KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalSusi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi oleh : Badiyo
31-Okt-2014, 14:31 WIB


 
 
Susi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi
KabarIndonesia - Usai pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK, ada satu sosok menteri yang menjadi sorotan dan perhatian publik dan ramai diperbincangkan masyarakat. Sosok itu tak lain adalah Susi Pudjiastuti yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Kajati Kalteng Kunjungi Katingan 30 Okt 2014 19:41 WIB


 
Dia yang di Tepian Kali 30 Okt 2014 09:32 WIB

Tak Habis Pikir Dia 30 Okt 2014 09:29 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Menteri Koperasi Resmikan Gedung Puskud Provinsi Jambi
Oleh : Sunarto | 09-Jun-2010, 15:49:08 WIB

Menteri Koperasi Resmikan Gedung Puskud Provinsi Jambi
“tahun 2010 sebagai tahun kebangkitan Koperasi Indonesia
 

JAMBI, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DR. Syarief Hasan, MM, MBA bersama istri Ingrid Tansil yang juga sebagai anggota DPR RI dari Komisi VIII dalam kunjungan kerjanya di Jambi, Senin (7/6) telah meresmikan pemakaian gedung kantor baru Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Provinsi Jambi, yang terletak di jalan Abdul Manap Telanaipura Jambi.

Disamping itu pada kesempatan acara yang dihadiri Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Natres Ulfi, Ketua DPRD Provinsi Jambi Effendi Hatta, dan Unsur Muspida Provinsi Jambi, para Kepala Dinas/Instansi terkait, pengurus dan anggota Puskud Provinsi Jambi dan undangan lainnya ini, Menteri juga membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskud Provinsi Jambi tahun buku 2009, disamping juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama, kerjasama pengembangan usaha investasi industri dan perdagangan agrobisnis antara Puskud Provinsi Jambi dengan PT. Prima Mulia Abadi.


Pada kesempatan ini Menteri Koperasi dalam sambutannya menyampaikan, walaupun secara kualitas aktifitas Koperasi di Jambi belum menggembirakan, namun Menteri Koperasi menyatakan bahwa secara kualitas Provinsi Jambi masih terdepan, “walaupun secara kualitas aktifitas Koperasi di Jambi prosentasenya masih kecil, baru mencapai 30 prosen, tetapi secara kualitas  saya melihat  bahwa Provinsi Jambi masih terdepan dalam perkembangannya, dan banyak berhasil melakukan program-programnya”.


Untuk itu jelas Menteri Koperasi, “kami dari Kementerian Koperasi dan UKM, seiring dengan upaya peningkatkan kualitas Koperasi, maka Kementerian Koperasi mencanangkan tahun 2010 sebagai tahun kebangkitan Koperasi Indonesia, karenanya saya berkeyakinan bahwa sesungguhnya koperasi-koperasi  yang belum menyelenggarakan RAT pada dasarnya masih beroperasi, saya yakin dan percaya, bahwa hambatan-hambatan yang dihadapi koperasi-koperasi ini untuk menghadapi RAT harus terus didorong dan dilakukan pembinaan untuk menyelenggarakan RAT, sehubungan dengan itu, saya berkeyakinan tidak ada koperasi yang tidak melakukan aktifitas, namun permasalahannya adalah kesempatan dan kesiapan” ujarnya.


Berkaitan dengan itu Menteri Koperasi berkeyakinan, dengan jumlah Koperasi yang ada di Indonesia saat ini sebanyak 166.154 unit, baik secara kualitas maupun kuantitas Koperasi Indonesia akan semakin meningkat, sehingga walaupun hanya 30 prosen yang melakukan RAT namun lima tahun kedepan diharapkan Menteri Koperasi semua koperasi, semua institusi koperasi telah melakukan RAT, harapnya.

Disamping itu pada kesempatan ini Menteri mengharapkan, agar dalam RAT ini dapat dibahas secara konperhensip perencanaan-perencanaan yang akan dilakukan dimasa mendatang dan kepengawasannya lebih mengutamakan keterbukaan, sesuai dengan semangat koperasi, dari anggota, untuk anggota dan oleh anggota, dan para anggota Puskud dapat menentukan siapa pemimpin dan pengurus Puskud ini masa mendatang, namun Menteri berkeyakinan bahwa pemimpin yang akan dipilih akan berdasarkan prestasi dari hasil evaluasi, dan akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin nasional, hal ini sudah terbukti, dimana Gubernur Jambi saat ini H. Zulkiflu Nurdin sebelumnya juga pernah menjadi Maneger Puskud Provinsi Jambi, jelasnya. Selain itu Menteri Koperasi juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan sebelumnya yang telah berhasil memajukan Puskud Provinsi Jambi, dan salah satunya dengan telah dilakukannya rahab gedung Kantor Puskud Provinsi Jambi ini.

Sebelumnya Guberur jambi H. Zulkifli Nurdin dalam sambutan tertulisnya yang disampikan oleh staf Ahli Guberur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Natres Ulfi menyampaikan, bahwa salah satu indikator pengelolaan koperasi yang sehat, yakni menyelenggarakan RAT tepat waktu, sebagaimana yang dilakukan oleh PUSKUD Provinsi Jambi ini, ujarnya Karenanya pada kesempatan ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pengurus Puskud Jambi yang telah melaksanakan RAT tahun buku 2009 tepat waktu, dan diharapkan RAT ini juga dapat memberikan informasi berbagai peluang usaha serta mengantisipasi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi para petani di Provinsi Jambi. Gubernur dalam sambutannya juga menyampaikan abhwa Puskud memiliki makna yang cukup penting, mengingat Puskud Provinsi Jambi merupakan wadah perjuangan ekonomi kerakyatan, yang memiliki komitmen untuk mewujudkan keadilan social dan kemandirian bangsa.

Karenaya Guberur berharap agar RAT ini dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi anggota serta bagi perkembangan organisasi Puskud sendiri.

Ditegaskan Gubernur, sebagaimana diketahui bersama bahwa sebagian besar petani masih belum bias menikmati keuntungan yang maksimal dari usaha yang ditekuninya.

Hal ini disebabkan mereka masih memiliki keterbatasan dalam mengakses permodalan, sarana dan prasarana serta permasalahan hasil produksinya. Untuk itu keberadaan dan kiprah Puskud sangat ditunggu-tunggu dalam rangka mengantisipasi sekaligus menjawab permasalahannya.

Disamping itu Guberur juga menyampaikan, bahwa pemerintah menyadari sepenuhnya peranan koperasi belum memberikan kontribusi yang maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karenenya upaya untuk menumbuhkembangkan koperasi merupakan hal yang mendesak. Keberhasilan dalam mengembangkan  koperasi bukan hanya tugas pemerintah semata, namun merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan pelaku koperasi itu sendiri.

Oleh karenanya Gubernur berharap, melalui RAT ini para pengurus dan anggota Puskud Provinsi Jambi ini untuk dapat menanamkan jiwa dan semangat mengembangkan koperasi demi terwujudnya keadilan ekonomi dan sosial, terutama di lingkungan petani Provinsi Jambi.

Menurut Gubernur jumlah masyarakat yang menjadi anggota koperasi di Jambi dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, tercatat pada tahun 2008 masyarakat yang menjadi anggota koperasi mencapai 323.860 orang, ditahun 2009 menjadi 336.687 orang, yang artinya mengalami peningkatan sebesar 3,9 persen, namun disisi lain hal ini belum diikuti dengan kenaikan disegi kualitas. Hal ini terlihat dari jumlah koperasi yang ada di Provinsi Jambi sebanyak 3155 unit, ternyata yang bias melaksanakan RAT hanya 951 unit atau 30 persennya.

Hal ini merupakan tantangan bagi semua pihak, baik pemerintah maupun mitra pemerintah, untuk sensntiasa memberikan dorongan dan motivasi bagi pertumbuhan dan perkembangan koperasi dan usaha kecil.

Disamping itu, sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan gerakan koperasi, Puskud Provinsi Jambi kiranya dapat memperjuangkan kepentingan dan aspirasi para petani, dengan membantu petani dalam menyediakan sarana dan prasarana, seperti pupuk, benih dan kebutuhan sehari-hari. Serta meingkatkan aksesibilitas petani terhadap lembaga keuangan dan teknologi, tegasnya.



Blog: http://pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Penjual Pisang Bertelanjang Kakioleh : Jumari Haryadi
17-Okt-2014, 23:21 WIB


 
  Penjual Pisang Bertelanjang Kaki Mencari nafkah adalah kewajiban seorang pria terhadap keluarganya. Selain bekerja di sektor formal seperti menjadi PNS dan pegawai swasta, bisa juga dilakukan dengan cara berdagang. Tampak seorang pria tengah membawa pisang yang baru diambil dari kebunnya (16/10/14). Dengan bertelanjang kaki, pria
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Sastra Tanpa Riset 05 Okt 2014 10:09 WIB

 

 
Idul Adha di Leipzig 08 Okt 2014 13:16 WIB


 
We Do What We Can Do 30 Okt 2014 09:35 WIB

 
Liga Mahasiswa Kian Bergengsi 29 Okt 2014 23:13 WIB

 

 

 

 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB

 
Selamat Melayani Pertua-Diaken 12 Okt 2014 11:13 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia