KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniKita Butuh Eksplosif Kepedulian pada Anak oleh : Rohmah Sugiarti
16-Apr-2014, 17:13 WIB


 
 
Kita Butuh Eksplosif Kepedulian pada Anak
KabarIndonesia - Tanpa mengurangi simpati, empati dan keprihatinan saya terhadap korban, kita patut mengambil hikmah dari kasus yang terjadi di JIS. Setidaknya terbongkarnya kasus pelecehan anak di institusi ini mampu menjadi eksplosif yang meledakkan kepedulian kita pada masa depan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Tuhanku 1 20 Apr 2014 00:21 WIB

Tuhanku 2 20 Apr 2014 00:19 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Pramuka harus Maksimalkan Ibadah Ramadhan
Oleh : Sunarto | 25-Aug-2010, 13:39:42 WIB

KabarIndonesia - Gubernur menghimbau kepada semua anggota Gerakan Pramuka, khususnya yang beragama Islam, agar dapat mengambil hikmah dan manfaat bulan Ramadhan yang penuh berkah. Hal ini disampaikan Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs. AM. Firdaus, MSi, Selasa (24/8) saat melaksanakan buka puasa bersama dengan jajaran Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi.

Acara buka puasa yang digelar Kwarda Gerakan Pramuka Jambi ini diselenggarakan di aula Kwarda Jambi, yang dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Walikota Jambi, para Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi selaku anggota Majelis pembimbing gerakan Pramuka Jambi, para pengurus dan mantan pengurus Kwarda Jambi, para pengurus Kwarcab terdekat, pengurus dan anak-anak dari panti asuhan Teratai dan Panti Asuhan Yayasan Kesejahteraan Anak Jambi, serta undangan lainnya.

Disamping itu Gubernur juga mengajak anggota Pramuka untuk mengisi bulan Romadhan dengan berbagai kegiatan yang mempunyai nilai ibadah, “marilah kita isi bulan Romadhan ini dengan berbagai kegiatan yang mempunyai nilai ibadah, yang dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT”, ujarnya.  

Dijelaskan Gubernur, bahwa esensi dari hikmah ibadah puasa ini, sangat sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Gerakan Pramuka, yaitu mengutamakan kebersamaan, kesabaran dan kepedulian, untuk saling berbagi dengan sesama, khususnya berbagi dengan orang yang sangat membutuhkan bantuan, jelasnya.

Menurut Gubernur, Gerakan Pramuka sebagai gerakan kepanduan yang memiliki tujuan, yaitu memberikan pembinaan moral dan mental generasi muda, agar kelak menjadi generasi penerus yang siap berkarya dan berprestasi, baik secara lokal, nasional maupun internasional.

Tujuan ini hanya dapat dicapai melalui program latihan dan pendidikan non-formal kepramukaan, yang mengutamakan aktivitas dan kreatifitas, untuk melatih aspek kognatif, afektif dan psikomotorik. Konsep inilah yang diharapkan dapat mengisi waktu luang pemuda/remaja dengan kegiatan yang positif, yang bermanfaat bagi diri sendiri keluarga dan lingkungannya.

Lebih lanjut disampaikan Gubernur, bahwa insan Pramuka yang religious diharapkan bisa mendorong, memberi contoh, mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi, sekaligus mencegah dan menyelamatkan generasi muda dari kehidupan yang tidak sehat, yang sesat dan menghancurkan masa depan mereka.

Sebagaimana sering disaksikan di mass media, bahwa pada era globalisasi ini, sudah banyak generasi muda yang menjadi korban dari pergaulan yang negatife, seperti terlibat narkoba, minuman keras, perjuadian dan lain sebagainya.

Karenanya guna mengantisipasi hal-hal negatif tersebut, sebagai generasi penerus dan calon pemimpin di masa yang akan datang, generasi muda yang tergabung dalam gerakan Pramuka perlu terus diberikan bimbingan moral dan spiritualnya, dengan tuntunan dan bimbingan yang sesuai dengan ajaran agamanya.

Di samping sebagai salah satu cara untuk memasyarakatkan gerakan Pramuka di kalangan generasi muda, yaitu membentuk profil insan Pramuka yang bersahaja, agamis, dan berakhlak tinggi, yang tercermin dari sikap, ucapan dan tindakannya. Hal ini tentunya akan membuat masyarakat menjadi terpikat untuk memasukkan anaknya menjadi anggota Gerakan Pramuka, tegas Gubernur.

Selain itu disampaikan Gubernur, sebagaimana diketahui bersama bahwa masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Provinsi Jambi, terdiri dari berbagai etnik, budaya, dan kepercayaan. Untuk itu Gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi sebagai gerakan pemersatu keanekaragaman dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatusan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa, kerena hal itu merupakan modal utama mensuskseskan visi Pemerintah Provinsi Jambi, yakni Jambi Emas (Ekonomi Maju, adil, aman dan sejahtera).

Diingatkan Gubernur, masa mendatang merupakan masa yang penuh tantangan dan penuh kompetisi. Menghadapi masa depan tersebut menuntut semua pihak agar segera berbenah diri sekaligus menyusun langkah nyata dan langkah utama yang harus dipikirkan dan direalisasikan adalah bagaimana menyiapkan sumberdaya manusia yang berkarakter kuat, kokoh tahan uji serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya.

Sementara itu Sekda Provinsi Jambi sebagai Kakwada Gerakan Pramuka Jambi seuasai acara menyampaikan, bahwa buka bersama yang digelar Kwarda Gerakan Parmuka Jambi ini selain bertujuan bertujuan untuk mempererat talisilaturrahim sesama anggota Pramuka dan pengurus, sebagai wujud hubungan sesama manusia sekaligus hubungan manusia dengan Allah SWT sebagai Sang Pencipta, juga dalam upaya kebersamaan dan berbagi antar sesama umat manusia, khususnya bagi Kwarda Gerakan Pramuka Jambi dengan anak-anak dari Panti Asuhan. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Jumat Agung Umat Katolik St. Ignatius Cimahioleh : Johanes Krisnomo
18-Apr-2014, 19:43 WIB


 
  Jumat Agung Umat Katolik St. Ignatius Cimahi Umat Katolik St. Ignatius Cimahi merayakan Misa Jumat Agung, memperingati wafatnya Isa Almasih, Jumat (18/4/2014), yang merupakan rangkaian ritual jelang Hari Raya Paskah. Tidak kurang dari 2000 umat hadir, meski sebagian besar mengikuti acara di luar gedung karena keterbatasan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemilu 2014 di Caledonia Baru 10 Apr 2014 11:57 WIB


 

 
Squad Merah Putih Hajar Andorra 31 Mar 2014 12:39 WIB

 

 
Pasar Terapung di Kalsel 06 Apr 2014 19:18 WIB


 
Mengakhiri Ujian Nasional (UN) 20 Apr 2014 12:39 WIB


 
Zat Besi & Vitamin C 11 Apr 2014 21:57 WIB

Era Kualitas Kehidupan Perempuan 25 Mar 2014 21:45 WIB

 

 

 
Penyertaan Tuhan 20 Apr 2014 00:29 WIB

Satu Langkah Lagi 16 Apr 2014 16:47 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia