KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalSusi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi oleh : Badiyo
31-Okt-2014, 14:31 WIB


 
 
Susi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi
KabarIndonesia - Usai pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK, ada satu sosok menteri yang menjadi sorotan dan perhatian publik dan ramai diperbincangkan masyarakat. Sosok itu tak lain adalah Susi Pudjiastuti yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Kajati Kalteng Kunjungi Katingan 30 Okt 2014 19:41 WIB


 
Dia yang di Tepian Kali 30 Okt 2014 09:32 WIB

Tak Habis Pikir Dia 30 Okt 2014 09:29 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Pelaksanaan Pra Musrenbang Merupakan Persiapan Pemantapan Pelaksanaan Musrenbangnas
Oleh : Sunarto | 30-Mar-2012, 02:20:50 WIB

KabarIndonesia - Pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Jambi, pada dasarnya merupakan persiapan pemantapan pelaksanaan Musrenbang Provinsi dan Musrenbangnas yang akan dilaksanakan tanggal 26 April 2012 mendatang, demikian disampaikan Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), Kamis (29/3/2012) dalam sambutan tertulisnya yang disampikan Sekretaris daerah Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, M. Si, saat membuka pelaksanaan Pra Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah Provinsi Jambi tahun 2013, yang dilaksanakan di Hotel Golden Harvest Jambi.
Karenanya, melalui forum ini Gubernur berharap kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, agar dalam menyampaikan usulan program dan kegiatan tetap mengacu pada kewenanagan pada masing-masing tingkatan pemerintah.
Untuk itu pula, pemerintah Kabupaten/Kota harus jeli dalam menyampaikan usulan, baik yang menyangkut program dan kegiatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi yang lokusnya berada di Kabupaten/Kota. Atau terkait dengan program dan kegiatan yang menjadi urusan bersama antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang pendanaannya membutuhkan sharing antara kedua tingkatan pemerintah ini. Sehingga dengan demikian perencanaan penganggaran baik yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota sudah dapat diantisipasi lebih awal untuk menjadi prioritas dalam penangannya.

Begitu juga dengan program dan kegiatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota. Akan tetapi, karena keterbatasan dana yang dimiliki,sehingga butuh pendanaan dari Pemerintah, maka Pemerintah Provinsi Jambi siap memberikan dukungan dan memfasilitasi dalam rangka memperoleh pendanaan dari Pemerintah. Lebih lanjut pada kesempatan ini Gubernur menggaris bawahi tentang Program SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kecamatan). Sebagaimana telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2012 ini, yang pendanaannya tidak lagi menjadi Belanja Langsung pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi, tetapi pengelolaannya telah dialihkan menjadi Belanja Tidak Langsung.

Namun demikian, mekanisme perencanaannya tidak berubah sebagaimana perubahan penganggarannya, dimana untuk masing-masing kegiatan yang akan didanai melalui Program SAMISAKE, tetap diusulkan melalui mekanisme perencanaan yang baku, artinya, usulan program dan kegiatan tersebut juga harus terakomodir dalam usulan baik pada tahapan Pra Musrenbang maupun di dalam Musrenbang yang akan dating.

Pada kesempatan ini Gubernur juga menyampaikan, bahwa seiring dengan terbitnya Surat Edaran Bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri, Gubernur menyampaikan beberapa hal strategis sebagai berikut ; pertama, dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang dilakukan melalui mekanisme Dekonsentrasi, TUgas Pembantu dan Urusan Bersama, Kementerian/Lembaga tidak mempersyaratkan adanya dana pendamping atau sebutan lainnya yang membebani APBD, kecuali untuk Urusan Bersama, Kedua, Gubernur berharap kiranya pemerintah dapat melakukan percepatan untuk melakukan identifikasi kegiatan yang sudah merupakan urusan daerah dan memfasilitasi proses pengalihannya menjadi transfer ke daerah, jelas Gubernur.

Sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Ir. H. Ahmad Fauzi, M.TP, dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas Rancanagan RKPD, yang dalam penjelasan umum akan menjadi Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota di Kecamatan sesuai dengan pentahapannya, dalam jedah waktu bulan Februasi sampai dengan akhir Maret telah dilakukan.

Karenanya kegiatan Musrenbang RKPD kali ini dilakukan dalam rangka singronisasi antara program RPJM Nasional, RPJM Provinsi dan RPJM Kabupaten/Kota, dan polanya berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana untuk tahun ini setelah pembukaan peserta mendapatkan paparan dari Kementeri Dalam Negeri RI, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi.

Tujuan dilaksanakannya Pra Musrenbang RKPD Provinsi Jambi ini, pertama,  membahas usualan kegiatan program kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, kedua, tersusunnya rancangan RKPD Provinsi Jambi tahun anggaran 2013. Dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan dihasilkan, singkronisasi program kegitan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional, dan singronisasi program dan kegiatan hasil Musrenbang Kabupaten/Kota, dan memperpanjang indicator dan hasil kinerja program dan paket kinerja program dan kegiatan pembangunan Provinsi, dan menyepakati priritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaannya.

Hadir pada kesempatan ini Menteri Dalam Negeri RI, yang diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Drs. Saut Situmorang, M.Sc, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS RI, yang diwakil Staf Ahli Menteri Bappenas RI Bidang Ekonomi dan Pembiayaan, Ir. Bambang Tirjombodo, MA, Direktur Energi, Telekuminikasi dan Informatika Bappenas RI, Ir. Jadhie Judodiniar Ardajat, M. Si. Pra Musrenbang RKPD Provinsi Jambi yang dilaksanakan dua hari (29-30/3/2012) ini diikuti oleh para Kepala Bappeda Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, Kepala SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Penjual Pisang Bertelanjang Kakioleh : Jumari Haryadi
17-Okt-2014, 23:21 WIB


 
  Penjual Pisang Bertelanjang Kaki Mencari nafkah adalah kewajiban seorang pria terhadap keluarganya. Selain bekerja di sektor formal seperti menjadi PNS dan pegawai swasta, bisa juga dilakukan dengan cara berdagang. Tampak seorang pria tengah membawa pisang yang baru diambil dari kebunnya (16/10/14). Dengan bertelanjang kaki, pria
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Sastra Tanpa Riset 05 Okt 2014 10:09 WIB

 

 
Idul Adha di Leipzig 08 Okt 2014 13:16 WIB


 
We Do What We Can Do 30 Okt 2014 09:35 WIB

 
Liga Mahasiswa Kian Bergengsi 29 Okt 2014 23:13 WIB

 

 

 

 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB

 
Selamat Melayani Pertua-Diaken 12 Okt 2014 11:13 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia