KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDankormar Paparkan Program Soll ke Menko Maritim oleh : Dispen Kormar
28-Jul-2015, 09:19 WIB


 
 
Dankormar Paparkan Program Soll ke Menko Maritim
KabarIndonesia - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E., memaparkan kegiatan program SOLL (Save Our Litoral Life) yang saat ini sedang gencar-gencarnya digalakkan Korps Marinir ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc, di
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Pikiranku 19 Jul 2015 06:37 WIB

Hilang Arah 19 Jul 2015 06:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

LPEM UI Meneliti Dampak Ekonomi dan Sosial PT Inco

 
DAERAH

LPEM UI Meneliti Dampak Ekonomi dan Sosial PT Inco
Oleh : Iskandar Siregar | 10-Apr-2008, 18:15:01 WIB

KabarIndonesia - Tiga peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) dari Universitas Indonesia (UI) melakukan penelitian tentang "The Economic and Social Impact of PT Inco", yang diperkirakan akan memakan waktu selama kurang lebih dua bulan. Ketiga peneliti tersebut masing-masing Dr. Nuzul Achjar, Ir. Uka Wikarya, ME, dan Syarief Syahrial, SE, ME.

Sejak Selasa kemarin (8 April 2008) Tim LPEM UI tersebut sudah mulai mengumpulkan berbagai data mulai dari PT International Nickel Indonesia Tbk (PT Inco) di Sorowako, kemudian ke Pemkab Luwu Timur di Malili, dan Pemkab Luwu Utara di Masamba. "Data yang kami perlukan akhirnya diperoleh juga di Pemda Masamba," ujar Ir. Uka Wikarya ME. Pengumpulan data yang diambil antara lain berupa data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), data yang berkaitan dengan ekonomi, dan mengenai fiskal.

Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk up date dampak ekonomi, fiskal, dan program community development (comdev) PT Inco dari penelitian LPEM sebelumnya pada tahun 2004. Hasil penelitian LPEM UI pada tahun 2004, antara lain, ditemukan setiap kenaikan ekspor $1 PT Inco, akan menaikkan output perekonomian di Sulawesi Selatan $1.8. Selain itu, setiap 1 pekerja PT Inco, mampu membuka kesempatan kerja bagi 38 pekerja di Sulawesi Selatan, yang didorong permintaan barang dan jasa PT Inco, kontraktor serta karyawannya.

Metodologi penelitian ini menggunakan model kuantitatif untuk menganalisa makroekonomi dan fiskal. Sedangkan, untuk dampak dari program comdev, antara lain, dianalisa dengan menggunakan data primer dan berbagai indikator sosial lainnya seperti pendidikan dan kesehatan. Pada hari pertama penelitian (8 April 2008), sebelum terjun ke lapangan, Tim LPEM UI memaparkan rencana penelitian kepada PT Inco di External Room Meeting di Pontada, Sorowako.

Selama dua bulan penelitian ini direncanakan akan ada kegiatan pengumpulan data, kunjungan lapangan, analisis data, draft hasil penelitian, revisi, verifikasi, hingga adjusment, sebelum final report."Rekan-rekan dari PT Inco banyak membantu kami sehingga berbagai data yang diperlukan dapat diperoleh," ujar Dr. Nuzul Achjar.

Keterangan foto :

Dr. Nuzul Achjar (kemeja putih menyandang tas) bersama Tim LPEM UI berbincang-bincang dengan masyarakat di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, sebelum terjun ke lapangan untuk pengumpulan data (8 April 2008)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanulioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
24-Jul-2015, 20:08 WIB


 
  Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanuli Demam batu akik sudah berlangsung hampir setengah tahun sejak Februari 2015. Demam akik juga melanda kawasan Tapanuli di Sumatera Utara. Tapanuli Tengah misalnya sudah melakukan pameran akik. Fenomena akik juga mewarnai kawasan Tapanuli Utara. Awalnya hanya dua orang pengelola, belakangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
TNI Polri Jangan Mau Diadu Domba 28 Jul 2015 09:27 WIB

Mewujudkan Damai Itu Indah 27 Jul 2015 23:03 WIB

 

 

 
Kemandag Mengadakan Pasar Murah 06 Jul 2015 22:58 WIB

 
Jadwal Copa America 2015 11 Jun 2015 13:43 WIB

 
Mengenang Chris Siner Key Timu 13 Mei 2015 18:00 WIB

Badan Kecil, Semangat Tinggi 30 Apr 2015 07:41 WIB

 
Strategi Pilkada Ala Roro Fitria 14 Jul 2015 09:46 WIB

 

 
Deteksi Kanker Sejak Dini 06 Jul 2015 22:55 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia