KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 
 
DAERAH

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Jambi 2012 Capai 7,7 Persen
Oleh : Sunarto | 29-Des-2011, 10:13:32 WIB

KabarIndonesia –  Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), memprediksi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada tahun 2012 mendatang mencapai 7,4 hingga 7,7 persen. Sementara target income perkapita sebesar Rp 20,31 juta pertahun.

“Perkembangan pertumbuhan ekonomi di Jambi tahun 2011 menunjukkan akselerasi trend pertumbuhan yang menggembirakan, dan untuk tahun 2012, prediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 7,4-7,7 persen, dengan income perkapita ditargetkan sebesar Rp,20,31 juta pertahun,” demikian sambutan Gubernur Jambi yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, M.Si, pada pertemuan tahunan perbankan Jambi 2011, di ruang serbaguna Bank Indonesia Jambi, Selasa (27/12).

Untuk mencapai kondisi tersebut, tantangan mendasar yang dihadapi dalam menyongsong tahun 2012 mendatang, meliputi ; pertama, mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi, industri pengolahan non migas, peningkatan daya saing ekspor, penguatan penyerapan belanja negara dan daerah dengan cara penajaman disbursmet plan serta pemantapan ketahanan pangan dan energy, kedua, menjaga stabilitas ekonomi, menyusun langkah-langkah strategis dan terpadu untuk menjaga stabilitas harga dan nilai tukar petani antara lain dengan perbaikan infrastruktur, ketiga, mempercepat pengurangan pengangguran dan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja yang lebih luas dan menjangkau masyarakat yang berada di bahwa garis kemiskinan, terutama melalui program khusus SAMISASKE, Satu Milyar Satu Kecamatan, dimana pada tahun 2011 penganggarannya sudah diarahkan, melalui kebijakan ini, ketimpangan fiscal atau fiscal gap antara wilayah akan dapat dikurangi, ujar Gubernur.

Atas dasar tersebut, maka upaya-upaya strategis yang harus dilakukan antara lain meliputi;  pertama, memperkuat ekonomi basis Provinsi Jambi, terutama komoditi karet dan sawit yang mencapai luaas 1,2 juta hektar, kedua, membangun lokus ekonomi baru yang berbasis pada multi aspek sumberdaya yang dimiliki Jambi, melalui pengembangan pusat-pusat ekonomi baru seiring dengan masuknnya Provinsi Jambi dalam koridor Materplan perluasan dan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI), ketiga, meningkatnya kegiatan sektor riil, keempat, mendorong aspek-aspek non ekonomi yang berpengaruh terhadap siklus stabilitas ekonomi Jambi, terutama percepatan penyelesaian konflik lahan di Provinsi Jambi, tegas Gubernur. 

Sebelumnya Pimpinan Bank Indonesia (BI) Jambi Iing M Hasanuddin, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa  perkembangan ekonomi Jambi selama tahun 2011 tidak kalah menggembirakan dari kondisi tingkat nasional. Dimana laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan III – 2011 sebesar 9,10 persen, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sebesar 6,50 persen. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi Jambi tahun 2011 diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Jambi tahun 2010, yang sebesar Rp 7,31 persen.

Dijelaskan Pimpinan BI Jambi,  berdasarkan sektornya, pertumbuhan ekonomi masih disumbangkan oleh sector primer, seperti sector pertanian dan pertambangan yang mempunyai shere hamper 49,55 persen dari total PDRB. Di sisi lain berdasarkan pengeluarannya, 58,69 persen perekonomian Jambi, ditopang oleh konsumsi rumah tangga, sementara pangsa investasi yang tercermin melalui angka pembentukan modal tetap domestik bruto memiliki porsi sebesar 20,81 persen, pada triwulan III-2011.

Hadir pada kesmepatan Dr. H. Harry Azhar Aziz, MA, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, sekaligus pembicara, yang menyampaikan materi degan judul “Ekonomi Indonesia 2012 dibayang-bayangi krisis ekonomi dunia dan kenaikan haraga BBM, kemudian Prof. DR. H. Amri Amir, SE, MS Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, yang menyampaikan meteri berjudul, “Prospek Perekonomian Jambi 2012 dalam percepatan ekonomi Sumatra” ini para anggota Forkopinda Provisni Jambi, Ketua pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Jambi, pimpinan perbankan di Jambi, Ketua Kadin Provinsi Jambi para kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan undangan lainnya. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia