KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSegudang Manfaat Bila Berpikiran Positif oleh : Bunga Wiladatika
22-Sep-2018, 15:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berpikiran positif mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Berpikiran positif adalah bagaimana cara kita menghadapi suatu hal secara logis dari segi yang positif, sehingga mampu menjalani berbagai aspek masalah dalam kehidupan. Apa saja manfaat baik yang
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
DAERAH

Pelaksanaan MUSRENBANG Kecamatan di Sitiotio Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 20-Feb-2018, 17:19:42 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dimaklumi bersama, MUSRENBANG (Musyawarah Rencana Pembangunan) merupakan agenda tahunan Pemerintah yang dilaksanakan sejak wilayah terkecil RT/RW, Dusun/lingkungan, Desa, Kecamatan, kabupaten, provinsi hingga Nasional. Pada Musrenbang ini warga atau penduduk dan segenap stakeholder saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, kebutuhan bersama yang harus dipenuhi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek.

Musrenbang adalah wujud partisipasi warga dalam pembangunan dan kompilasi dari berbagai kebutuhan rakyat yang disusun berdasarkan prioritas dan mendesak. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi. Lazimnya, melalui badan perencanaan daerah (BAPPEDA) kompilasi usulan masyarakat dievaluasi dan dikategorisasi berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Pelaksanaan Musrenbang adalah amanat dari Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Musrenbang biasanya diselenggarakan pada tahun berjalan untuk dikerjakan pada tahun berikutnya. Artinya, musrenbang tahun 2018 adalah untuk menetapkan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2019.

Demikianlah halnya Pemerintah Kabupaten Samosir telah mengagendakan pelaksanaan musrenbang dusun dan desa pada bulan Januari yang lalu. Untuk beberapa hari ke depan Musrenbang tingkat Kecamatan segera digelar.

Kecamatan Sitiotio, wilayah Samosir yang berada di pulau Sumatera merupakan kecamatan yang pertama ditunjuk melaksanakan musrenbangcam 2018 pada hari Selasa, (20/2) bertempat di aula kantor Camat Sitiotio.

Musrenbangcam Sitiotio ini dibuka oleh Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon, didampingi Wakil Bupati Samosir. Turut hadir anggota DPRD Samosir, Asisten Pemerintahan Setdakab, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, tuan rumah Camat Sitiotio bersama para Kepala Desa dan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama se-kecamatan Sitiotio.

Bupati Samosir dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa pembangunan Samosir difokuskan pada infrastruktur dan pertanian. Dikatakannya, kita sudah memiliki e-planning, dan dengan itu maka diharapkan hal-hal yang direncanakan akan dilaksanakan dengan baik. "Rencana yang sudah ditetapkan harus sungguh-sungguh dilaksanakan dengan baik, karena ada sanksi hukum bagi yang melakukan penyimpangan dari e-planning." jelasnya.

Selanjutnya Rapidin menegaskan pentingnya memperhatikan skala prioritas pembangunan. "Dalam program pembangunan harus ada skala prioritas. Bagi para kepala desa agar benar-benar memfokuskan dana desa untuk kesejateraan rakyat. Dinas PPAMD, Asisten I dan II agar bersinergi untuk pembangunan desa, baik itu yang anggarannya dari APBD maupun diluar APBD," kata Bupati.

Khusus kepada kepala desa di kecamatan Sitiotio, dia mengingatkan agar dana yang diterima desa (ADD dan DD) agar tidak bermain-main, dan harus menyelesaikan pertanggungjawaban. "Bagi para kepala desa agar menyelesaikan SPJ ADD tahun 2017, serta melakukan pendataan kelengkapan administrasi kependudukan masyarakatnya dengan memberdayakan perangkat desa yang ada di desa masing-masing," tegas Bupati seraya menambahkan dianya akan menseriusi memonitor kinerja perangkat desa, dan apabila perangkat desa tidak bekerja dengan baik akan dilakukan tindakan tegas.

Sementara itu Camat Sitiotio Dumosch Pandiangan, dalam laporannya menyampaikan rekapitulasi usulan musrenbangdes, serta prioritas kebutuhan umum dari kecamatan Sitiotio yakni pembangunan lapangan sepak bola dan peningkatan jalan outer ringroad di wilayahnya. Selain pembangunan secara fisik, Dumosh menyampaikan usulan pembangunan SDM mengingat kurangnya pegawai di kantor Camat Sitiotio.
Sementara itu, anggota DPRD kabupaten Samosir yang turut hadir, Bolusson Pasaribu menyampaikan usulan pembangunan infrastruktur di desa Janji raja, Holbung dan Sabulan. Harapannya kepada Dinas PU agar melaksanakan pembangunan jalan di desa Holbung dan Janjiraja sehingga desa tersebut dapat dilalui roda empat. "Diharapkan agar alat berat sebaiknya jangan dipindahkan sebelum pekerjaan dilaksanakan secara tuntas." kata politisi Partai Demokrat ini. Bolusson mengakui bahwa di sektor pariwisata, kabupaten Samosir sudah mengalami peningkatan dari segi kunjungan wisata, namun tetap memerlukan pengaturan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinagadalam arahannya menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan lanjutan dari musrenbang Desa dan kelurahan. Dia mengaskan bahwa untuk pelaksanaan program pembangunan perlu dukungan dana baik dari APBD maupun APBN. "Diharapkan pelaksanaan musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder kecamatan untuk menetapkan program kecamatan dan penyediaan anggaran" tukasnya.

Tentang adanya kebutuhan yang besar dibanding ketersediaan anggaran, Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan bahwa, usulan–usulan pembangunan di Kabupaten Samosir sangat banyak, tetapi karena keterbatasan anggaran maka dilakukanlah musrenbang untuk menentukan skala prioritas dan mewujudkan visi dan misi Bupati Samosir. "Karena itu saya meminta agar musrenbang ini mengusulkan hal-hal yang sangat prioritas untuk kita anggarkan dan laksanakan tahun 2019 nanti," jelasnya.

Pada sesi diskusi, peserta musrenbang khususnya dari desa memberikan usulan–usulan dan memperjelas program dan kegiatan yang diusulkan dari musyawarah desa untuk menjadi prioritas pelaksanaan di Kabupaten Samosir. Seluruh masukan usulan telah dicatat para staf terkait terutama oleh para perencana dari Bappeda, untuk kemudian dikaji ulang.

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang kecamatan. Para peserta yang terdiri dari perwakilan beberapa OPD, delapan kepala desa se-kecamatan Sitiotio, menandatangani berita acara hasil kesepakatan tersebut yang juga ditandatangani Camat Sitiotio Dumosch Pandiangan. Kemudian berita acara diserahkan kepada Kepala Bappeda sebagai bahan pembahasan pada Musrenbang Kabupaten.(*)


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB


 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia