--mohon maaf--agak galak, tetapi bagi saya hal itu bagus agar meluluskan peserta yang berkualitas.

Piter Silitonga (Medan), Pengelola Pusat Pelatihan Pendidikan (Penerima Beasiswa PMOH Angkatan II): PMOH yang hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai media pembelajaran bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuan menulis sangat bermanfaat. Diharapkan pada masa yang akan datang selalu eksis dan memberi pelayanan terbaik sesuai visi dan misi PMOH.

Arien TW (Jakarta), Fotografer (Penerima Beasiswa PMOH Angkatan I): PMOH merupakan sebuah ajang pembelajaran menulis yang amat praktis dan efektif. Amat dibutuhkan bagi semua insan yang mencintai menulis namun sering terjebak dalam padatnya kesibukan. Hanya dalam waktu singkat, dijamin akan mengalami perkembangan pesat. Bravo dunia tulis menulis!!!

Kiranya kesan-kesan yang telah disampaikan oleh para penerima beasiswa di atas dapat memberikan pandangan positif kepada para pembaca yang berangan-angan ingin bergabung dalam PMOH di angkatan ketiga tahun depan.  Oleh karena itu jangan lewatkan informasinya tahun depan.  Rajin-rajinlah berkunjung ke HOKI dan jangan lupa daftarkan diri Anda segera menjadi bagian keluarga besar Pewarta Warga HOKI dengan klik Daftar Jadi Penulis.  Kami yakin Anda tak akan terlewatkan saat masa pendaftaran PMOH berlangsung di tahun depan. (*)


Sampai jumpa di tahun 2011,
Management PMOH



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia