KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Toraja Utara Unjuk Rasa di PN Makale Tuntut Keadilan Sengketa Lahan

 
DAERAH

Toraja Utara Unjuk Rasa di PN Makale Tuntut Keadilan Sengketa Lahan
Oleh : Antha | 06-Jun-2020, 09:51:46 WIB

KabarIndonesia - Makale, Ratusan pendemo yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Toraja bersatu menggelar aksi ditengah-tengah Pandemi Covid-19 di halaman Kantor Pengadilan Negeri (PN) Makale, Jl Pongtiku, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (4/6/2020) siang.

Massa datang dan menduduki Kantor Pengadilan untuk menuntut keadilan atas sengketa tanah. Menurut massa yang hadir, tanah yang disengketakan antara keluarga Haji Ali dengan Pemerintah Toraja Utara adalah tanah adat Ba'lele yang diserahkan kepada pemerintah untuk dipergunakan kepentingan umum. 
"Tidak benar kalau tanah itu dimiliki oleh satu orang, tanah yang awalnya berstatus tanah, adat tidak ada sejarahnya itu dimiliki oleh satu orang, itu tindak mungkin", Ucap Pong Barumbum, salah satu perwakilan adat.

Massa ini terdiri dari masyarakat adat, pemuda, gerakan millenials Sangtorayaan, mahasiswa, pengurus PGRI, guru dan siswa-siswi SMAN 2 Rantepao menuntut keadilan terkait permasalahan tanah sengketa Lapangan Gembira (eks tanah adat Pacuan Kuda).

Sementara di dalam PN Makale berlangsung sidang penyumpahan empat orang saksi yang menemukan bukti baru sengketa Lapangan Gembira.

Ditengah masa pandemi Covid-19 tepat dilakukan aksi demo, pendemo asal Toraja Utara mengikuti aturan menggunakan masker dan jaga jarak.

"Aksi ini wujud kepedulian sebagai masyarakat Toraja yang akan merebut kembali tanah adat yang saat ini diperjuangkan untuk daerah kita Toraja Utara," ucap Kordinator Lapangan, Nober Rante Siama.

Operator orasi juga menyampaikan pesan kepada pimpinan PN Makale agar dapat memutuskan perkara seadil-adilnya, jangan terjadi hirarki, dan mafia tanah harus ditangkap.

"Kami aksi damai untuk mempejuangkan tanah kami dan tetap mengikuti protokol kesehatan serta tertib dimasa pandemi Covid-19 saat ini tapi diminta pula semangat juang memperjuangkan tanah adat Ba'lele," kata pendemo, Belo Tarran.

Meskipun Aksi ini tidak mendapatkan izin dari Polres Tana Toraja dan juga Polres Toraja Utata, tetapi tetap rasa dikawal ketat oleh pihak kepolisian. Massa memaksa masuk di halaman kantor PN Makale dan setelah dilakukan negosiasi, Kapolres Tana Toraja, AKBP Liliek Tribhawono mengizinkan sepuluh siswa masuk berdiri memegang spanduk.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia