KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Internasional oleh : Tonny Djayalaksana
24-Aug-2019, 15:51 WIB


 
 
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Festival Situ Jangari II, Tingkatkan Kehidupan Ekonomi Lokal

 
DAERAH

Festival Situ Jangari II, Tingkatkan Kehidupan Ekonomi Lokal
Oleh : Yadi Hasanudin | 27-Sep-2011, 17:54:34 WIB

KabarIndonesia - Wakil Bupati Cinjur dr. H Suranto, MM buka Festival Situ Jangari II tahun 2011 “Ngalokat Cai Sangkan Suci dan kegiatan yang lainnya yang digelar kawasan wisata di Danau Jangari, yang digagas Sanggar Perceka dimeriahkan berbagai kesenian, melibatkan puluhan seniman Cianjur dan beberapa daerah lain di Jabar maupun Indonesia.
Kegiatan ini diharapkan akan mengangkat nama cianjur khususnya serta Jawa Barat dimata dunia internasional“ demikian dikatakan wakil bupati cianjur, dr. H. Suranto, MM., pada sambutannya pada Festival Situ Jangari II tahun 2011 di kawasan wisata danau Jangari (25/09).

Kabupaten Cianjur seperti yang dikemukakan Wakil Bupati dihadapan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, Muspida Muspika serta para tamu undangan dari kota lain, mengucapkan terima kasih kepada wakil gubernur, pemerintahan provinsi khususnya dinas pariwisata bahwa sebagai pusat pemerintahan priangan pertama memiliki potensi wisata yang beragam, diantaranya yaitu situ atau danau yang cukup luas sehingga sampai saat ini danau tersebut dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Meski termasuk danau buatan, namun tradisi dan kearifan lokal daerah sekitarnya telah memberikan suatu simbol penghargaan berupa sajian ritual kepada air yang telah memberikan anugerah dari Sang Maha Kuasa.

Wakil Gubernur Jabar mengatakan, dengan Festival Situ Jangari II tahun 2011, kita wajib bersyukur karena alam ini begitu akrab dengan warga masyarakat jangari karena dapat mengangkat kehidupan ekonomi sosial juga dengan kegiatan ini juga diharapkan akan datangnya investor yang bisa bekerjasama bersama pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan potensi dan pesona wisata jangari dan sekitarnya karena alam yang ramah akan membawa hikmah yang baik pula serta menjaga kelestarian lingkungan alam wisata Jangari.

Festival Situ Jangari dimeriahkan pula dengan helaran, Hajat Leuwi jangari yaitu acara yang ditradisikan oleh masyarakat setempat sebagai ungkapan sujud syukurnya terhadap ALLAH SWT atas keberadaan danau jangari yang sangat bermanfaat bagi tatanan kehidupan, Kontes Ayam Pelung, Mancing Mania, Makan Bareng Bakar Ikan, Pagelaran Musik dan Permainan, Door Price , Kuda Renggong, Ngarak Burayak, dan ritual Ngalokat Situ Jangari dan lain sebagainya. Ngarak burayak menampilkan iringan para nelayan bersama Wakil Gubernur Jabar dan Wakil Bupati Cianjur bersama-sama menebar seratus ribu bibit ikan yang disebar ke Waduk Cirata Jangari.

Sebelumnya rombongan Wakil Gubernur dan Wakil Bupati mengitari sungai yang dimulai dari sungai Sagulingdan berakhir ke Danau Jangari dengan menggunakan perahu boat. Guna melihat berbagai kegiatan seperti arung jeram yang dilaksanakan di sungai citarum dilanjut ke lokasi 1000 pemancing yang sedang mengikuti acara mancing mania disekitar dermaga serta melihat jaring apung juga kondisi alam sekitar wilayah Situ Jangari.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com  
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
DI ATAS LANGIT ADA LANGIT 23 Aug 2019 14:03 WIB


 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia