KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaPeran Serta Ita Siregar dalam Mengembangkan Dunia Sastra Kristen di Indonesia oleh : Fida Abbott
13-Feb-2018, 23:22 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berkenalan dengan sosok Ita Siregar beberapa tahun lalu bukanlah suatu hal yang kebetulan. Saya bertemu dengannya lewat salah satu media sosial terbesar di dunia, yaitu facebook, melalui sebuah grup penulisan. Facebook memungkinkan siapa pun berkenalan dengan mudah walau
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

PUSPINDES Antar Visi Pemalang Hebat dengan Desa TIK

 
DAERAH

PUSPINDES Antar Visi Pemalang Hebat dengan Desa TIK
Oleh : Jirman Huri | 11-Jan-2017, 11:41:52 WIB

KabarIndonesia - Pemalang, Berdasarkan Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa Pasal 86 ayat 1 yang berbunyi "Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota" maka perlu adanya tindakan yang nyata dari pihak pemerintah daerah kabupaten didalam melaksanakan amanat Undang-undang tersebut.

Di dalam Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 47 Tahun 2016 Bab IV Pasal 4 dijelaskan pula bahwa Kebijakan dan Strategi pengelolaan Data desa adalah satu Sistem Data dan Informasi Desa , berupa data terintegrasi dari berbagi sumber data melalui perangkat daerah yang membidangi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.  
Pusat Pemberdayaan Informatika Perdesaan yang selanjutnya di sebut PUSPIMDES Kabupaten Pemalang adalah sebuah program unggulan yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang yang berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab BAPERMADES-KB ( Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana ) Kabupaten Pemalang. 

Kabupaten Pemalang di bawah kepemimpinan Bupati Pemalang H. Junaedi, SH. MM, dengan Visi Misinya "Terwujudnya Pemalang Hebat yang Berdaulat, Berjatidiri, Mandiri dan Sejahtera" berbagai terobosan dan kebijakan diluncurkan, mulai dari pengenalan destinasi wisata lokal di tingkat nasional, program pemberdayaan desa dan Peluncuran logo dan slogan city branding "Pemalang Pusere Jawa", terobosan-terobosan tersebut secara nyata mampu mengangat Pemalang lebih maju. Salah satu terobosan yang terus dioptimalkan adalah, program pemberdayaan desa. 
Desa adalah pondasi utama kemajuan sebuah wilayah Kabupaten, Pemalang Hebat akan terwujud jika desa-desanya sudah berdaulat, mandiri dan sejahtera. Dulu desa terkesan menjadi wilayah pinggiran yang jauh dari segala kemajuan, namun beda masa beda cerita, kini desa-desa di Pemalang mulai bangkit. Puspindes sebagai motor pengerak TIK di Pemalang, terus  bergerak, berbagai program dilakukan, mulai dari pelatihan TIK Dasar bagi perangkat desa, Pelatihan Penggunaan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, pelatihan program pemberdayaan website desa serta layanan pengembangan jaringan internet desa. 
Hampir satu tahun berjalan, hasilnya sudah bisa dilihat, hampir diseluruh desa di Kabupaten Pemalang kini sudah mempunyai website desa sebagai media desa dan Penerapan Teknologi Tepat Guna khusus Bidang TIK Perdesaan Puspindes juga mengembangkan aplikasi sistem informasi desa yang di kenal dengan nama " SIDEKEM" (Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang) dan Kini di Kabupaten Pemalang sudah terwujud "SIDEKEM CENTER" sebagai pusat layanan Informasi Desa berbasis online. Dengan kemandirian dan kemajuan TIK Desa diharapkan Pemalang akan menjadi Kabupaten yang Hebat dan betul-betul menjadi pusernya Jawa Tengah dan bisa menjadi inspirasi bagi Kabupaten lain, khususnya dalam pemberdayaan TIK Desa. (*)




 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia