KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
DAERAH

Samosir Menyelenggarakan Rapat Terpadu untuk Antisipasi dan Penanganan Konflik Sosial Menjelang Pilkada 2018.
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 12-Apr-2018, 09:02:29 WIB

KabarIndonesia - Website resmi www.samosirkab.go.id mengabarkan bahwa Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Samosir menggelar Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial tingkat Kabupaten Samosir di aula Kantor Bupati Samosir pada hari Rabu, (11/4/2018).

Rapat ini dihadiri Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Samosir serta Kepala Seksi Pidum Kejaksaan Negeri Samosir dan peserta dari berbagai unsur masyarakat, Forum Komunikasi Umat Beragama, Kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan lainnya.

Asisten Tata Praja Drs.Mangihut Sinaga saat membuka acara,
mengatakan bahwa rapat dilakukan untuk menggali informasi, pengumpulan data dan pencegahan terhadap potensi konflik sosial di masyarakat sebagai antisipasi untuk menghadapi agenda politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di seluruh Indonesia secara umum dan Pilkada Sumatera Utara pada khususnya.

Menurutnya, memperhatikan adanya kegiatan demokrasi melalui Pilkada sangat dibutuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dannsemua pihak dalam mencegah secara dini potensi konflik sosial yang ditimbulkannya. "Semua pihak termasuk Forum Komunikasi Umat Beragama, Kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) serta Kejaksaan Negeri Pangururan harus bersinergi untuk mencegah terjadinya konflik sosial di Kabupaten Samosir," jelasnya.

Dalam rapat ini juga dibahas berbagai kemungkinan terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat, antara lain berita-berita bohong, politisasi isu SARA juga persoalan Narkoba dan terorisme. "Bukan karena Pilkada ini kita harus mencegah terjadinya konflik sosial, bahkan di beberapa daerah di Indonesia terjadi konflik karena adanya berita-berita bohong (hoax) yang dapat mengadu domba masyarakat," lanjutnya.

Munculnya berita-berita hoax yang tersebar di medsos menimbulkan terjadinya kecemburuan sosial dan rasa curiga, apalagi tidak ada yang bertanggung jawab terhadap informasi tersebut. Kemudian adanya Politik Identitas, yang sangat berbahaya dan sensitif, karena nuansa politik identitas ini mengarah kepada asal-usul suku, ras dan antar golongan.

Namun demikian sangat diyakini bahwa isu politik identitas ini tidak akan mampu mengganggu harmonisasi masyarakat Sumatera Utara (secara khusus masyarakat Samosir), yaitu masyarakat yang terbuka dan apa adanya. "Kami yakin kedua pasangan calon gubernur Sumatera Utara (Edy Rahmayadi dan Djarot Saiful Hidayat) adalah Paslon yang memegang teguh jiwa persatuan yang menjunjunfg tinggi kedaulatan negara dan persaudaraan," tegas Asisten Tatapraja, Mangihut Sinaga.

Selain konflik sosial, unsur yang sangat membahayakan generasi muda yaitu Narkoba, ini tidak kalah pentingnya untuk disikapi bersama. Perdagangan Narkoba tidak bisa kita cegah, berbagai cara-metode dan modus banyak dilakukan untuk memperjualbelikan. Demikian pula, ancaman terorisme, yang terus menghantui rasa aman dan nyaman di negeri kita.

Di akhir diskusi rapat ini, disepakati bersama agar konflik sosial, hoax, narkoba dan terorisme jangan sampai ada dan tidak boleh terjadi di wilayah Pemerintahan Kabupaten Samosir sampai kapanpun. Sangay diharapkan wilayah Samosir menjadi salah satu wilayah yang paling aman, nyaman, sejuk dan terhindar dari kejahatan.

"Untuk itu mari kita tingkatkan kewaspadaan dan lakukan pencegahan dini. Berkoordinasilah dengan Pemerintah Daerah jika ada potensi, gejala adanya ancaman yang dapat mengganggu keamanan terjadinya konflik di masyarakat. Kita harus ikut serta memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat Samosir bahwa siapapun yang terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara adalah wajib kita hormati." pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia