KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Massa Formapera Unjuk Rasa DPRD Samosir Minta Pansuskan Bupati Rapidin Simbolon
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Sep-2020, 09:37:09 WIB

KabarIndonesia – Samosir, Hari ini Senin (21/9/2020) agenda rapat paripurna DPRD Samosir dalam rangka penyampaian Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD 2020 yang seyogianya dimulai pukul 10.00 WIB menjadi tertunda. Pasalnya, sejumlah anggota DPRD Samosir yang hadir terganggu oleh sejumlah massa yang datang berunjuk rasa damai ke kantor DPRD di kompleks perkantoran Parbaba

Pantauan media di lokasi, iring-iringan massa menggunakan kendaraan roda enam, empat dan roda dua yang bergerak dari area Pasir Putih menuju Kantor DPRD Samosir, berhenti di pintu gerbang yang dijaga aparat Polres Samosir yang sebelumnya sudah ada di kompleks gedung DPRD .

Dipintu gerbang kantor, sekitar 300 orang massa mengatas namakan Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera) Samosir berorasi dan menyampaikan berbagai materi tuntutan yang menyeret nama Bupati Samosir Rapidin Simbolon, yang juga mencalonkan diri pada Pilkada Serentak 2020.

"Telah terjadi pembohongan publik yang dilakukan oleh Bupati Samosir 2015-2020 Rapidin Simbolon, dalam pencalonannya pada tahun 2015. Baik kepada lembaga resmi Republik Indonesia serta terkhusus seluruh warga Kabupaten Samosir. Rapidin Simbolon tidak mengumumkan kepada publik bahwa yang dia pernah terpidana/narapidana atau setidaknya memberikan keterangan palsu,"teriak Hamonangan Simbolon, juru bicara unjuk rasa Formapera.

Melalui spanduk dan poster yang dibawa massa yang tergabung dalam unjuk rasa Formapera, disampaikan berbagai kalimat pernyataan dan pertanyaan kepada warga dan awak media yang hadir, antara lain: "Poster bergambar tabung gas dengan pesan, jangan dikurangi isinya, orang tak tahu. Tapi, tuhan tahu. Ingat!. Siapakah Fitri Handayani, Ise Do Nai Febry, Ise do Kanjeng Mami, ". Kemudian, "Tolak Mantan Napi Pembohong Jadi Bupati Samosir. Pasuskan dan Makzulkan Bupati Samosir".

Pada spanduk warna putih dituliskan tuntutan kepada DPRD Samosir: 1. Pansuskan Bupati Pargabus (red. Pembohong), 2. DPRD Samosir segera panggil Bupati Samosir Rapidin Simbolon, agar bertanggungjawab atas kebohongannya selama 5 tahun.

Bahkan pengunjuk rasa menggelar pantomin seputar tindakan pengoplosan (suntikan) gas elpiji, dengan membawa tabung gas 3 kg (subsidi) dan tabung gas 12 kg dan pipa. Yang diteriaki massa: Pak Polisi…tangkap…tangkap pengoplos gas, tangkap bupati Rapidin narapida.

Selanjutnya juru bicara massa Amko Sitanggang menyampaikan keinginan untuk bertemu dengan Pimpinan dan anggota DPRD melalui Petugas Kepolisian yang berjaga-jaga di pintu gerbang kantor. Petugas kepolisian mengapresiasi massa Formapera yang tetap mematuhi prokes (pakai masker) dan meminta 10 orang perwakilan untuk bertemu DPRD, sementara massa yang lain tetap berkumpul di luar kantor.

Beberapa waktu kemudian, Saut Martua Tamba selaku Pimpinan DPRD Samosir, Waket Nasib Simbolon beserta anggota DPRD lainnya langsung menemui Formapera dan mengajaknya berdialog di ruang Aula DPRD. Di dalam ruangan, para orator seperti Hamonangan Simbolon, Amko Sitanggang, korlap Nathanael Nadeak dan Rapollo Sihaloho dan beberapa orang yang diijinkan masuk.

Dalam paparannya, Amko Sitanggang menuding Bupati Samosir Rapidin Simbolon berbohong. Amko mengaku keberatan kalau Rapidin Simbolon, masih tetap ikut mencalonkan kembali dan telah mendaftar ke KPU Samosir untuk mengikuti Pilkada Samosir 9 Desember 2020.

"Padahal Rapidin Simbolon pada Pilkada Samosir 2015, ketika mengikuti Pilkada lalu, telah di perintahkan Undang-undang harus melampirkan berkas persyaratan sebagaimana dipersyaratkan KPU pada saat itu,"terang Amko.

Sehingga, menurut Amko yang juga Pemrakarsa Pembentukan Samosir ini, diduga kuat Rapidin dalam mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)t telah secara sengaja tidak memberikan informasi yang benar kepada pihak kepolisian. "Kami tidak mau dipimpin bupati pembohong "timpal Hamonangan Simbolon.

Pada dialog legislatif dengan Formapera, Wakil Ketua DPRD Nasib Simbolon membuka pembicaraan dan menerima aspirasi warga melalui sambutannya. Nasib Simbolon juga melempar ke forum terkait aspirasi yang disampaikan pengunjuk rasa. Dalam kesempatan tersebut, masing-masing dewan dengan bendera partai diberi kesempatan menyampaikan pandangannya.

Pantauan media, mayoritas anggota legislatif mengusulkan untuk mengadakan paripurna bersama KPUD Samosir dan Bawaslu Samosir. Terkait hal ini diperoleh informasi bahwa Banmus DPRD akan segera membahasnya seusai rapat paripurna tentang P.APBD 2020.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia