KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiPENGIRIMAN TULISAN KE HOKI: Jangan "Copy-Paste"! oleh : Redaksi-kabarindonesia
23-Mar-2015, 05:19 WIB


 
 
PENGIRIMAN TULISAN KE HOKI: Jangan
KabarIndonesia - Apakah akun Anda di Harian Online KabarIndonesia (HOKI) dinonaktifkan atau pernah mendapatkan email peringatan dari Redaksi agar tidak melakukan "copy-paste"?

Harian Online KabarIndonesia sama halnya dengan media-media cetak/"online" lainnya yang formal menayangkan berita-berita dari para pewartanya. Sayangnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Kerja di Bawah Panas 24 Mar 2015 00:41 WIB

Kepada Machfud Azhari SE 23 Mar 2015 05:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Sepenggal Kisah Menuju Ambarawa 20 Mar 2015 14:38 WIB

 

Wawan, Petani Cabai Sukses

 
DAERAH

Wawan, Petani Cabai Sukses
Oleh : Wartono | 25-Mar-2011, 14:01:51 WIB

KabarIndonesia - Anggapan dan pandangan banyak orang bahwa petani sebagai tenaga buruh  ternyata tidak selamanya benar. Buktinya, sejumlah petani cabai di Kampung Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi saudara dan warga sekitarnya untuk setiap memasuki musim panen cabai, misalnya, mereka membutuhkan banyak tenaga pemetik.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga itu, wawan  perintis petani cabai di kampung tersebut, mengaku merekrut banyak warga sekitar, karena wawan sendiri ingin berbagi hasil dengan warga kampungnya sendiri. Walaupun usia Wawan  baru (34 tahun) yang kesehariannya bertani cabai yang asli penduduk kp.Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmlaya adalah seorang yang patut kita contoh dari ketekunannya dari meniti karirnya  sejak 1990 hingga kini.

Wawan sosok yang memiliki semangat untuk sukses berbekal keyakinan dan semangat  setelah melewati berbagai kegagalan dan merugi  wawan kini telah berhasil menjadi petani cabai yang sukses. Petani tidak selalu berkonotasi dengan kemiskinan. Petani ”boleh” dan bisa kaya.

Syaratnya, mau bekerja keras, pandaimemanfaatkan setiap peluang usaha, dan berani berspekulasi. Spekulasi dalam usaha tani bukan berarti tanpa perhitungan, tetapi justru dengan perhitungan yang matang,sukses menjadi petani karena jeli memanfaatkan peluang usaha telah dibuktikan oleh wawan
Keberhasilan Wawan meniti ”karir” sebagai petani cabai tentu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan.

Melalui fase berkali-kali ”jatuh-bangun”, Wawan baru bisa mengenyam hasil kerja kerasnya selama ini. Kesulitan yang dihadapi sebenarnya khas kesulitan nyaris setiap petani kecil. Misalnya, dia sulit mengakses permodalan, gagal panen, tanamannya terserang hama, dan jatuhnya harga komoditas pertanian di pasar. Ketika ditemui pewarta HOKI, Wawan memaparkan awal dia menekuni usaha tani pada tahun 1990, hanya dengan modal tanah garapan seluas sekitar 600 bata, ujarnya. Lanjut Wawan memilih menjadi petani cabai. Alasannya sederhana, karena tanaman cabai bisa mendatangkan untung berlipat ganda dan saya serius mempelajari teknik budidaya cabai. Sekaligus menghitung waktu penanaman yang tepat.
Ini penting agar saat panen harga cabainya tak jatuh dan membuahkan hasil. Produktivitas cabai yang saya tanam tinggi saat ini. (*)
Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Ngampar Boekoeoleh : Johanes Krisnomo
22-Mar-2015, 21:44 WIB


 
  Ngampar Boekoe Sepintas, gelaran buku di Taman Pemkot Cimahi nampak seperti jualan buku bacaan, Minggu (22/03/15). Nyatanya berbeda, buku gratis dibaca, di antara lalu-lalang orang-orang yang bersantai menikmati segarnya udara pagi. Dengan jumlah buku yang sangat terbatas, beberapa anak-anak muda, mendirikan sebuah
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Kritik Pendidikan Gaya Bank 24 Mar 2015 00:37 WIB

Game dan Masa Depan 22 Mar 2015 01:25 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
Ginjal Sehat Untuk Semua 19 Mar 2015 11:52 WIB

 
Rambu Car Free Day Di Bogor 06 Mar 2015 21:06 WIB

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia