KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPakar Jerman Tentang Hasil Pilpres 2019: Konservatisme Bakal Makin Kuat oleh : Kabarindonesia
18-Apr-2019, 08:00 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin berdasarkan hitung cepat tampaknya menang jauh dalam Pilpres 2019. Apa artinya bagi perkembangan politik di Indonesia? Wawancara DW dengan pengamat Indonesia asal Jerman ,Timo Duile.

Hasil awal hitung cepat dari lima
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Musrenbang Samosir 2018: Program Pengentasan Kemiskinan Menjadi Prioritas Perhatian Pemerintah
Oleh : Drs Melani Butarbutar, Mm | 12-Feb-2019, 11:34:44 WIB

KabarIndonesia - Ambarita Samosir, Musrenbang merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel dan bertujuan untuk mendapatkan masukan awal dalam proses penyusunan RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di kecamatan.

Hal ini dikatakan Bupati Samosir Rapidin Sinbolon saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Simanindo, Samosir, Sumatera Utara, Senin (11/02/2019), bertempat di Aula Rogate Beach Hotel, Unjur Ambarita.

Sebagaimana lazimnya pada pelaksanaan Musrenbang, dihadiri para pemangku kepentingan pembangunan, kali ini turut hadir antara lain Ketua DPRD kabupaten Samosir, FKPD, pimpinan OPD, kepala desa se-kecamatan Samanindo, tokoh masyarakat, dan para insan pers.

Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata dalam sambutannya, menyampaikan Musrenbang merupakan pokok terpenting dalam perencanaan pembangunan dan diharapkan dapat menunjang tingkat perekonomian masyarakat Simanindo.

Dia berharap kepada kepala desa agar melaksanakan dengan baik pembangunan infrastruktur prioritas melalui dana desa untuk kepentingan masyarakat dan untuk kemajuan desa. "Untuk pengadaan penampungan air bersih kepala desa harus bersinkronasi dengan camat agar segera terbangun demi untuk kepentingan warga Simanindo," kata Rismawati.

Selanjutnya, Camat Simanindo dan para kepala desa serta ketua BPD memaparkan program pembangunan yang dihasilkan dari musrenbang yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat dusun, desa. Saat diskusi dan pembahasan untuk menetapkan prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2020, tokoh masyarakat desa secara umum menyampaikan harapan pemerataan pembangunan di setiap desa serta kelanjutan pembangunan jalan desa/dusun.

Mengawali arahannya pada Musrenbang ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menegaskan bahwa pelaksanaan musrenbang merupakan amanat dari UU Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rencana kerja pemerintah daerah.

Karena itu dalam Musrenbang harus dibahas program yang akan dilaksanakan untuk mencapai visi dan misi pembangunan daerah. "Musrenbang tiap tahun bertujuan untuk menyatukan visi dan misi serta usul-usul yang akan diwujudkan tahun 2020 mendatang." tegasnya.

Selanjutnya, Bupati memaparkan berbagai masalah yang dihadapi pemerintah daerah, antara lain masalah pertanian, angka kemiskinan pembangunan dan peningkatan kesehatan serta layanan publik.

Pada setiap paparannya, Bupati menyampaikan arahan kepada para pimpinan OPD untuk secara sungguh-sungguh dan setulus hati melakukan tugas dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dibidangnya.

Kepada Kadis Kesehatan misalnya, khususnya para Bidan desa, Bupati meminta agar jangan sekali-kali meninggalkan tugas pekerjaannya. "Ini akan kami cek sewaktu-waktu, juga Puskesmas karena merupakan ujung tombak keberhasilan pelayanan masyarakat. Jangan sungkan menyampaikan kepada pimpinan jika obat sudah habis," tegasnya mengingatkan.

Menyinggung soal pariwisata, Bupati meminta pihak terkait agar menggunakan bahasa yang baik dan ramah karena tamu yang datang akan merasa nyaman dan dilayani dengan baik.

Selain itu, Bupati berharap kepada seluruh kepala desa agar memprioritaskan infrastruktur yang sudah direncanakan, dan setiap pembangunan di desa harus sesuai dengan program atau visi dan misi Pemerintah Kabupaten Samosir dan tepat sasaran. Sehingga dana desa dapat bermanfaat untuk peningkatan infrastruktur dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

"Kepala desa agar melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat tentang menjaga/memelihara semua pembangunan yang sudah terbangun. Dengan apa yang sudah disepakati mudah-mudahan bisa kita laksanakan dengan konsep skala prioritas untuk pembangunan yang lebih baik" sebut Rapidin Simbolon.

"Pemerintah desa agar mengelola anggaran yang diberikan pemerintah serta menjalankannya secara transparan tanpa ada dusta kepada masyarakat, ingat bahwa kita selalu mendapat pengawasan", pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan penegasan kepada para Kepala desa dan Camat tentang program pengentasan kemiskinan agar benar-benar didata dengan baik dan dilaporkan kepada Dinas Sosial sehingga masyarakat miskin dapat dikelompokkan dan dibina untuk diberikan bantuan, agar tercipta masyarakat yang sejahtera jangan sampai ada KKN-nya.

"Saya minta, jangan sampai yang berhak menerima bantuan menjadi tidak menerima, karena ada istilah famili, jelas-jelas dia masyarakat mampu namun karena sifat tamak dan petugasnya adalah keluarganya maka dia dimasukkan dalam daftar penerima bantuan. Untuk itu kepada kadis dan kabid di Dinas Sosial agar jeli mengawasi kinerja anggotanya," ujar Juang Sinaga.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Pertanyakanlah Tuhanmu (2) 18 Apr 2019 13:54 WIB

Pertanyakanlah Tuhanmu (1) 18 Apr 2019 13:52 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia