KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Kemenhub Fokus Bangun Infrastruktur Transportasi Untuk Kemajuan Warga Sumut
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 07-Jul-2018, 13:45:05 WIB

KabarIndonesia - Medan, Beberapa proyek besar akan segera dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan di wilayah Sumatera Utara. Sebagai benteng Ekonomi Selat Malaka, maka Infrastruktur Sumut harus dikembangkan, sebagai bagian dari membangun infrastruktur transportasi yang Indonesia sentris.

Beberapa bandara dan pelabuhan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh Kemenhub, seperti bandara Kualanamu yang ditargetkan kedepan mencapai 17 juta orang/tahun. Sementara bandara Silangit di Siborongborong sebagai pembuka konektivitas Danau Toba kapasitasnya akan dinaikan menjadi 50 ribu orang/pertahun, sekaligus perpanjangan runway dari 1200 m x 30 m menjadi 1700 m x 30 m.

“Pelabuhan dan jalur kereta juga akan kita kembangkan. Seperti Kuala Tanjung kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 700 ribu teus/tahun,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Medan, Kamis (5/7).

Selanjutnya, Menhub mengatakan bahwa jalur kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan segera terealisasi sebagai pembuka akses ekonomi dan mobilitas orang. Pembangunan jalur kereta api layang Medan- Bandar Khalipah untuk akses mobilitas dan mengurai kepadatan. "Jalur KA Binjai-Besitang salah satu akses mobilitas ekonomi menuju Aceh sepanjang 78,4 Km,” ungkapnya.

Selain itu, Budi Karya Sumadi menegaskan, ada beberapa pelabuhan di Danau Toba yang akan segera terealisasi sebagai pemerataan yang berkaitan untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Ada lima pelabuhan yang menjadi fokus utama yaitu pelabuhan Tigaras, pelabuhan Ajbata, pelabuhan Muara, pelabuhan Ambarita dan pelabuhan Simanindo," jelas Budi Karya.

Sementara itu, menyangkut kondisi pelayaran kapal danau toba, Kementerian Perhubungan berencana memberikan pembekalan kepada warga soal perkapalan dan kesyahbandaran pascatragedi karamnya KM Sinar Bangun baru-baru ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan membuka kursus pertama untuk 100 warga Danau Toba. Mereka akan mendapat pendidikan soal kesyahbandaran. "Jadi mereka akan mendapat pendidikan safety, kesyahbandaran dan yang lainnya," ujarnya.

Budi tidak menampik, jika selama ini memang ada yang salah dalam prosedur pengelolaan perkapalan di Indonesia. Karena pada kenyataannya, kewenangan yang harusnya dipegang oleh provinsi dan kabupaten masih saling tumpang tindih, bahkan terkadang juga tidak berjalan.

"Ada hal yang perlu dikoordinasikan dengan Menteri Dalam Negeri. Dimana pelayanan kapal ASDP itu dilakukan provinsi. Rupanya tidak semua provinsi itu melaksanakan," ujarnya.

Ditegaskan, nantinya Kementrian di pusat akan melakukan pengawasan. Pihaknya juga akan melakukan penelitian soal prosedur perkapalan, menyusun format untuk perkapalan. Dan kemenhub juga akan melakukan koordinasi lintas kementerian untuk memperbaiki soal prosedur itu.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia