KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
DAERAH

Samosir Salah Satu Daerah dari Tigabelas Kabupaten/Kota di Sumut Peroleh Opini WTP
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 24-Mei-2018, 16:12:12 WIB

KabarIndonesia - Medan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan tahun anggaran 2017 kepada 19 pemerintah kabupaten/kota di Sumut. LHP ini diserahkan langsung oleh Anggota V BPK RI, Isma Yatun, pada hari Kamis (24/5)

Menurut Isma Yatun, hingga saat ini BPK telah menyampaikan LHP kepada 21 daerah di Sumut, setelah sebelumnya juga diserahkan kepada Pemko Pematang Siantar dan Pemkab Asahan. "Dari 21 daerah itu, ada 13 daerah yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan yang telah diajukan dan diperiksa BPK," katanya.

Selain kota Pematangsiantar dan kabupaten Asahan yang telah memperoleh LHP beberapa waktu lalu, hari ini (24/5) BPK menyerahkan LHP kepada Pemkab Labuhan Batu, Humbang Hasundutan, Tebingtinggi, Binjai, Toba Samosir, Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan, Samosir, Labuhan Batu Utara, Tapanuli Utara, Serdang Bedagai, Langkat, Deliserdang, Simalungun, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Dairi, Karo dan Pakpak Bharat.

Dari 21 daerah yang telah menerima LHP tersebut, 13 di antaranya mendapat opini WTP dari BPK, yakni Pematangsiantar, Asahan, Tapsel, Taput, Dairi, Labura, Labusel, Pakpak Bharat, Humbahas, Tobasa, Samosir, Padanglawas Utara dan Binjai.

Pemkab Asahan, Samosir dan Padanglawas Utara berhasil meningkatkan opini menjadi WTP. Selanjutnya Pemkab Tapsel, Taput, Dairi dan Labuhanbatu Utara sukses mempertahankan WTP empat tahun berturut-turut dan hanya Labuhanbatu Selatan yang mampu mempertahankan opini WTP dalam lima tahun terakhir.

Dikatakan Isma, pemeriksaan atas laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan.

Menurut Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, bahwa hasil pemeriksaan yang diberikan BPK tersebut diharapkan bisa menjadi pendorong bagi kepala daerah untuk meningkatkan kinerja laporan keuangan. "Hasil pemeriksaan BPK ini juga nanti akan menjadi bahan untuk Ranperda Pertanggung awaban, kemudian menyusun P-APBD dan APBD tahun selanjutnya. Jika terlambat, maka semuanya akan terlambat," pungkasnya.

Sementara itu, pantauan media, warga masyarakat menyampaikan ucapan selamat atas kabupaten Samosir meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dalam catatan, selama 15 tahun terbentuknya kabupaten Samosir, ini untuk pertama kali Laporan Keuangannya mendapat opini terbaik yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Pada tahun 2015 Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten Samosir mendapat tingkatan opini Disclaimer dan tahun 2016 dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Berbagai kalangan masyarakat Samosir mengapresiasi perolehan prestasi ini dan berharap dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya.
"Prestasi yang membanggakan ini menjadi motivasi kepada kabupaten Samosir untuk bekerja lebih baik yang pastinya memberi manfaat yang besar untuk proses pembangunan. Harus bisa di pertahanan untuk tahun kedepan." sebut seorang pengamat di Samosir.

Kegembiraan pemerintah daerah dan masyarakat Samosir atas prestasi ini dinilai wajar sebab tiap lembaga negara, kementerian-lembaga nonkementerian di tingkat pusat atau pemerintah di tiap daerah memang terobsesi untuk mendapatkan predikat opini WTP dari BPK setiap tahun.

Namun perlu diperhatikan dengan kajian komprehensif, bahwa capaian opini WTP bukanlah sebuah "rekayasa" dan "gengsi" bagi setiap instansi termasuk pemda sehingga berusaha melakukan dan menghalalkan segala caranuntuk mendapatkan opini WTP. Seperti kasus suap yang terjadi antara pejabat Kemendes PDTT dan BPK tersebut. Karena itu WTP bukan jaminan bersih atau tidak dari perilaku korupsi karena WTP hanya berkaitan dengan pengadministrasian laporan keuangan.

Patut dipahami, predikat atau status WTP diberikan bila dalam laporan keuangan diperoleh informasi yang terbebas dari salah saji material. Auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, laporan keuangannya sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum dan baik.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia