KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pemkab Tubaba Gelar Musrenbang

 
DAERAH

Pemkab Tubaba Gelar Musrenbang
Oleh : Yunastanto | 20-Mar-2019, 15:38:20 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat  (Tubaba) menggelar  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 dan Perubahan RPJMD 2017-2022 di aula pemkab setempat, Rabu (20/3/).

Musrenbang tersebut dihadiri Bupati Tubaba Umar Ahmad, Wakil Bupati Fauzi Hasan serta pejabat esselon II dan III di lingkungan Pemkab Tubaba, pimpinan DPRD, Camat, Lurah dan Kepalo Tiyuh (Desa) se-Tubaba serta perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.
  
Dalam sambutannya, Umar Ahmad menyatakan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang diinginkan.
 
"Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas," kata Umar Ahmad.

Lebih lanjut Umar Ahmad memaparkan, bahwa pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal diharapkan dapat dipenuhi dan keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur.  "Pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang 2019 dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2020. Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan lanjutan proses Musrenbang di masing-masing Tiyuh yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan pada tanggal 6 sampai dengan 14 Februari 2019, serta Forum OPD pada tanggal 28 Maret 2019," kata Umar Ahmad.  

Dia menambahkan, melalui forum ini juga akan dibahas Perubahan RPJMD 2017-2022, yang dilakukan berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi terhadap indikator, sasaran, arah kebijakan dan program RPJMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2018.  "Perubahan ini diharapkan akan meningkatkan sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di mana merupakan integrasi dari system perencanaan, system penganggaran dan system pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan system akuntabilitas keuangan," ungkapnya.  

Umar Ahmad juga mengakui, saat mencermati hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya, terutama dilihat dari pembangunan di Tubaba lima tahun terakhir, dapat dirasakan adanya berbagai perkembangan yang cukup membanggakan.  

"Diantaranya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulangbawang Barat masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, di samping sektor-sektor lain seperti perdagangan, peternakan, dan UKM. Berdasarkan besarnya peran sektor ekonomi tersebut di atas, Pemkab Tubaba bertekad untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, penunjang perekonomian dan pelayanan publik. Tekad ini diformulasikan dalam tema Musrenbang 2019 Kabupaten Tulang Bawang Barat," jelas Umar. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Pemkqb Tubaba telah menyusun prioritas pembangunan satu tahun ke depan yang terdiri atas:(1). Pembangunan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas. (2). Pembangunan SDM Melalui Meningkatkan Aksebilitas dan Kualitas Pelayanan Dasar. (3). Pemberdayaan Masyarakat melalui pengembangan ekonomi rakyat dan peningkatan nilai tambah sebagai upaya pengurangan kemiskinan. (4). Reformasi Birokrasi dan (5). Peningkatan investasi melalui kemudahan berusaha.  

Sedangkan sasaran makro dari penyusunan RKPD Tulang Bawang Barat tahun 2020 adalah ; (. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 6,1%. (2). Inflasi 3,0 - 3,5 %. (3). Tingkat Kemiskinan 5,35%. (4). Indek Pembangunan Manusia (IPM) 66,59 % . (5). Tingkat Penganguran Terbuka 0,72 %. (6). Indeks Gini 0,31-0,32.  

Dengan demikian, menempatkan pembangunan sektor Infrastrukur, SDM, pemberdayaan masyarakat yang ditopang dengan pemanfaatan Dana Tiyuh yang semakin besar setiap tahunnya, dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan investasi melalui kemudahan berusaha, maka diharapkan sasaran-sasaran tahun 2020 sebagaimana tersebut di atas akan tercapai.  

"Pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan di kabupaten Tubaba dapat selalu terjaga," harapnya.(*)     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Batu Bertuah (1) 25 Apr 2019 16:15 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia