KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalOJK Umumkan Pemenang Annual Report Award (ARA) 2016: ANTAM Kembali Sabet Predikat Juara Umum oleh : Wahyu Ari Wicaksono
19-Sep-2017, 18:18 WIB


 
 
KabarIndonesia – Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia kembali menggelar Annual Report Award (ARA) 2016.   Mengusung
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Cinta Kepada-Nya 18 Sep 2017 14:09 WIB

Komputer 17 Sep 2017 09:59 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pasar Janggleng Tak Tergerus Jaman

 
DAERAH

Pasar Janggleng Tak Tergerus Jaman
Oleh : Jirman Huri | 11-Jan-2017, 11:44:45 WIB

KabarIndonesia - Pemalang, Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang dengan wilayah yang begitu luas, mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai  petani, buruh dan sebagian lagi sebagai pedagang. Kegiatan perekonomian di Desa pegiringan, seiring dengan perkembangan jaman, mulai menggeliat. 

Pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi di desa. Di Desa Pegiringan, pasar desa terletak di ujung timur desa, tepatnya di wilayah RW. 05. Pasar Desa sekarang mulai berkembang. Ini ditandai dengan semakin banyaknya pelaku ekonomi di desa yang menjadikan pasar sebagai tempat melakukan kegiatan ekonomi, mulai dari pedagang kecil sampai pedagang besar, serta kios-kios toko semakin banyak dengan segala dagangannya. 

Pasar Klempoan merupakan  pasar tradisional yang berada di Pegiringan. Pasar Klempoan biasanya sangat ramai pada hari-hari pasaran, seperti hari Rabu, Jumat dan Minggu. Selain pedagang lokal, biasanya pada saat hari pasaran juga dipenuhi oleh pedagang dari wilayah-wilayah lain, seperti pedagang dari Pemalang, Bantarbolang, Wanarata dan wilayah sekitarnya.

Selain pasar desa di Klempoan, Pegiringan juga memiliki pasar tradisional yang unik, yang sudah ada sejak jaman dahulu. Masyarakat Pegiringan menyebut pasar unik tersebut dengan "Pasar Janggleng". Pasar janggleng terletak di RW. 03 Desa Pegiringan, tepatnya di pertigaan Jalan H. Soleh. Kenapa dikatakan unik, pada umumnya pasar terdiri dari bangunan los-los/kios-kios, namun di pasar janggleng tidak ada bangunan los-los dan kios-kios, di Pasar janggleng tidak ada bangunan permanen, hanya ada lincak-lincak/meja berjejer sebagai tempat menjajakan dagangan dengan gubuk dari bambu. 

Pasar Janggleng tidak mengenal hari pasaran, setiap hari para pedagang melakukan kegiatan berdagang.Salah satu keunikan pasar janggleng adalah semua padagang dan pembeli dalam melakukan aktifitasnya berdiri (ngadeg), dagangan yang dijual mayoritas adalah makanan tradisional khas Pegiringan yang sudah jarang di temui di pasar-pasar lain, seperti: ondol, ganyong, grumpul, krawu, nasi bodin, kampleng bodin, kentul kenyut dan masakan asli Pegiringan.  Pedagannya  hampir 99% adalah warga lokal Desa Pegiringan.

Pasar Janggleng tetap eksis dengan segala keunikannya, tetap sama seperti dulu dengan keasliannya, bahkan sekarang pasar janggleng semakin rame dengan semakin banyak pedagang yang berdagang. Pedagang pasar janggleng memulai aktifitasnya mulai dari jam 05 pagi sampai jam 09 pagi setiap hari. Pasar janggleng sangat membantu dalam meningkatan perekonomian warga Pegiringan, khususnya para pedagang kecil lokal. Pasar janggleng merupakan kekayaan budaya lokal Pegiringan yang akan terus ada, sebagai warisan leluhur. (*)



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medanoleh : Rohmah Sugiarti
18-Sep-2017, 21:14 WIB


 
  Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medan Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman didampingi Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Medan Sutadi (kanan) dan Ketua Panitia HUT ke-60 Astra di Medan Badrun Radhi (kiri) berdialog dengan rekan-rekan wartawan pada acara media gathering HUT ke-60
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia