KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pemkab Sergai Implementasikan Aplikasi “Nelayan Go Online”

 
DAERAH

Pemkab Sergai Implementasikan Aplikasi “Nelayan Go Online”
Oleh : Agus Suriadi | 19-Okt-2017, 10:27:00 WIB

Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah mengarahkan kita ke era serba digital. Membuat manusia memasuki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang sangat membantu manusia karena dengan teknologi dapat lebih mudah mengakses apa yang kita inginkan seperti pada sektor informasi agar lebih mudah mengakses informasi yang kita butuhkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat membuka Pelaksanaan Implementasi Aplikasi “Nelayan Go Online” tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Rabu (18/10).

Selain Bupati H. Soekirman hadir juga Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Septriana Tangkary, Kadis Kominfo Sergai H Ikhsan, AP, Kadis Perikanan dan Kelautan Sri Wahyuni Pancasilawati, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sergai M Khaidir, SE, para Serikat Nelayan serta para nelayan se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati H Soekirman,  "di zaman yang serba online seperti sekarang ini lebih mempermudahkan kita dalam mencari kebutuhan yang kita inginkan seperti membeli barang, menjual barang, menggali ilmu pengetahuan serta mencari informasi."

Berbagai inovasi teknologi terus diciptakan dalam rangka optimalisasi pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan indonesia. “Dahulu nenek moyang kita mengarungi lautan untuk menangkap ikan mengandalkan posisi benda langit seperti bintang, bulan dan matahari sebagai panduan navigasi di laut. Namun sekarang telah ada kompas digital dan Global Positioning System (GPS) yang memberikan posisi lebih akurat dan jelas meliputi koordinat gambar peta,” terang Bupati.

Bupati Soekirman menambahkan, Kabupaten 'Tanah Bertuah Negeri Beradat' terdiri dari 17 kecamatan dengan luas wilayah keseluruhan ±1.900,22 KM² dengan panjang garis pantai ± 55 KM, memiliki potensi pada sektor kelautan dan perikanan. Pada sektor perikanan tangkap yang dilakukan di 5 (lima) kecamatan yaitu Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin dan Bandar Khalifah dengan jumlah nelayan sebanyak 12.854 jiwa. Pada tahun 2016 produksi perikanan tangkap di Sergai mencapai 25.567 ton

"Kondisi dan potensi itu memunculkan beragam masalah dihadapi nelayan Sergai seperti faktor cuaca dan gelombang laut yang belakangan ini cenderung tidak dapat diprediksi, jalur penangkapan ikan, permasalahan harga hasil tangkapan yang cenderung tidak setabil serta aktivitas illegal fishing yang masih terjadi di Sergai,"  ujarnya.

Lebih lanjut Soekirman menambahkan, "permasalahan permasalahan yang terjadi, maka secara langsung berkaitan dengan kondisi perekonomian masyarakat nelayan, dengan adanya aplikasi baru “Nelayan Go Online” diharapkan mampu membawa dampak yang positif dan menjadikan nelayan Sergai yang maksimal dalam menghasilkan walaupun alat tangkap tradisional, " pungkas Bupati.

Sementara itu Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementrian Kominfo RI Septriana Tangkary dalam sambutannya mengemukakan bahwa salah satu program ekonomi kerakyatan berbasis digital di sektor nelayan adalah “Nelayan Go Online”. Tujuannya diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan sektor perikanan dengan penggunaan teknologi informasi dan memfasilitasi pengembangan aplikasi yang tepat untuk menunjang pengusahaan nelayan serta kinerja sektor perikanan.

Disampaikannya juga bahwa tahun 2017 ini program “Nelayan Go Online” menyasar ke 3 (tiga) lokasi yang berada di Provinsi Sumut, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Kabupaten Sergai menjadi salah satu sasaran dalam program kegiatan tersebut di Sumut. Program ini didukung antara lain pertama Aplikasi informasi dasar bagi nelayan dan Marketplace Perikanan, kata Septriana Tangkary.(*)

Teks Photo :
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Kominfo Ikhsan, AP dan kadis Perikanan dan Kelautan Sri Wahyuni Pancasilawati tengah menyerahkan cenderamata kepada Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementrian Kominfo RI Septriana Tangkary disela-sela acara pelaksanaan Implementasi Aplikasi “Nelayan Go Online” tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (18/10). Photo : HOKI/Agus)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia