KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilDian Ediono, GM Garuda Indonesia dan Gaya Kepemimpinan Indonesia oleh : Robert - Hoki
15-Sep-2014, 11:02 WIB


 
 
Dian Ediono, GM Garuda Indonesia dan Gaya Kepemimpinan Indonesia
KabarIndonesia - Belanda, Kompetisi bisnis antar maskapai penerbangan di Indonesia tergolong tinggi. Pasalnya banyak perusahaan swasta, asing dan milik negara yang memperebutkan pelanggan.
Kesuksesan Garuda Indonesia, sebagai salah satu perusahaan berpelat merah (milik negara) yang bergerak dalam dunia penerbangan dalam negeri
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Polisi Gadungan Ditembak Polisi 11 Sep 2014 04:52 WIB

 
Mengaduk Rasa 15 Sep 2014 10:45 WIB

Pergi 12 Sep 2014 12:44 WIB

 
Sumut Gelar Festival Budaya 03 Sep 2014 12:58 WIB



 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 

 

LPEM UI Meneliti Dampak Ekonomi dan Sosial PT Inco

 
DAERAH

LPEM UI Meneliti Dampak Ekonomi dan Sosial PT Inco
Oleh : Iskandar Siregar | 10-Apr-2008, 18:15:01 WIB

KabarIndonesia - Tiga peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) dari Universitas Indonesia (UI) melakukan penelitian tentang "The Economic and Social Impact of PT Inco", yang diperkirakan akan memakan waktu selama kurang lebih dua bulan. Ketiga peneliti tersebut masing-masing Dr. Nuzul Achjar, Ir. Uka Wikarya, ME, dan Syarief Syahrial, SE, ME.

Sejak Selasa kemarin (8 April 2008) Tim LPEM UI tersebut sudah mulai mengumpulkan berbagai data mulai dari PT International Nickel Indonesia Tbk (PT Inco) di Sorowako, kemudian ke Pemkab Luwu Timur di Malili, dan Pemkab Luwu Utara di Masamba. "Data yang kami perlukan akhirnya diperoleh juga di Pemda Masamba," ujar Ir. Uka Wikarya ME. Pengumpulan data yang diambil antara lain berupa data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), data yang berkaitan dengan ekonomi, dan mengenai fiskal.

Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk up date dampak ekonomi, fiskal, dan program community development (comdev) PT Inco dari penelitian LPEM sebelumnya pada tahun 2004. Hasil penelitian LPEM UI pada tahun 2004, antara lain, ditemukan setiap kenaikan ekspor $1 PT Inco, akan menaikkan output perekonomian di Sulawesi Selatan $1.8. Selain itu, setiap 1 pekerja PT Inco, mampu membuka kesempatan kerja bagi 38 pekerja di Sulawesi Selatan, yang didorong permintaan barang dan jasa PT Inco, kontraktor serta karyawannya.

Metodologi penelitian ini menggunakan model kuantitatif untuk menganalisa makroekonomi dan fiskal. Sedangkan, untuk dampak dari program comdev, antara lain, dianalisa dengan menggunakan data primer dan berbagai indikator sosial lainnya seperti pendidikan dan kesehatan. Pada hari pertama penelitian (8 April 2008), sebelum terjun ke lapangan, Tim LPEM UI memaparkan rencana penelitian kepada PT Inco di External Room Meeting di Pontada, Sorowako.

Selama dua bulan penelitian ini direncanakan akan ada kegiatan pengumpulan data, kunjungan lapangan, analisis data, draft hasil penelitian, revisi, verifikasi, hingga adjusment, sebelum final report."Rekan-rekan dari PT Inco banyak membantu kami sehingga berbagai data yang diperlukan dapat diperoleh," ujar Dr. Nuzul Achjar.

Keterangan foto :

Dr. Nuzul Achjar (kemeja putih menyandang tas) bersama Tim LPEM UI berbincang-bincang dengan masyarakat di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, sebelum terjun ke lapangan untuk pengumpulan data (8 April 2008)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Bisnis Fotocopy Semakin Kreatifoleh : Jumari Haryadi
11-Sep-2014, 11:53 WIB


 
  Bisnis Fotocopy Semakin Kreatif Jika ingin sukses berbisnis, diperlukan ide-ide kreatif dan inovatif agar bisa memenangkan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Tampak sebuah usaha jasa fotocopy di Jalan Cihanjuang, Cimahi (10/09) yang memiliki cara kreatif dalam menarik calon konsumennya yaitu dengan berjualan Alat Tulis
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Desakralisasi Merah 11 Sep 2014 14:51 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
Desa di Sumut Butuh Dokter 15 Sep 2014 10:43 WIB


 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia