KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniIslamophobia di Amerika, “Christianophobia” di Indonesia oleh : Kabarindonesia
21-Mar-2019, 16:44 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jika sebagian penduduk di AS dan barat mengidap Islamophobia, maka sebagian penduduk Indonesia dan kawasan mayoritas Muslim di berbagai belahan dunia mengalami gangguan penyakit "Christianophobia". Opini Sumanto al Qurtuby.

Islamophobia atau Islamfobia mengacu pada pengertian ketakutan atau
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

Kucinta Danau Toba 23 Mar 2019 08:01 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Bupati Sergai Dikukuhkan Sebagai Bapak Bedah Budaya

 
DAERAH

Bupati Sergai Dikukuhkan Sebagai Bapak Bedah Budaya
Oleh : Agus Suriadi | 27-Apr-2015, 13:25:15 WIB

Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya itu sendiri terbentuk dari banyak unsur termasuk agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan dan karya seni, sehingga tak terpisahkan dari diri manusia yang cenderung diwariskan secara turun temurun. 

Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara Temu Kangen Bedah Budaya yang digelar di Dusun I Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul, Senin (19/2).

Selanjutnya oleh Bupati Soekirman bahwa seni dan budaya adalah suatu hal yang cukup penting dan perlu terus dikembangkan ditengah-tengah masyarakat. Seni dan budaya daerah yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini juga merupakan aset bangsa yang perlu dilestarikan terutama dalam mencegah terjadinya krisis budaya dan tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan masyarakat.

Oleh karenanya Bupati Soekirman mengingatkan betapa pentingnya melestarikan dan melaksanakan budaya bangsa, karena melalui nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut  masyarakat akan dapat mencintai pekerjaan yang ditekuni, dapat mensyukuri nikmat rezeki yang telah diterima dari Allah SWT. Dengan budaya manusia akan konsisten seperti istilah "Sabdo Pandito" yaitu orang yang menyesuaikan perkataan dengan perbuatan. Dengan budaya juga bisa  menyatukan masyarakat yang beragam sekaligus dapat merapatkan barisan demi menangkis hal-hal yang berbau negatif, ujar Bupati Soekirman.

Dalam kesempatan yang sama Camat Dolok Masihul menyampaikan bahwa di Kecamatan ini membuat motto "Bersaudara" (bersih, santun, damai, aman dan ramah). Untuk kedepannya Bersaudara ini akan membantu melanjutkan sekaligus menjalankan roda Pemerintahan.

Sebelumnya Ketua panitia penyelenggara Boirin dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan kembali seni budaya Jawa yang semakin menurun karena tergerus waktu. Selain itu juga sebagai wadah silaturahmi untuk melestarikan sekaligus mempersatukan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sergai AKBP Guntur Agung Supono, S.IK, M.Si, Kapolres Tebing Tinggi AKBP H. Enggar Pareanom, S.Sos, S.IK, Ketua TP PKK Ny.Hj Marliah Soekirman, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, Ketua KONI Sergai Darma Wijaya, SE,  para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, para Camat, Kades, Ormas si Baja, Himasdat, Kerabat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, jajaran PNS Kecamatan Dolok Masihul serta ratusan masyarakat lainnya yang ada di beberapa Kabupaten Sergai.

Acara tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan oleh tim bedah budaya kepada Bupati Soekirman sebagai "Bapak Bedah Budaya" didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, juga Pelantikan Majelis Ulama Kecamatan Dolok Masihul, pelantikan Dolok Masihul "Bersaudara" pemberian santunan kepada kaum dhuafa. Turut juga kesenian budaya Jawa memeriahkan acara bedah budaya seperti Reog Soponyono, Buto Cakil dan Ludruk.


Ketua TP PKK Sergai Lakukan Kunjungan Penilai Kecamatan Terbaik

Sebelumnya pada pagi hari Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman didampingi Asisten Pemerintahan Umum (Pemun) beserta anggota tim melakukan kunjungan penilaian lomba Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2015 bertempat di kantor Kecamatan Tebing Tinggi. Kunjungan ini merupakan yang ke-tujuh dalam penilaian tersebut.

Kunjungan penilaian Kecamatan terbaik berdasarkan PP 19 Tahun 2008 serta Perbup Nomor 13 Tahun 2013 tentang Penilaian Kecamatan Terbaik dan dimulai tanggal 7 berakhir pada 23 April 2015. (*)

Teks Foto :
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman  didampingi Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala tengah dikukuhkan sebagai Bapak dan Ibu Bedah Budaya Kabupaten Sergai  pada acara Temu Kangen Bedah Budaya yang digelar di Dusun I Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul,(Foto : Pewarta HOKI/Agus)           

 


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Berkah TMMDoleh : Agus Rizal
10-Mar-2019, 16:26 WIB


 
  Berkah TMMD TMMD ke-104 Kodim 0601/Pandeglang membawa berkah bagi para pemilik warung di lokasi tersebut. Anggota Satgas TMMD pada saat istirahat meluangkan waktu untuk melaksanakan kegiatan komsos dengan warga masyarakat di salah satu warung milik warga sambil menikmati jajanan di kampung Saluyu,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
AGAMA Vs ATHEIS 22 Mar 2019 16:46 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia