KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalBusa Anti Api Temuan Korem 044/GAPO, Murah dan Efektif Padamkan Kebakaran Hutan oleh : Dedi Sugiri
25-Jun-2016, 09:45 WIB


 
 
Busa Anti Api Temuan Korem 044/GAPO, Murah dan Efektif Padamkan Kebakaran Hutan
KabarIndonesia - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) harus diatasi secara cepat.  Karenanya, Korem 044/Gapo selalu melaksanakan pemantauan secara terus menerus di wilayah yang disinyalir rawan kebakaran. Dengan begitu, apabila terjadi kebakaran akan cepat diatasi.

Selain melaksanakan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Kala Senja di Tanah Gayo 24 Jun 2016 12:58 WIB

Ramdhan Kali Ini 24 Jun 2016 12:58 WIB

 
Desa Cimanggu Menuju Desa Wisata 18 Mei 2016 10:53 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
Anakku Tertular Virus Menulis 23 Jun 2016 10:38 WIB


 

Wawan, Petani Cabai Sukses

 
DAERAH

Wawan, Petani Cabai Sukses
Oleh : Wartono | 25-Mar-2011, 14:01:51 WIB

KabarIndonesia - Anggapan dan pandangan banyak orang bahwa petani sebagai tenaga buruh  ternyata tidak selamanya benar. Buktinya, sejumlah petani cabai di Kampung Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi saudara dan warga sekitarnya untuk setiap memasuki musim panen cabai, misalnya, mereka membutuhkan banyak tenaga pemetik.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga itu, wawan  perintis petani cabai di kampung tersebut, mengaku merekrut banyak warga sekitar, karena wawan sendiri ingin berbagi hasil dengan warga kampungnya sendiri. Walaupun usia Wawan  baru (34 tahun) yang kesehariannya bertani cabai yang asli penduduk kp.Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmlaya adalah seorang yang patut kita contoh dari ketekunannya dari meniti karirnya  sejak 1990 hingga kini.

Wawan sosok yang memiliki semangat untuk sukses berbekal keyakinan dan semangat  setelah melewati berbagai kegagalan dan merugi  wawan kini telah berhasil menjadi petani cabai yang sukses. Petani tidak selalu berkonotasi dengan kemiskinan. Petani ”boleh” dan bisa kaya.

Syaratnya, mau bekerja keras, pandaimemanfaatkan setiap peluang usaha, dan berani berspekulasi. Spekulasi dalam usaha tani bukan berarti tanpa perhitungan, tetapi justru dengan perhitungan yang matang,sukses menjadi petani karena jeli memanfaatkan peluang usaha telah dibuktikan oleh wawan
Keberhasilan Wawan meniti ”karir” sebagai petani cabai tentu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan.

Melalui fase berkali-kali ”jatuh-bangun”, Wawan baru bisa mengenyam hasil kerja kerasnya selama ini. Kesulitan yang dihadapi sebenarnya khas kesulitan nyaris setiap petani kecil. Misalnya, dia sulit mengakses permodalan, gagal panen, tanamannya terserang hama, dan jatuhnya harga komoditas pertanian di pasar. Ketika ditemui pewarta HOKI, Wawan memaparkan awal dia menekuni usaha tani pada tahun 1990, hanya dengan modal tanah garapan seluas sekitar 600 bata, ujarnya. Lanjut Wawan memilih menjadi petani cabai. Alasannya sederhana, karena tanaman cabai bisa mendatangkan untung berlipat ganda dan saya serius mempelajari teknik budidaya cabai. Sekaligus menghitung waktu penanaman yang tepat.
Ini penting agar saat panen harga cabainya tak jatuh dan membuahkan hasil. Produktivitas cabai yang saya tanam tinggi saat ini. (*)
Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Ragam UKM di Masyarakatoleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
13-Jun-2016, 12:58 WIB


 
  Ragam UKM di Masyarakat Harjono, 64 tahun, adalah salah satu pengrajin payung kertas yang masih bertahan di Desa Kwarasan, Juwiring-Klaten. Menurut Pak Harjono di rumahnya, 22/5, serbuan payung lawa/kelelawar -sebutan payung kain berwarna hitam produk China- menyurutkan kejayaan payung kertas Juwiring. Kini para pengrajin
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
TNI Tanggap Bencana 24 Jun 2016 12:59 WIB


 

 
 

 

 
Sayur untuk Hidup 13 Jun 2016 09:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia