KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Rakor Camat, Acuan Sinergi Program Kerja
Oleh : Sunarto | 31-Des-2011, 08:29:20 WIB

KabarIndonesia - Dilaksanakannya Rapat Koordinasi (Rakoor) Camat merupakan proses penting dan strategis sebagai acuan sinkronisasi dan sinergi program kerja bagi aparat pemerintah daerah se-Provisni Jambi, demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub), Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, Kamis (29/12/2011)saat menutup pelaksanaan rakoor tersebut, di Ratu Covention Center, Hotel Ratu Jambi.

“Saya baik secara pribadi maupun atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Rakoor Camat ini, karena ini merupakan proses penting dan strategis sebagai acuan sinkronisasi dan sinergi program kerja bagi aparat pemerintah daerah se-Provisni Jambi,” tegas Wagub.

Lebih lanjut disampaikan Wagub, dalam mewujudkan sinergi seluruh aparatur pemerintah daerah diminta mendukung pelaksanaan pembangunan, dan yang paling penting untuk menyatukan gerak dan langkah dalam rangka mencapai visi pembangunan daerah ini, yakni menuju Jambi EMAS (Ekonomi, Maju, Aman, Adil, dan Sejehtera) tahun 2015, yang kesemuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, jelas Wagub. Menurut Wagub, para Camat sebagai ujung  penyelenggaraan pemerintahan, tentunya para Camat paham betul, bahwa hakekatnya pemerintahan daearah yang dibentuk melalui Undang-undang No. 32 tahun 2004 yang saat ini sedang dibahas perubahannya oleh DPR RI, pada hakekatnya merupakan sebuah upaya disentralisasi pengelolaan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan.

Oleh karena itu, sistem pemerintahan yang dianut mengalir dari pendelegasian sebagian kewenangan, sehingga pada akhirnya kesinambungan pembangunan dapat terlaksana secara sinergi, katanya. Dijelaskan Wagub, bahwa dilaksanakannya otonomi daerah, tujuannya adalah bagaimana pemerintah di semua tingkatan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efisien, efektif dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Prinsip penyelenggaraan otonomi yang luas, nyata dan bertanggungjawab, adalah untuk member kesempatan daerah mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya, serta kepentingan masyarakat setempat, menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dengan tetap berpedoman pada skala pembangunan nasional. Berkatan dengan itu Wagub mengingatkan, dalam praktek tatanan hubugan antar pemerinthan di daerah, Kabupaten/Kota memiliki keterkaitan hirarkis dengan Provinsi, seperti diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2010 yang  menegaskan, bahwa Gubernur adalah wakil Pemerintah Pusat di daerah.

Oleh karenanya, melalui tata hubungan hirarkis ini, koordinasi antar pemerintah daerah, harus dapat berjalan dengan baik. Berkenaan dengan hal tersebut, penguatan tersebut harus dipahami dan diletakkan atas pemikiran bahwa, penguatan peran Gubernur yang didukung oleh sinergi dari seluruh  komponen aparatur di daerah akan menentukan keberhasilan pembangunan.

Disinilah pentingnya penyelenggaraan Rakoor ini dilaksanakan secara priodik, tegas Wagub. Berkaitan dengan itu semua, Wagub menggaris bawahi beberapa hal yang paling tidak harus didukung oleh sebuah pemahaman dari semua pihak, terhadap tiga dimensi. Adapun tiga dimensi tersebut, jelas Wagub; pertama, melaksanakan perubahan yang berkesinambungan, kedua, berupaya  mengeliminasi sumbatan dan pencarian peluang, percepatan penanganan masalah, dan peningkatan pencapaian target.

Dan ketiga, yang tidak kalah penting adalah, kebersamaan dan sinergi dalam setiap perencanaan dan pelakanaan pembangunan yang dilaksanakan. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia