KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalMendagri Tjahjo Kumolo Himbau Masyarakat Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa oleh : Danny Melani Butarbutar
16-Okt-2019, 10:13 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor111/11285/SJ tanggal15 Oktober 2019, dikabarkan bahwa Komunitas Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan menggelar Doa Bersama. Doa bersama tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Rayuan Gombal vs Cinta Sejati 11 Okt 2019 08:58 WIB


 
 
DAERAH

Ranperda P-APBD 2019 Samosir Disahkan Menjadi Peraturan Daerah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Sep-2019, 11:38:03 WIB

KabarIndonesia – Samosir, Bertempat di gedung DPRD kabupaten Samosir, kawasan perkantoran Parbaba kec.Pangururan, digelar rapat paripurna DPRD dalam rangka pengesahan Ranperda P-APBD 2019 menjadi peraturan daerah, Selasa (17/9/2019), sekitar pukul 22.00 WIB.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Rismawati Simarmata, didampingi Wakil Ketua Jonner Simbolon dan Nurmerita Sitorus. Bupati Samosir Rapidin Simbolon hadir bersama pimpinan SKPD serta para anggota DPRD, tanpa kehadiran unsur Forkompimda (Kapolres, Kejari, Dandim dan Ketua Pengadilan).

Dikabarkan, seyogianya lanjutan rapat paripurna ini dijadwalkan pada sore hari pkl 14.00 WIB, namun karena banyaknya pendapat akhir Fraksi yang sifatnya sangat penting dan pemandangan umum Dewan, pihak eksekutif dan legislatif dituntut berkomunikasi intensif.

Tercatat, nilai P-APBD 2019 yang disahkan terdiri Anggaran Pendapatan Rp884,810 miliar. Besaran ini turun dari nilai APBD 2019 murni Rp887,408 miliar. Sementara Anggaran Belanja tercatat Rp905.247 miliar, naik dari APBD murni Rp888,408 miliar atau bertambah Rp16,839 miliar. Artinya untuk tahun ini masih terjadi defisit anggaran.

Selain pengesahan P APBD, paripurna DPRD Samosir juga mensahkan Ranperda tentang Pedoman Penamaan Jalan dan Sarana Umum Tertentu Serta Penomoran Bangunan serta Ranperda tentang Kewajiban Mengurung dan atau Mengawasi Ternak di wilayah Kabupaten Samosir.

Sementara itu pada penyampaian pendapat Fraksi, juru bicara Fraksi Partai NasDem Sarhochel Tamba meminta agar bupati Samosir memberikan klarifikasi terkait pemberitaan, bahwa bimtek atau kunker DPRD Samosir tidak memberi hasil nyata.

Fraksi ini juga minta Bupati Samosir menganggarkan pembukaan jalan dari Parbaba-Rianiate yang sudah tertunda bertahun-tahun di RAPBD 2020 dengan sistem swakelola. Sarhochel M Tamba meminta Pemkab Samosir melibatkan DPRD dalam setiap membuat perjanjian kerja sama internasional. Serta meminta Sekretaris DPRD mengundang Bupati Samosir melakukan bimtek dan kunjungan kerja (kunker) bersama.

Sementara itu Nasib Simbolon dari Fraksi Kebangkitan Nasional mengatakan, bahwa mengamati pembangunan yang berlangsung selama ini, Pemkab Samosir lebih memprioritaskan pelaksanaan pembangunan jalan nasional atau program nasional lainnya. Secara tidak langsung telah mengabaikan program dan kegiatan kabupaten, sehingga pelaksanaan APBD dan penyerapan anggaran tidak maksimal.

Fraksi ni sangat menyayangkan pemberitaan terkait kunker DPRD yang disangkutpautkan dengan pencoretan anggaran perjalanan dinas beberapa OPD ke luar negeri.

Sementara Fraksi Golongan Karya diwakili Rosinta Sitanggang menyoroti disiplin Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan. Ada keluhan dan laporan masyarakat di kecamatan Palipi. Seorang ibu guru yang tidak menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya, datang ke sekolah dengan waktu sesuka hati, mengajar di ruangan tidak menunjukkan etika sebagai tenaga pendidik. Rosinta meminta agar secepatnya dievaluasi agar tidak menimbulkan opini tidak baik di tengah masyarakat.

Hal lain tentang SK Menteri Kehutanan Nomor 579/MENHUT-II/2014, Rosinta meminta kepada Bupati Samosir agar segera menindaklanjuti kepada pemerintah atasan terkait masih banyak terdapat lahan masyarakat yang diklaim sebagai kawasan hutan.

Sementara itu Fraksi Demokrat melalui Bolusson Pasaribu menyinggung adanya bantuan program bantuan bedah rumah yang merupakan usulan dari anggota DPR RI Fraksi Demokrat daerah pemilihan Sumut II Jonny Allen Marbun. Tahun 2018 di kecamatan Harian sebanyak 100 unit rumah dan kecamatan Sianjurmulamula mendapatkan 50 unit. Pada pada tahun 2019 dilanjutkan kembali sebanyak 1.179 unit pada 8 kecamatan.

“Untuk itu sudah sewajarnya Pemkab Samosir mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Demokrat atas usulan yang telah disampaikan ke Kementerian PUPR. Tercapainya program bedah rumah tersebut dilaksanakan, telah membantu meringankan tugas pemkab Samosir dalam meminimalisir angka kemiskinan serta terwujudnya masyarakat yang kondusif dan sejahtera di Samosir,” jelas Bolusson.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia