KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Sehari Menjelang Penutupan KPUD Samosir Terima Daftar Caleg 2 Parpol
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 17-Jul-2018, 15:48:49 WIB

KabarIndonesia - Samosir. Hingga hari ke-13 (H minus 1), sejak dibukanya pendaftaran calon legislatif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, hanya 2 Partai politik (Parpol) peserta Pemilu di kabupaten Samosir yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir

Amatan pewarta kabarindonesia, dua Parpol yang sudah mendaftarkan calegnya hari Senin (16/7/2018), yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Sekitar pukul 14.00 Wib, Ketua DPD PAN Kabupaten Samosir, Pasin Tuyes Rajagukguk, didampingi Sekretaris Ronal Nirma Sihotang (anggota DPRD incumbent) mendaftarkan bacalegnya yang akan bertarung di pemilu 2019.

Menurut Tuyes Rajagukguk, mereka mendaftarkan 5 orang caleg untuk satu daerah pemilihan yakni dari dapil IV, sedang bacaleg dapil I, II dan III, sejauh ini belum ada. Namun dia menambahkan bahwa tidak tertutup kemungkinan bila nanti masih ada bacaleg yang ingin maju dari PAN, akan didaftarkan besok di hari terakhir penutupan.

Sementara itu, sekitar seratusan massa simpatisan partai Nasdem sempat berkeliling kota Pangururan (usai ibadah pemberangkatan) tiba di kantor KPU dan menunggu beberapa waktu, karena partai PAN masih menyelesaikan pendaftaran.sebelumnya sudah menunggu di luar kantor. Tampak para pengurus DPD Partai Nasdem beserta para bacalegnya dan simpatisan memenuhi halaman Kantor KPU Kabupaten Samosir.

Sekitar pukul 15.00 Wib, Komisioner KPU Fernando Sitanggang mengundang Ketua DPD Nasdem Kabupaten Samosir, Sarchochel Tamba didampingi Sekretaris Basrun Sihombing dan Ketua Bappilu Jabalos Simbolon untuk menyampaikan langsung berkas pendaftaran caleg.

Kemudian dilanjut dengan memanggil para LO Nasdem untuk memeriksa dan menyerahkan satu persatu berkas para caleg dari 4 dapil yang diterima Tim Pendaftar KPU.

Ketua KPU Samosir, Fernando Sitanggang kepada kabarindonesia menyampaikan, bahwa jumlah berkas Caleg yang didaftarkan oleh Partai PAN ada 5 berkas caleg dari satu dapil. Partai Nasdem mendaftarkan calegnya sebanyak 25 berkas lengkap dari 4 dapil di Samosir.

"Yang kita terima dari Partai adalah syarat pencalonan, dari PAN hanya 5 Caleg dari daerah pemilihan (Dapil) 4. Dari Nasdem ada 25 berkas Caleg dari Dapil 1, 2, 3, dan 4, juga syarat pencalonan sudah lengkap," kata Fernando.

Informasi yang diterima media, kelima Caleg Partai PAN dari Dapil 4 yang sudah didaftarkan ke KPU, yaitu Ronald Nirma Sihotang (incumbent), Asido Amandus Siboro, Mawanty Pasaribu, Hardiono Tamba, dan Manalita Sihombing.

Sedangkan 25 Caleg Partai Nasdem, masing-masing:
Dapil 1 Marco Christian Simbolon, Polma Hasehaton Gurning, Lasma Simalango, Hendrik Naibaho (incumbent), Beresman Sinaga, Rosmei Alim Sinurat, Jonner Simbolon (Wakil Ketua DPRD Samosir/incumbent), dan Rolumbang Tioma Simbolon.

Dapil 2, Herdon Samosir ST (anggota DPRD 2009-2014), drg Magdalena Nurainy Sitinjak MM, Drs Melani Butarbutar MM (mantan Kadisdukcapil), Parningotan Sinaga, Tumpal Marulak Halomoan Sidauruk, dan Ruslina Sidabutar.

Dapil 3, Ir Basrun Sihombing (Sekretaris DPD/incumbent), Batahan Siringoringo, Armelia Chris Laurent Sirait, Masro Sitanggang, Repinna Berliana Marbun, dan Melvarina Tamba.

Dapil 4, Sarchochel Marcopolo Tamba (Ketua DPD/incumbent), Daniel Taruli Asi Sagala, Andreita Evelina Sinaga, Norivel Ritni Situmorang, dan Pantas Marroha Sinaga.

Saat partai Nasdem mendaftar ke KPU, media menyaksikan kehadiran Ir Mangindar Simbolon MM, mantan Bupati Samosir 2 periode. Kabarnya Mangindar duduk sebagai dewan pakar DPD Nasdem Samosir dan akan ikut sebagai Caleg Nasdem di tingkat Provinsi.

Sementara itu, Komisioner KPU kabupaten Samosir, Fernando Sitanggang mengatakan bahwa pendaftaran hari ini (16/7) berjalan lancar, tetapi belum dinyatakan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT). Selanjutnya, KPU akan melakukan penelitian administrasi terhadap berkas atau dokumen para bakal caleg PAN dan Partai Nasdem.

“Tinggal berkas dokumen masing-masing bacaleg apakah lengkap atau tidak. Nanti juga ada masa perbaikan pada tanggal 22 hingga 31 Juli. hari ini H-1 penutupan pendaftaran masih hanya dua partai yang mendaftar. Namun sejumlah partai politik telah menjadwalkan waktu pendaftaran untuk besok di hari terakhir." ujar Fernando Sitanggang, calon Komisioner KPU Provinsi

Fernando bersama komisioner lainnya dan para pegawai yang sejak pagi sudah menunggu kehadiran Partai, mengakui bahwa merupakan hal biasa jika Partai tidak langsung mendaftarkan calegnya. "Biasanya menjelang 'injury time' parpol akan berbondong-bondong mendaftar. Karena itu, KPU yang setiap hari melayani pendaftaran hingga pukul 16.00 WIB, besok hari terakhir akan buka hingga pukul 24.00 WIB,” tegas Ketua KPU Samosir.

Dikatakannya, KPU juga sudah mempersiapkan personel yang akan melayani pendaftaran. “Terpenting, partai politik menyiapkan berkas para bacalegnya secara lengkap sehingga memudahkan pendaftaran,” tutupnya seraya mohon ijin melanjutkan tugas.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menuju Pulauku Nol Sampaholeh : Rohmah S
20-Jul-2018, 07:18 WIB


 
  Menuju Pulauku Nol Sampah Sejumlah karyawan Astra sedang membuat ecobrick dengan memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik bekas pada kegiatan sukarela karyawan di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia