KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
DESAINER SANG PEMUJA SETAN! 29 Mei 2020 13:08 WIB


 
 
DAERAH

Pemerintah Kabupaten Samosir Salurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kecamatan Sitiotio
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Sep-2019, 13:09:13 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah Kabupaten Samosir menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang merupakan bantuan sosial dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Sitio-tio, Senin (16/09/2019), bertempat di Gereja HKI desa Parsaoran, kecamatan Sitio-tio.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ini secara simbolik buku tabungan diserahkan langsung oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, yang didampingi oleh Kadis PERA & KPP Marang Situmorang, Plt Kadis Sosial Paris Manik, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kabag Humas Hartopo Manik, Camat Sitio-tio dan Perwakilan dari Bank Mandiri cabang Pangururan.

Adapun rincian penerima bantuan sosial ini sebanyak 83 KK dari 4 desa di kecamatan Sitio-tio yang terdiri dari 20 KK desa Buntu Mauli, 23 KK desa Parsaoran, 20 KK desa Janji Maria, 20 KK desa Tamba Dolok. Penerima bantuan rumah tidak layak huni ini akan mendapat sebesar Rp. 17.500.000/unit rumah yang akan disalurkan melalui transaksi elektronik Bank Mandiri cabang Pangururan.

Bupati Samosir berharap dengan adanya bantuan program BSPS ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah, sehingga Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Samosir dapat berkurang secara bertahap untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat demi Samosir Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Dalam sambutannya, Bupati Samosir menyampaikan bahwa bantuan stimulan perumahan swadaya sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Rumah salah satu hak dasar rakyat, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Rumah juga merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan, rumah sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa." jelas Bupati.

Selanjutnya dikatakan bahwa pembangunan perumahan dan pemukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

"Karena itu, dengan adanya program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi samosir bangkit, mandiri dan sejahtera." ujar Bupati mengakhiri sambutannya.

Diperoleh informasi, sejak tahun 2015 -2018 masyarakat kabupaten samosir sudah menerima bantuan perumahan swadya (Bedah Rumah) sebanyak 769 unit. Tahun 2019 akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.326 unit. Besar bantuan yang diterima Rp. 17. 500.000/unit yang tidak dapat ditarik secara tunai namun harus melalui progres kemajuan pembangunan rumah yang dituangkan dalam laporan dari masyarakat penerima, yang difasilitasi tenaga fasilitator lapangan dan koordinator fasilitator yang diferifikasi oleh tim.

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan pemberian bantuan bedah rumah ini, Bolusson Pasaribu, anggota DPRD Samosir periode 2015-2019 mengaku bahwa program ini merupakan usulan dari anggota DPR RI Fraksi Demokrat daerah pemilihan Sumut II Jonny Allen Marbun.

Dijelaskannya, tahun 2018 di kecamatan Harian sebanyak 100 unit rumah dan kecamatan Sianjurmulamula mendapatkan 50 unit. Pada pada tahun 2019 dilanjutkan kembali sebanyak 1.179 unit pada 8 kecamatan.

“Jadi sudah sewajarnya Pemkab Samosir mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Demokrat atas usulan yang telah disampaikan ke Kementerian PUPR. Tercapainya program bedah rumah tersebut dilaksanakan, telah membantu meringankan tugas pemkab Samosir dalam mengurangi angka kemiskinan serta terwujudnya masyarakat yang mandiri dan sejahtera di Samosir,” jelas Bolusson yang dihubungi via selularnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
Agama Nano Nato 30 Mei 2020 00:58 WIB

SATU DETIK SETELAH KEMATIAN 26 Mei 2020 08:28 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia