KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

BKIPM Bima Tingkatkan Wasbin Budidaya Rumput Laut

 
DAERAH

BKIPM Bima Tingkatkan Wasbin Budidaya Rumput Laut
Oleh : Fatoni Rahman | 23-Nov-2017, 15:40:09 WIB

KabarIndonesia - Nusa Tenggara Barat (NTB) termasuk salah satu provinsi yang dijadikan sentra rumput laut nasional karena produksinya terus meningkat dari tahun ke tahun. Produksi rumput laut yaitu sebesar 918.021 ton basah pada tahun 2015 meningkat dibanding tahun sebelumnya sebesar 770.374 Ton. Potensi perairan laut untuk budidaya rumput laut juga menjadi salah satu pendukung produksi rumput laut dengan luas yang mencapai 13.850 Ha, dan tersebar di  Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, serta beberapa kabupaten lain di Nusa Tenggara Barat. Potensi rumput laut yang besar ini diharapkan dapat mendukung hasil produksi rumput laut nasional dalam rangka memenuhi permintaan pasar internasional. 

Berdasarkan Target produksi yang dibuat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB pada tahun 2018 untuk Kab. Bima adalah 78.300 ton, Kota Bima 700 ton dan Kab. Dompu 33.600 ton. Tiga jenis rumput laut yang dikembangkan di daerah tersebut antara lain jenis Eucheuma cottoni, Sargassum sp. Dan Gracillaria sp. 

Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bima (BKIPM Bima) merupakan salah satu unit pelaksana teknis BKIPM di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Kabupaten Bima dengan wilayah kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kota Bima.
Dalam tugas pokok dan fungsinya BKIPM Bima memiliki tugas mengawasi dan melakukan sertifikasi terhadap komoditi perikanan yang akan dilalulintaskan baik domestik maupun ekspor. Kegiatan Budidaya rumput laut sudah dilaksanakan sejak lama karena potensi perairan yang sangat mendukung untuk usaha kegiatan budidaya rumput laut. Sebagai informasi potensi rumput laut di Teluk Waworada kabupaten Bima potensinya saja mencapai 2.000 hektare dan di kab. Dompu 800 hektare tepatnya di Desa Kwangko. 

Kepala BKIPM Bima, Arsal, S.St.Pi.,M.P,  menilai bahwa Kab. Bima dan Dompu memiliki potensi yang cukup besar untuk produksi rumput laut. Oleh karena itu BKIPM BIMA telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan baik jalur darat, laut maupun udara terhadap lalu lintas pengeluaran rumput laut dari wilayah Bima - Dompu  sehingga dapat diketahui jumlah atau nilai produksi rumput laut yang telah berhasil dipasarkan.

Pembinaan kepada para pembudidaya rumput laut terkait Cara Penanganan Ikan Yang Baik (CPIB) maupun peningkatan SDM para pembudidaya terkait hama dan penyakit yang menyerang pada rumput laut akan terus dilakukan oleh BKIPM Bima bersama Dinas Kelautan Dan Perikanan setempat. "Diharapkan dengan wasbin akan mampu meningkatkan produksi rumput laut serta meningkatkan kualitas rumput laut yang dihasilkan agar mampu bersaing di pasar nasional maupun nasional" ungkap Arsal.
 
Diharapkan budidaya rumput laut di Bima - Dompu mampu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat pesisir dan para nelayan disekitar wilayah perairan laut Bima - Dompu, serta peningkatan APBD daerah setempat. "Peran dan dukungan seluruh instansi pemerintah terkait maupun sektor swasta sangat dibutuhkan oleh mereka para pembudidaya rumput laut, agar terus maju dimasa yang akan datang", tegasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia