KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Samosir Sampaikan Surat Protes Tentang Annual Fee kepada Gubernur Sumut oleh : Danny Melani Butarbutar
15-Des-2018, 14:30 WIB


 
 
KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dilansir berbagai media cetak dan online di Sumatera Utara, juga telah diberitakan media ini, dua kepala daerah yakni bupati Samosir dan bupati Tapanuli Utara menyampaikan protes keras kepada Gubernur Sumatera Utara. Protes tersebut terkait SK Gubsu
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Ucup Kecil, Sang Penantang Takdir 15 Des 2018 11:22 WIB


 
 
DAERAH

Bupati Samosir Apresiasi Hasil Panen Jagung dan Bawang Kelompok Tani
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Feb-2018, 15:47:45 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM menyampaikan apresiasi kepada petani di Samosir, bahkan luapan rasa syukur dan kegembiraannya disampaikan kepada awak media melalui jaringan Whatsapp.

"Lagu Guru Nahum Situmorang 'PULO SAMOSIR', gok disi hassang, eme nang bawang radak do pinahan di dolok i, menginspirasi Kelompok tani MARTUPA yg berada di desa Rianiate Kec.Pangururan Kab. Samosir, untuk mewujudkan makna lagu ini dgn kerja keras dan membuahkan hasil, panen bersamaan jagung dan bawang sekaligus dan berkat doa kita semua hujan sdh turun membasahi bumi Samosir...berarti akan menyusul panen padi..berjayalah petani" tulis Rapidin Simbolon di akun WAnya.

Apresiasi atau pujian itu telah disampaikannya langsung kepada kelompok tani Martupa saat melakukan panen jagung dan bawang di desa Rianiate kecamatan Pangururan, Rabu (21/2).

Sebagaimana relis yang dikirimkan bagian Humas Samosir, panen bersama jagung dan bawang ditanam diatas lahan kering seluas 2 ha (jagung) dan 1/2 ha bawang merah, hasil kerja kelompok tani Martupa yang dibina Dinas Pertanian Kab. Samosir.

Diperkirakan hasil panen jagung yang dituai saat itu mencapai 15-20 ton, kalau dirupiahkan sekitar rp 60 juta, sementara hasil panen bawang merah juga cukup memuaskan.

Panen jagung dan bawang merah oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Plt. Asisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian
Erkanus Simbolon, Kepala BKD Tombor Simbolon, Kepala Inspektorat Waston Simbolon, Sekretaris Dinas Kominfo Rohani Bakara , Camat Pangururan Krimson Malau dan kabag Humas Siswanto Sinambela beserta anggota Kelompok Tani Martupa desa Rianiate.

"Melihat hasil panen yang cukup memuaskan ini hingga mencapai 15-20 ton, saya sangat gembira dan memuji kinerja kelompok tani Martupa. Pemerintah Kabupaten Samosir kini benar-benar serius untuk membantu para petani melalui kelompok tani. Pemerintah menyediakan handtractor untuk membuka lahan-lahan tidur dan memberikan bibit secara cuma-cuma. Hal ini dilakukan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat sesuai dengan
visi dan misi Kabupaten Samosir" kata Rapidin Simbolon dalam sambutannya usai melakukan panen bersama.

Lebih lanjut ditambahkannya, hasil pertanian jagung dan bawang di Samosir mengalami peningkatan sekitar 35 %, dari 5000-6000 ton menjadi 9000-10.000 ton. "Keberhasilan petani menanam jagung dan bawang di
Samosir akan mengembalikan kejayaan Samosir yang terkenal dengan hasil pertaniannya seperti bawang, padi dan tanaman lainnya" sebut Bupati yang gemar turun lapangan ini.

Bupati berharap kelompok tani Martupa terus bersemangat dan memperluas areal tanam. Dia berjanji akan membantu kelompok Tani yang serius dan
mau berkembang. Siapa yang mau bekerja, Siapa yang serius dalam bertani ini, Siapa yang serius akan kita bantu.”

Diakhir arahannya Bupati menambahkan bahhwa kabupaten Samosir sudah kembali seperti yang disebut dalam lirik lagu batak lama Pulau Samosir, "gok disi hassang nang eme nang bawang" (red: di Samosir berlimpah kacang, padi dan bawang)

Pada kesempatan itu, ketua kelompok tani Martupa, Nainggolan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Samosir atas perhatiannya kepada kelompoknya berupa bantuan fisik maupun pembinaan dari PPL Dinas Pertanian Samosir dan mengharapkan kerjasama ini tetap berlanjut. Ketua kelompok tani menyerahkan profil kelompok tani yang berisi rencana kerja dan permohonan bantuan kepada Rapidin.

Sementara itu, Rapidin menulis di akun WAnya seminggu sebelumnya tepatnya Rabu (14/2) Bupati Samosir juga telah panen raya simultan tanaman jagung dan bawang. "Kelompok tani SIRIAON, di desa Pardomuan Sibutar, kec. Onan Runggu. Inilah salah satu kelompok tani yg dapat dgn maksimal memanfaatkan bantuan yg diberikan Pemerintah seperti alat-alat Pertanian, Bibit Jagung dan Bawang. Kami share hasil panen jagung setelah dipipil oleh mesin pemipil Jagung yg sdh siap jual. Data terakhir dari Pemkab. Samosir kenaikan produksi jagung mencapai 167 %. Semoga para kelompok tani yang lain berlomba utk meningkatkan hasil panennya".(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia