KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanTak Perlu Galau Menyikapi Heboh Kasus Vaksin Palsu oleh : Wahyu Ari Wicaksono
28-Jun-2016, 15:14 WIB


 
 
Tak Perlu Galau Menyikapi Heboh Kasus Vaksin Palsu
KabarIndonesia - Terbongkarnya sindikat pemalsu vaksin untuk balita yang telah beraksi selama belasan tahun, sontak membuat banyak kalangan merasa was-was. Tak bisa dipungkiri bahwa mau tak mau kasus ini membuat hilang rasa keamanan dan kepercayaan masyarakat terhadap keaslian vaksin yang
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Kala Senja di Tanah Gayo 24 Jun 2016 12:58 WIB

Ramdhan Kali Ini 24 Jun 2016 12:58 WIB

 
Desa Cimanggu Menuju Desa Wisata 18 Mei 2016 10:53 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
Anakku Tertular Virus Menulis 23 Jun 2016 10:38 WIB


 
 
DAERAH

Pemekaran Kecamatan Harus Sesuai PP No 12
Oleh : Jurnalis Sp | 03-Aug-2010, 00:24:04 WIB

KabarIndonesia - Gorontalo, Banyaknya usulan pemekaran Kecamatan ternyata belum memenuhi standar Peraturan Presiden (PP) Nomor 12 tahun 2008, ini dijelaskan langsung Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Gorontalo Ardin daniel, Senin (2/7) diruang kerjanya.

"Sekarang ini banyak Kabupaten dan Kota Gorontao melakukan pemekaran Kecamatan tetapi tidak berdasarkan PP Nomor 12 tahun 2008," kata Ardin.

Menurutnya, PP Nomor 12 itu menjelaskan tiga poin persyaratan mutlak tentang pemekaran kecamatan, "persyaratan didalam PP 12 itu diantaranya untuk pemekaran kecamatan secara umum dan khusus kepulauan, syarat administrasi, teknik, dan fisik kewilayaan," jelasnya.

Untuk persyaratan administrasi menurutnya, harus memiliki rekomendasi dari Gubernur.
"Selam ini ada pemekaran kecamatan secara umum banyak yang tidak disampaikan ke gubernur, sehingga tidak ada rekomendasi dan ini yang menjadi masalah terutama dalam kaitannya dengan pemberian Nomor Kode Wilayah," ungkapnya.

Karena itu dia menilai jika ada wilayah yang sudah dimekarkan belum ada nomor kode wilayah maka itu tidak sah.
"Nomor kode wilayah ini ini terkait dengan program nasional tentang pemutahiran data kependudukan  mutlak harus dipenuhi sebab akan dipakai untuk pemberian No Induk Kependudukan," tegasnya.
Selain itu nomor induk wilayah juga terkait dengan rencana pemberlakukan program elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dan Sistim Informasi Adminstrasi Kependudukan (Siak).

"Ini terkait dengan program e KTP karena dalam KTP itu ada nomor kecamatan kalau ini tidak diusulkan maka akan menghambat program nasional penataan administrasi," jelasnya.
Selain untuk pemekaran kecamatan secara umum menurut dia juga ada pemekaran kecamatan khusus.

"Untuk kecamatan yang ada dipulau itu masuk dalam persyaratan khusus, dan itu bukan rekomendasi akan tetapi ijin dari gubernur," ungkapnya.
Walaupun demikian untuk pemekaran kecamatan khusus dan umum tidak memiliki berbedaan yang signifikan akan tetapi dari persyaratan administrasi.

"Jika pemekaran kecamatan umum harus memiliki 10 desa dan untuk pemekaran kecamatan khusus atau kepulauan cukup 1 desa ini dalam rangka peningkatan pelayanan publik dikawasan yang jauh dan selanjutnya untuk nomor kode wilayah akan diusulkan ke mentri dalam negeri," ungkapnya. (Rahmad Nur)   


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!!
Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Ragam UKM di Masyarakatoleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
13-Jun-2016, 12:58 WIB


 
  Ragam UKM di Masyarakat Harjono, 64 tahun, adalah salah satu pengrajin payung kertas yang masih bertahan di Desa Kwarasan, Juwiring-Klaten. Menurut Pak Harjono di rumahnya, 22/5, serbuan payung lawa/kelelawar -sebutan payung kain berwarna hitam produk China- menyurutkan kejayaan payung kertas Juwiring. Kini para pengrajin
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
TNI Tanggap Bencana 24 Jun 2016 12:59 WIB


 

 
 

 

 
Sayur untuk Hidup 13 Jun 2016 09:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia