KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
DAERAH

Pelantikan Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 20-Sep-2018, 13:15:57 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Acara pelantikan Pengurus IWO (Ikatan Wartawan Online) kabupaten Samosir masa bakti tahun 2018-2023, berlangsung di aula hotel Dainang, Pangururan, pada Selasa (18/9). Pelantikan dilakukan oleh Ketua IWO Provinsi Sumatera Utara Mei Leandha.

Acara yang dihadiri para undangan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, himpunan pariwisata, pemerhati pembangunan. Turut hadir, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Samosir yaitu Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Ketua DPRD Rismawati Simarmata, Kajari Pangururan Budi Herman SH dan Kapolres AKBP Agus Darojat.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IWO Sumut, Mei Leandha
bahwa IWO merupakan organisasi wartawan siber tertua di Indonesia yang merupakan wadah bagi para awak media online. Terbentuknya IWO dilatarbelakangi adanya anggapan para petinggi negeri bahwa berita media online mengada-ada. IWO dideklarasikan di Kebonsirih Jakarta Pusat pada 8 Agustus 2012 oleh Kresna Budhi Chandra pemilik jurnalfoto.com yang kemudian menjadi Ketum IWO Pusat.

"IWO adalah organisasi profesi pers yang menaungi wartawan dan pemilik media siber (online). Organisasi ini bersifat independen dan nirlaba berdasarkan UU no 40 /99 ttg Pers. Organisasi professi yang bertujuan untuk menegakkan professionalisme wartawan online Indonesia," sebut Mei Leandha mengawali sambutannya.

Karena itu, Mei Leandha mengungkapkan rasa syukurnya atas terbentuknya IWO Samosir dan dilantiknya Pengurus DPD IWO kabupaten Samosir. Dia berharap dengan dilantiknya IWO di Samosir, kedepannya dapat melahirkan jurnalis yang profesional dan mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berimbang, akuntabel, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan dilantiknya IWO di Samosir ini dan mempercayakan saudara Fernando Sitanggang sebagai ketua, harapannya kedepan dapat melahirkan wartawan dan jurnalis yang profesional, kredibel, dan melahirkan berita yang mengedukasi, berimbang, serta tentunya jauh dari berita bohong atau hoax,” ucap wartawati kompas.com itu.

Mei juga mengharapkan IWO kabupaten Samosir menjadi organisasi professi yang menjadi mitra pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang. IWO menjadi pelopor professionalisme wartawan online Indonesia, yang tetap mengedepankan sisi kemanusiaan dan persatuan.

"Wartawan dan media online yang bernaung di IWO, jangan menambah penderitaan warga karena berita anda. Janganlah kita buat berita sekedar mencari-cari kesalahan, bagikan damai, tapi jangan tinggalkan sikap kritis.
Mari wujudkan jurnalisme yang empati." pungkas Mei Leandha.

Sementara itu, ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang yang juga pemilik radio dan media online Samosir Green, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya acara pelantikan pengurus IWO kabupaten Samosir, dan gelar dialog publik.

"Dengan adanya organisasi ini diharapkan akan meningkatkan kualitas para anggota dalam pemberitaan, menjadi jurnalis yang profesional dan produk pemberitaan yang berimbang." sebut Fernando. Dia menegaskan betapa pentingnya kebersamaan, kesetaraan dan keterbukaan sesama pengurus dan anggota secara kolektif kolegial.

Dalam kesempatan tersebut Fernando Sitanggang mengumumkan bahwa pengurus IWO Kabupaten Samosir memberikan penghargaan dan hadiah kepada perwakilan tim oranye (pasukan kebersihan). "Ini sebagai bentuk apresiasi kami atas kinerja petugas kebersihan yang sungguh-sungguh menjaga kebersihan kota Pangururan atas dukungan perhatian Bupati", akhir Fernando.

Usai sambutan, Pengurus IWO Samosir menyerahkan piagam penghargaan dan uang kepada 3 orang petugas kebersihan, disaksikan Bupati Samosir dan FKPD serta seluruh peserta yang hadir.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Kominfo menyampaikan terimakasih dan menyambut baik terbentuknya IWO. "Semoga IWO dan Pemerintah kabupaten Samosir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dapat bersama-sama menyampaikan informasi kepada publik yang dapat bermuara dengan baik demi terwujudnya pembangunan yang baik di Kabupaten Samosir." sebut Rohani yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas kepala dinas setelah Kadis Tombor Simbolon memasuki purna bakti.

Mengakhiri acara pelantikan, Bupati Samosir menyampaikan kata sambutan dan ucapan selamat kepada pengurus IWO yang baru dilantik. Rapidin Simbolon mengapresiasi kehadiran IWO di daerahnya dan berharap dukungan jurnalis dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Samosir yang dijuluki negeri indah kepingan surga.

"Dalam melaksanakan peningkatan pembangunan dan menggali potensi yang ada di kawasan Samosir, Pemkab Samosir akan bergandeng tangan bersama Ikatan Wartawan Online (IWO) Samosir," sebutnya.

Rapidin menekankan, bahwa ditengah kecanggihan teknologi dan derasnya arus informasi saat ini tentunya harus diikuti oleh berita yang berimbang, sehingga informasi yang didapat menjadi bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Samosir.

“Sekarang ini dengan kecanggihan teknologi, berbagai hal sudah dapat diakses, informasi sudah sangat mudah dan cepat diterima. Dengan hitungan detik saja, kita sudah bisa mendapatkannya. Tetapi hal itu harus diikuti oleh kualitas berita yang disampaikan. Seperti tadi kita dengar dalam bait yang ada di dalam mars IWO, yakni melahirkan berita yang benar dan berimbang, menjadikan berita bohong atau hoax sebagai musuh,” sebut Rapidin.

Untuk itu, Rapidin mengharapkan agar seluruh unsur Pemkab Samosir dapat meningkatkan sinergitas dengan para jurnalis umumnya dan IWO Samosir khususnya, dalam membangun kabupaten Samosir serta memperkenalkan keindahan pariwisata Danau Toba di mata dunia.

"Keberadaan media online pada saat ini menjadi penyedia berita yang cepat, namun saya berharap kepada rekan wartawan untuk membuat berita yang objektif, berdasar fakta dan berimbang. Wartawan IWO harus akuntabel dan profesional. Ke depan Pemerintah Kabupaten Samosir akan memperkuat Dinas Kominfo dan Humas sebagai lembaga teknis yang menangani kemitraan dengan pers." himbaunya.

Di akhir sambutannya Bupati mengapresiasi pengurus IWO sebagai salah satu organisasi pers online yang terlebih dahulu beraudiensi kepadanya dan kepada FKPD, dan hasilnya FKPD hadir lengkap di acara pelantikan ini.
" Saya bersyukur IWO akan menjadi mitra pemerintah untuk memberi masukan, kritik dan solusi demi kemajuan, dan saya minta intansi terkait memperhatikan kesejahteraan para jurnalis," pungkasnya.

Usai sambutannya, panitia mendaulat Bupati Samosir membuka secara resmi Dialog Publik bertopik "Peran media online mendukung wisata Danau Toba dan Geopark" yang menghadirkan nara sumber Bupati Samosir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Dr.Hidayati MSi , Ketua IWO Provinsi Sumatera Utara Mei Leandha serta Direktur Eksekutif KSPPM Delima Silalahi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia