KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniTeologi Inklusif Sebagai Alternatif oleh : Gunoto Saparie
18-Des-2017, 07:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mendengar istilah "teologi inklusif", saya langsung teringat kepada Nurcholish Madjid. Nurcholish adalah salah seorang cendekiawan muslim yang concern cukup mendalam terhadap persoalan hubungan agama-agama dan dialog antaragama. Ia secara teoritis mengedepankan pencarian dan konsep titik temu agama-agama secara eksplisit
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Delapan Kesepakatan MDGs
Oleh : Sunarto | 31-Des-2011, 08:31:27 WIB

KabarIndonesia - Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dunia, MDGs telah menyepakati delapan tujuan, demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ir. Sahrasaddin, M.Si, Jum’at (30/12/2011), saat membuka Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Millenium Development Goals (RAD-MDGs) Provisni Jambi tahun 2010-2015, bertempat di ruang Mayang Mengurai Kantor Bappeda Provinsi Jambi.

“Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Develompent) Persatuan Bangsa Bangsa dalam pertemuan yang diikuti 189 anggotanya telah menyepakati delapan tujuan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dunia,” ujar Sekda.            

Delapan kesepakatan dimaksud terdiri dari ; memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem, mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi hiv dan aids, malaria serta penyakit lainnya, memastikan kelestarian lingkungan, dan promote global partnership for development.         
Dijelaskan Sekda, di Indonesia untuk percepatan pencapaian target MDGs dimaksud, telah dituangkan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2010 tentang Program Pembangunan Berkelanjutan. Dalam hal ini diamanatkan kepad daerah untuk membuat RAD-MDGs dan RAD Pangan dan Gizi (RAD-PG) dengan mengacu kepada Rencana Aksi Nasional (RAN) MDGs, peta jalan (roadmeap) nasional percepatan pencapaian MDGs dan laporan pencapaian MDGs Indonesia.         

Upaya percepatan pencapaian target MDGs yang menjadi prioritas pembangunan memerlukan sinergi kebijakan perencanaan pembangunan baik di tingkat nasional, provisni maupun kabupaten/kota. Untuk itu, beberapa hari yang lalu (27 Desember 2011), saat peluncuran RAD-MDGs Provisni dan Pedoman Definisi Operasional MDGs di Jakarta, Wakil Menteri Bappenas Prof. Dr. Nila F. Moeloek, meminta Kabupaten/Kota dapat membuat matrik program dan kegiatan untuk percepatan pencapaian target MDGs dan dijadikan lampiran RAD-MDGs provisni masing-masing.         

Selanjutnya ujar Sekda, dokumen RAD-MDGs akan dinilai dalam implementasinya oleh pemerintah pusat, sehingga akan berpengaruh pada besaran dana dekonsentrasi yang akan diberikan pusat kepada daerah. Patut disyukuri, tambah Sekda, saat ini Provinsi Jambi sudah menyelesaikan penyusunan RAD-MDGs Provinsi Jambi tahun 2010-2015. RAD-MDGs ini akan menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan kedepan.         

Selain itu disampaikan Sekda, Provinsi Jambi sangat konsen dalam menangani kemiskinan, untuk itulah melalui program satum milyar satu kecamatan (SAMISAKE) Pemerintah Provinsi Jambi akan menuntaskan keluarga sangat miskin yang ada pada 131 kecamatan yang telah diindentifikasi “by name by addres”.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga sebagai perepatan pencapaian MDGs, angtara lain ; 1. Melaksanakan Bedah Rumah terhadap rumah tangga miskin, sehingga diharapkan dengan rumah yang layak dan sehat masyarakat dapat  lebih sehat dan produktif, 2. Sertifikasi tanah gratis untuk keluarga miskin, dengan harapan masyarakat miskin yang telah memiliki sertifikat rumah akan memiliki akses ke bank untuk membuka usaha, 3. Jamkesprov, sebagai bantuan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat miskin dan tidak mampu yang tidak termasuk dalam kepesertaan jamkesmas dan jamkesmasda kab/ko, yang benar-benar membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit frujukan di tingkat provinsi dan pusat, 4. Beasiswa bagi keluarga miskin sebagai upaya meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas bagi masyarakat miskin untuk mencegah siswa putus sekolah akibat ketidakmampuan orang tua dari segi ekonomi.         

Pemberian bantuan biaya pendidikan bagi keluarga tidak mampu tersebut diberikan mulai dari tingkat sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Untuk tahun 2012 program SAMISAKE ini uangnya akan didaerahkan, sesuai amanat Permendagri No.32 tahun 2011 tentang Bantuan Sosial.            

Di samping program diatas, untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi, pemerintah Provinsi Jambi akan membuat gerakan program kali bersih. Selanjutnya untuk meningkatkan rasio kawasan tertutup pohon pada tahun 2015, disamping juga telah membuat gerakan penanaman satu milyar pohon, bahkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provisni Jambi tahun 2010-2015, telah menargetkan untuk penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 69 Mt CO2 hingga tahun 2030 atau 17,25 Mt Cp2 selama lima tahun yaitu 53 persen dari lahan gambut dan 36 persen dari kehutanan, jelas Sekda. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia