KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top ReporterTop Reporter Bulan September 2014 Kategori Berita Artikel oleh : Redaksi-kabarindonesia
20-Sep-2014, 05:40 WIB


 
 
Top Reporter Bulan September 2014 Kategori Berita Artikel
KabarIndonesia - Pada bulan September 2014, Redaksi KabarIndonesia telah memilih Sdr. Agus Suriadi sebagai Top Reporter untuk kategori berita artikel.

Segenap Dewan Redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) mengucapkan selamat atas prestasinya dan terima kasih atas kontribusinya selama ini. Semoga terus bersemangat berkarya
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Tagihan itu 20 Sep 2014 05:47 WIB

Mengaduk Rasa 15 Sep 2014 10:45 WIB

 
Sumut Gelar Festival Budaya 03 Sep 2014 12:58 WIB



 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 

 

Wawan, Petani Cabai Sukses

 
DAERAH

Wawan, Petani Cabai Sukses
Oleh : Wartono | 25-Mar-2011, 14:01:51 WIB

KabarIndonesia - Anggapan dan pandangan banyak orang bahwa petani sebagai tenaga buruh  ternyata tidak selamanya benar. Buktinya, sejumlah petani cabai di Kampung Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi saudara dan warga sekitarnya untuk setiap memasuki musim panen cabai, misalnya, mereka membutuhkan banyak tenaga pemetik.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga itu, wawan  perintis petani cabai di kampung tersebut, mengaku merekrut banyak warga sekitar, karena wawan sendiri ingin berbagi hasil dengan warga kampungnya sendiri. Walaupun usia Wawan  baru (34 tahun) yang kesehariannya bertani cabai yang asli penduduk kp.Ciinjuk Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmlaya adalah seorang yang patut kita contoh dari ketekunannya dari meniti karirnya  sejak 1990 hingga kini.

Wawan sosok yang memiliki semangat untuk sukses berbekal keyakinan dan semangat  setelah melewati berbagai kegagalan dan merugi  wawan kini telah berhasil menjadi petani cabai yang sukses. Petani tidak selalu berkonotasi dengan kemiskinan. Petani ”boleh” dan bisa kaya.

Syaratnya, mau bekerja keras, pandaimemanfaatkan setiap peluang usaha, dan berani berspekulasi. Spekulasi dalam usaha tani bukan berarti tanpa perhitungan, tetapi justru dengan perhitungan yang matang,sukses menjadi petani karena jeli memanfaatkan peluang usaha telah dibuktikan oleh wawan
Keberhasilan Wawan meniti ”karir” sebagai petani cabai tentu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan.

Melalui fase berkali-kali ”jatuh-bangun”, Wawan baru bisa mengenyam hasil kerja kerasnya selama ini. Kesulitan yang dihadapi sebenarnya khas kesulitan nyaris setiap petani kecil. Misalnya, dia sulit mengakses permodalan, gagal panen, tanamannya terserang hama, dan jatuhnya harga komoditas pertanian di pasar. Ketika ditemui pewarta HOKI, Wawan memaparkan awal dia menekuni usaha tani pada tahun 1990, hanya dengan modal tanah garapan seluas sekitar 600 bata, ujarnya. Lanjut Wawan memilih menjadi petani cabai. Alasannya sederhana, karena tanaman cabai bisa mendatangkan untung berlipat ganda dan saya serius mempelajari teknik budidaya cabai. Sekaligus menghitung waktu penanaman yang tepat.
Ini penting agar saat panen harga cabainya tak jatuh dan membuahkan hasil. Produktivitas cabai yang saya tanam tinggi saat ini. (*)
Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Jangan Salah Menuntun Anak di Jalanoleh : Jumari Haryadi
16-Sep-2014, 14:43 WIB


 
  Jangan Salah Menuntun Anak di Jalan Siapa orang yang tak sayang dengan anaknya? Namun ternyata masih ada saja orang yang tak paham cara menjaga anaknya, misalnya ketika sedang membawanya jalan-jalan. Seperti terlihat dalam foto yang di ambil di Jalan Rajawali, Kota Bandung (14/09/2014). Seorang ibu menuntun anaknya
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Kumpulan Petapa dari Kanekes 19 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia