KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Peninggalan Tjong A Fie Dilindungi UNESCO

 
DAERAH

Peninggalan Tjong A Fie Dilindungi UNESCO
Oleh : Jenda Bangun | 15-Des-2008, 21:53:14 WIB

KabarIndonesia - Tjong A Fie pernah hidup di abad ke-19 Masehi di Kota Medan. Selain sebagai konglomerat dan dermawan, juga dikenal sebagai tokoh multikulturalisme. Itu karena jasa-jasanya dalam usaha kerukunan pada masa membangun Kota Medan dan sekitarnya.

Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan, Phil Ichwan Azhari, di Medan kepada wartawan mengatakan, begitu banyak kontribusi nyata yang diberikan Tjong A Fie dalam kerukunan masyarakat dan pembangunan kota Medan.

Beberapa peninggalannya yang masih dapat dilihat hingga kini di antarananya Masjid Raya Almashun, Istana Maimoon, Kereta Api Deli (DSM), Masjid Bengkok, Gereja di Jalan Uskup Agung Sugiopranoto, Balaikota Lama, kuil Budha China di Brayan, Kuil Hindu dan Jembatan Kebajikan Zainul Arifin.

Disamping itu, pengusaha asal Tionghoa itu juga tercatat kepeloporannya dalam dewan kota (geemente raad), pembangunan masjid di Tapanuli Selatan, perkebunan di Riau dan perkebunan di Deli (Sumatera Timur).

Ia juga pendiri Rumah Sakit China pertama di Medan, pendiri Batavia Bank dan Deli Bank. Perkebunan yang dipimpinnya memiliki lebih dari 10 ribu tenaga kerja dan luas kebunnya mengalahkan luas perkebunan milik Deli Matschapaij yang dirintis oleh Jacobus Nienhuys yang dikenal dengan Peletak Dasar Budaya Perkebunan di Sumatera Utara.

Beberapa peninggalan yang dibangun Tjong A Fie itu sangat penting artinya untuk dilindungi. Di samping sebagai bukti peninggalan sejarah Kota Medan, sekaligus menunjukkan kota ini yang berkarakter khas dan sejak dulu terkenal dengan kerukunannya.

"Semuanya itu bisa dikelola dan dikemas sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya Kota Medan,"katanya.

Staf peneliti Pussis Unimed, Erond Damanik, mengatakan, salah satu peninggalan Tjong A Fie yakni Tjong A Fie Mansion sudah menjadi Benda Cagar Budaya yang dilindungi dan telah mendapat perhatian dari badan dunia UNESCO sebagai peninggalan yang wajib dilindungi. (*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:

http://kabarindonesia.com/




 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia