KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTol Laut, Tol Langit dan Tol Media (Sebuah Kesaksian Untuk HUT ke-13 HOKI) oleh : Wahyu Ari Wicaksono
12-Nov-2019, 01:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sekarang ini perkembangan teknologi media telah berkembang dengan luar biasa. Apalagi ketika muncul teknologi yang disebut sosial media. Kemunculan sosial media telah membuat banyak hal berubah. Mulai dari industri, bisnis, kehidupan sosial, gaya hidup dan banyak lainnya. Salah
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Home Industry, Pengendali Migrasi
Oleh : Rifki Alvian | 31-Des-2011, 08:30:46 WIB

KabarIndonesia - Kanigoro, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dengan jumlah penduduk yang mencapai 3.318 jiwa. Pada umumnya masyarakat Desa Kanigoro bekerja sebagai petani dan buruh tani, karena memang masih terdapat lahan persawahan yang cukup luas. Namun terdapat sedikit perbedaan di Dusun Jatirejo tepatnya RT 04 RW 02, kehidupan masyarakatnya banyak yang bertumpu pada kegiatan perdagangan dan jasa serta industri.
Perekonomian masayarakat Desa Kanigoro berkembang cukup pesat dibanding dengan desa lain.

Hal ini dipengaruhi oleh keberadaan beberapa pusat kegiatan masyarakat seperti Pasar Kanigoro yang ada sejak tahun 2000. Di sana juga terdapat fasilitas pendidikan hingga jenjang SLTP, Rumah Sakit Muhammadiyah, SPBU, mini market dan beberapa industri roti dan kue rumahan. Keberadaan beberapa pusat kegiatan masyarakat ini sangat positif, terutama munculnya industri roti dan kue rumahan yang menjadi lapangan pekerjaan di Dusun Jatirejo. Dari enam industri rumahan yang ada di Dusun Jatirejo, terdapat sekitar 70 orang pekerja. Para pekerja berasal dari kalangan ibu rumah tangga dan lulusan SLTP/SLTA yang tinggal di Desa Kanigoro.

Kehadiran industri roti dan kue rumahan di Dusun Jatirejo ini secara langsung maupun tidak langsung turut berkontribusi mengendalikan migrasi penduduk desa ke kota (urbanisasi) dengan merangkul lulusan SLTP/SLTA yang tidak mampu melanjutkan pendidikan untuk dijadikan tenaga kerja. Hal ini secara langsung mengurangi calon urban yang akan mengadu nasib di kota.

Selain itu, ibu rumah tangga yang bekerja di industri roti dan kue paruh waktu dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarganya, dengan demikian mereka dapat menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga dapat menjamin kesejahteraan keluarganya kelak.

Fenomena seperti ini dapat dijadikan contoh bagi desa atau daerah lain yang ingin mandiri. Memang dibutuhkan para pelopor yang mempunyai ide dan kreativitas untuk memanfaatkan potensi daerahnya masing-masing untuk memperoleh taraf hidup yang lebih baik. Semakin banyak daerah yang mandiri, semakin sejahtera masyarakatnya. Selain itu, kota-kota yang dijadikan tujuan migrasi tidak dipenuhi oleh pendatang dari daerah yang mencari mata pencaharian. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia