KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Bursa Inovasi Desa Klaster V Habornas Kabupaten Tobasa Sukses

 
DAERAH

Bursa Inovasi Desa Klaster V Habornas Kabupaten Tobasa Sukses
Oleh : Sesmon Toberius Butarbutar | 05-Okt-2019, 09:34:01 WIB

KabarIndonesia - Habinsaran, Bertempat di Balai Pertemuan Kantor Camat Habinsaran Kabupetan Toba Samosir, Jumat, 4 Oktober 2019, Bursa Inovasi Desa (BID) Kalster V Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau Tahun 2019 di Kabupaten Toba Samosir digelar dan sukses. Bupati Toba Samosir yang dalam sambutan yang dibacakan oleh Camat Borbor Sabam Pardosi, SE, mengatakan BID merupakan acara yang memiliki arti sangat penting untuk memotivasi masyarakat desa yang ada di Kabupaten Toba Samoisir.

Bahwa untuk mendorong kemajuan di tingkat desa, harus dikembangkan program-program yang inovatif. BID juga menjadi ajang untuk saling tukar pendapat, tukar gagasan dan tukar pengalaman. Setiap kesuksesan di tempat lain merupakan pancingan pembelajaran agar yang lainnya bisa mengikuti kesuksesan tersebut.

Menurut Bupat Darwin, tujuan diselenggarakannya BID sendiri adalah sebagai penguatan dari tujuan pembentukan unit pemerintahan terdepan yaitu desa.
Lanjut dia, BID menjadi salah satu cara memperkaya tematisasi pembangunan yang dilakukan. Untuk itu Bupati Darwin meminta kepada semua desa agar benar-benar melakukan pengkajian mendalam tentang peta potensinya.

Sejalan dengan Camat Habinsaran Benni Siagian, mengatakan kegiatan BID menjadi sangat penting bagi proses pembangunan desa karena BID merupakan forum bagi desa-desa untuk penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi pembangunan desa.

Diharapkan melalui forum BID, desa dapat mengambil pelajaran desa terkait praktek terbaik pembangunan desa, selanjutnya dikoordinasikan kepada pemangku kepentingan sebelum direplikasi di desanya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksanaan BID Klaster V Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau (Habornas) menyampaikan bahwa pelaksanaan BID Klaster V Habornas didasarkan pada Surat Keputusan Bersama dari 3 (tiga) Kecamatan masing-masing yakni Keputusan Camat Habinsaran Nomor 19 Tahun 2019, Keputusan Camat Borbor Nomor 10 Tahun 2019 dan Keputusan Camat Nassau Nomor 17 Tahun 2019.

Kegiatan ini melibatkan 46 (empat puluh enam) desa se-Kecamatan Habornas, yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD dan 1 (satu) orang tokoh masyarakat yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa.

BID hendaknya perlu terus diupayakan keberlanjutannya dalam proses pembangunan desa di daerah ini. Sehingga dengan demikian perlu kita lanjutkan dengan mengusulkan anggaran untuk kebutuhan penyusunan PERBUP untuk menjamin keberlanjutan PID pada desa masing-masing," tegas Nikson Siagian dalam laporannya.


Sedangkan mewakili undangan Richard Lubis yang juga DPRD Dapil 5 terpilih dari Partai Golkar mengatakan siap mendukung dan lakukanlah inovasi melalui pemberdayaan produk yang sederhana dan dengan biaya tidak terlalu mahal diharapkan dapat menggunakan dana desa untuk pengadaan alat pemecah batu (red: stone crusher). Sehingga dalam pembangunan infrastruktur desa lebih hemat biaya.

"Untuk melakukan hal ini diperlukan sinergi antara kepala desa, perangkat-perangkat desa, dan masyarakat," tutup Richard.

Rangkaian acara BID Klaster V Habornas yang dipandu oleh Sesmon TB. Butarbutar yang juga Sekretaris Camat Nassau mengatakan bahwa ini utama dalam rangkaian acara BID adalah memperkenalkan dan memberikan pembelajaran kepada peserta untuk melakukan inovasi dengan prinsip Analisis, Tiru dan Modifikasi (ATM) dari hasil inovasi menu nasional melalui video dan poster-poster atau billboard yang telah dipajangkan di masing-masing ruangan bidang infrastruktur, bidang sumber daya manusia dan bidang kewirausahaan, mempersembahkan tarian anak-anak PAUD Bina Maju Parsoburan Tengah binaan TPID Habinsaran dan sajian hiburan artis lokal Habornas

Hal ini juga dipertegas oleh Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TATTG) Kabupaten Toba Samosir Parlin Halomoan Tanjung agar setelah melakukan pembelajaran melalui poster-poster yang telah disajikan panitia, hendaknya mengisi kartu komitmen dan kartu ide tentang hal-hal inovasi yang sudah dan akan dilaksanakan oleh masing-masing desa. Sehingga pihakya akan merekapitulasi dan melaporkan kepada pimpinan untuk dijadikan dasar dalam penyusunan Peraturan Bupati Tahun 2020 yang akan datang.

Sebelum acara berakhir, masing-masing perwakilan desa menyerahkan secara simbolis kartu ide dan kartu komitmen kepada panitia sebagai dokumen laporan pelaksanaan BID Klaster V.

Turut hadir dalam acara BID Klaster V Habornas, unsur Forkopinca Habornas diantaranya Camat Nassau Timbul Sipahutar, perwakilan Danramil 15 Harahap, Polsek, perwakilan Dinas Pariwisata Bermin Sianipar, dari Bappeda Lamhot Pane, TPID se-Habornas, Pendamping Desa, insan pers/lsm dan para tamu undangan lainnya.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
SATU DETIK SETELAH KEMATIAN 26 Mei 2020 08:28 WIB

BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia