KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 

Beragam Metode Analisa Politik

 
POLITIK

Beragam Metode Analisa Politik
Oleh : Wein Arifin | 04-Feb-2010, 15:05:19 WIB

KabarIndonesia - Tercatat dalam kurun waktu 4 (empat) bulan ini terdapat beberapa dinamika politik di negara kita yang bersifat strategis yaitu: terorisme, kriminalisasi KPK, kasus bank century, pertarungan beberapa lembaga tinggi negara dan lain-lain. Dinamika politik ini kemudian mendapat respon dari masyarakat bagi dalam bentuk dukungan maupun tuntutan.
Respon tersebut diartikulasikan dalam berbagai bentuk, misalnya secara  lisan, tulisan, maupun gerakan.

Dalam bentuk lisan dapat ditemui dengan banyaknya pengamat politik yang diundang oleh televisi untuk menyampaikan analisa politiknya. Dalam bentuk tulisan dapat ditemui di media massa, internet yang memuat analisa para pengamat politik. Sementara beberapa koalisi ekstraparlementer membuat gerakan-gerakan yang lebih cenderung bersifat tuntutan  yang dilakukan dalam bentuk kaukus aktor maupun demonstrasi.

Begitu cepatnya dinamika politik menyebabkan, hampir setiap hari kita disuguhi oleh analisa-analisa politik baik ketika menonton televisi, internet ataupun ketika membaca koran harian. Beragam analisis tersebut ada yang bermutu dan ada yang juga kurang bermutu, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Secara keilmuan analisa politik dikatakan bermutu jika dia memuat fakta, data serta melalui proses standar ilmiah. Terlepas dari adanya kepentingan politik dibalik suatu analisa, namun standar ilmiah dan rasional sangat menentukan suatu analisis bermutu atau tidak.

Terkait dengan hal diatas tulisan ini mencoba mengkategorisasikan metode analisa politik yang sering digunakan oleh pengamat politik kita dalam menganalisa dinamika politik yang terjadi. Beberapa metode analisa politik tersebut adalah:

1. Analisis Komparatif
Medote ini adalah membandingkan suatu dinamika politik disuatu daerah terhadap suatu dinamika politik didaerah/negara lain. Kelebihan medote ini adalah dapat memunculkan suatu kondisi ideal secara aplikatif sebagai suatu contohnya, sehingga dapat ditarik satu generalisasi.
2. Analisis Hukum
Metode ini adalah menganalisis suatu dinamika politik  berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku. Metode ini akan sangat bermanfaat ketika dinamika politik yang terjadi meliputi  sistem aturan yang ada dalam suatu negara. Meski bersifat normatif, namun analisis ini memiliki kelebihan bahwa dinamika politik berjalan dalam koridor hukum.   

3. Analisis Aktor
Metode ini adalah menganalisis aktor-aktor politik yang terlibat dalam dinamika politik. Analisis terhadap aktor dapat dilakukan dengan melihat tujuan, kepentingan, history, motivasi dari suatu tindakan politik. Analisis ini merupakan bagian dari teori rational choice yang berada pada ranah behavioralis. Kelebihan metode ini adalah dapat melihat sesuatu dibalik fakta suatu tindakan politik serta dapat memprediksi tujuan dari suatu tindakan politik. 

4. Analisis Konspirasi
Metode ini berangkat dari inventarisasi fakta-fakta dinamika politik. Fakta yang dimaksud adalah suatu kejadian yang bersifat empirik namun tidak muncul dipermukaan. Fakta-fakta tersebut kemudian dianalisis berdasarkan tujuan dan kepentingannya sehingga menjadi suatu jalinan skenario yang saling berhubungan. Analisis konspirasi hanya berdasarkan fakta bukan data sehingga menyulitkan ketika harus ada pembuktian secara ilmiah atau hukum.    

5. Analisis Sejarah
Metode ini berangkat dari konsep determinasi sejarah yaitu suatu dinamika politik merupakan antitesa dan sintesa dimasa lalu, diartikan disini bahwa suatu dinamika politik merupakan akibat dari penyebab dimasa lalu. Kelebihan dari metode ini adalah dapat melihat suatu dinamika politik secara utuh karena hakekatnya dinamika politik tidaklah berdiri sendiri pada suatu waktu.  

Beberapa metode untuk menganalisa dinamika politik diatas dapat digunakan secara keseluruhan atau hanya beberapa saja ketika akan menganlisa suatu dinamika politik. Ketajaman dalam membuat variabel-variabel analisa menjadi faktor penting dalam menganalisa suatu dinamika politik.  

Artikel ini dapat dilihat dalam:

http://weinarifin.wordpress.com
Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Rocky Gerung dan Jokowi 05 Nov 2018 15:56 WIB

Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia