KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar janji bagian (9), kita telah melihat kepintaran Presiden Jokowi dalam membalikkan keadaan dari semula dianggap penakut dan pengecut, tiba-tiba membalikkan keadaan dengan secara berani bergabung
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
JENUH 17 Jul 2019 15:06 WIB

Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan 17 Jul 2019 16:02 WIB


 

Pemkab Tubaba Gelar Musrenbang

 
DAERAH

Pemkab Tubaba Gelar Musrenbang
Oleh : Yunastanto | 20-Mar-2019, 15:38:20 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat  (Tubaba) menggelar  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 dan Perubahan RPJMD 2017-2022 di aula pemkab setempat, Rabu (20/3/).

Musrenbang tersebut dihadiri Bupati Tubaba Umar Ahmad, Wakil Bupati Fauzi Hasan serta pejabat esselon II dan III di lingkungan Pemkab Tubaba, pimpinan DPRD, Camat, Lurah dan Kepalo Tiyuh (Desa) se-Tubaba serta perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.
  
Dalam sambutannya, Umar Ahmad menyatakan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang diinginkan.
 
"Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas," kata Umar Ahmad.

Lebih lanjut Umar Ahmad memaparkan, bahwa pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal diharapkan dapat dipenuhi dan keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur.  "Pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang 2019 dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2020. Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan lanjutan proses Musrenbang di masing-masing Tiyuh yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan pada tanggal 6 sampai dengan 14 Februari 2019, serta Forum OPD pada tanggal 28 Maret 2019," kata Umar Ahmad.  

Dia menambahkan, melalui forum ini juga akan dibahas Perubahan RPJMD 2017-2022, yang dilakukan berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi terhadap indikator, sasaran, arah kebijakan dan program RPJMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2018.  "Perubahan ini diharapkan akan meningkatkan sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di mana merupakan integrasi dari system perencanaan, system penganggaran dan system pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan system akuntabilitas keuangan," ungkapnya.  

Umar Ahmad juga mengakui, saat mencermati hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya, terutama dilihat dari pembangunan di Tubaba lima tahun terakhir, dapat dirasakan adanya berbagai perkembangan yang cukup membanggakan.  

"Diantaranya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulangbawang Barat masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, di samping sektor-sektor lain seperti perdagangan, peternakan, dan UKM. Berdasarkan besarnya peran sektor ekonomi tersebut di atas, Pemkab Tubaba bertekad untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, penunjang perekonomian dan pelayanan publik. Tekad ini diformulasikan dalam tema Musrenbang 2019 Kabupaten Tulang Bawang Barat," jelas Umar. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Pemkqb Tubaba telah menyusun prioritas pembangunan satu tahun ke depan yang terdiri atas:(1). Pembangunan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas. (2). Pembangunan SDM Melalui Meningkatkan Aksebilitas dan Kualitas Pelayanan Dasar. (3). Pemberdayaan Masyarakat melalui pengembangan ekonomi rakyat dan peningkatan nilai tambah sebagai upaya pengurangan kemiskinan. (4). Reformasi Birokrasi dan (5). Peningkatan investasi melalui kemudahan berusaha.  

Sedangkan sasaran makro dari penyusunan RKPD Tulang Bawang Barat tahun 2020 adalah ; (. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 6,1%. (2). Inflasi 3,0 - 3,5 %. (3). Tingkat Kemiskinan 5,35%. (4). Indek Pembangunan Manusia (IPM) 66,59 % . (5). Tingkat Penganguran Terbuka 0,72 %. (6). Indeks Gini 0,31-0,32.  

Dengan demikian, menempatkan pembangunan sektor Infrastrukur, SDM, pemberdayaan masyarakat yang ditopang dengan pemanfaatan Dana Tiyuh yang semakin besar setiap tahunnya, dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan investasi melalui kemudahan berusaha, maka diharapkan sasaran-sasaran tahun 2020 sebagaimana tersebut di atas akan tercapai.  

"Pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan di kabupaten Tubaba dapat selalu terjaga," harapnya.(*)     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia