KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSegudang Manfaat Bila Berpikiran Positif oleh : Bunga Wiladatika
22-Sep-2018, 15:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berpikiran positif mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Berpikiran positif adalah bagaimana cara kita menghadapi suatu hal secara logis dari segi yang positif, sehingga mampu menjalani berbagai aspek masalah dalam kehidupan. Apa saja manfaat baik yang
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Komisi II DPR RI Tidak akan Menghambat Pemekaran Daerah

 
POLITIK

Komisi II DPR RI Tidak akan Menghambat Pemekaran Daerah
Oleh : Johanes Sumardi T | 03-Des-2010, 12:27:36 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Ketua Panitia Kerja Pemekaran Daerah Komisi II DPR – RI Ganjar Pranowo, memberikan penegasan bahwa Komisi II DPR – RI tidak akan menghambat pemekaran daerah termasuk pemekaran Kabupaten Langkat menjadi 3 yakni Kabupaten Langkat Induk, Kabupaten Langkat Hulu dan Kabupaten Teluk Aru. Akan tetapi persyaratan dan mekanisme yang telah ditentukan dan tertuang dalam PP no. 78 tahun 2007 harus dipenuhi semuanya. Menurut Ganjar, kendati tidak akan menghambat ide pemekaran, akan tetapi Komisi II DPR – RI juga tidak pernah mendorong untuk melakukan pemekaran, tegasnya.

Pemekaran daerah masih banyak menyisakan persoalan dan konflik.  Oleh karena itu Ganjar meminta agar semua pihak yang terkait dalam proses pemekaran daerah, hendaknya bekerja dengan sungguh sungguh dan lebih arif, dan melakukan pemekaran dengan semangat untuk membangun daerah, dan mendekatkan pemerintah kepada rakyat.

“Jangan pernah ada semangat pemekaran yang ditujukan untuk memunculkan kepala daerah baru semata-mata, apalagi dalam 5 tahun pertama pemekaran yang dilakukan oleh sang kepala daerah adalah membeli Land Cruiser baru dengan alasan daerahnya berbukit bukit dan terjal,” ujar Ganjar dengan tegas di hadapan rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Ketua DPRDSU H. Saleh Bangun yang juga didampingi oleh Wakil Ketua DPRDSU HM. Affan, SS, Chaidir Ritonga, Kamaluddin Harahap, seluruh pimpinan fraksi DPRDSU dan Komisi A DPRDSU.

Dalam rapat tersebut, Kamaluddin Harahap yang mewakili Ketua DPRDSU H. Saleh Bangun membacakan pemaparan dan eksposure tentang persiapan pembentukan Kabupaten Langkat Hulu dan Kabupaten Teluk Aru. Usai pembacaan Ketua DPRDSU H. Saleh Bangun didampingi Ketua Forum Pemekaran Kabupaten Teluk Aru H. Yan Syahrin kemudian menyerahkan berkas dan dokumen lengkap Pemekaran Kabupaten Langkat Hulu dan Teluk Aru kepada Wakil Ketua Komisi II DPR – RI Taufik Effendi.
Sedangkan Ketua Komisi A Drs. H. Hasbullah Hadi, SH, MKn meminta penegasan dari Komisi II DPR – RI tentang moratorium pemekaran daerah itu adalah merupakan keputusan sepihak dari Presiden RI sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR – RI Taufik Effendi sebelumnya. Hasbullah Hadi juga meminta agar Komisi II DPR – RI dapat lebih memperhatikan proses pemekaran daerah di Provinsi Sumatera Utara seperti Kabupaten Langkat Hulu, Teluk Aru dan Simalungun yang dinilai lebih siap untuk berdiri sebagai daerah otonomi baru.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi II DPR – RI Taufik Effendi dengan didampingi juga oleh anggota Komisi II DPR – RI Amrun Daulay menyampaikan pesan agar dalam proses perjuangan pembentukan daerah otonomi baru,semua pihak terkait jangan sampai melupakan perannya. Menurutnya bangsa ini sakit karena semua orang bisa tahu tugasnya, bisa tahu fungsinya namun tidak semua pihak mengetahui perannya.

“Berperanlah supaya bangsa ini maju, jangan sampai hanya menjadi main-mainan dalam perannya,” pesan Taufik kepada seluruh rombongan DPRDSU.

Ketua Forum Pemekaran Kabupaten Teluk Aru,H. Yan Syahrin ketika dimintai tanggapannya, menjelaskan bahwa Kabupaten Teluk Aru sangat siap dan layak untuk dimekarkan. Pasalnya secara historis, sejak tahun 1885 dari kawasan Teluk Aru telah ditemukan sumber daya alam berupa minyak bumi, yang pengelolaannya dilakukan hingga saat ini dan bahkan juga merupakan pemberi kontribusi APBN.

“Cikal bakal perusahaan Pertamina, dimulai dari Teluk Aru. Jadi boleh dibilang Teluk Arulah yang memberikan kontribusi hingga 70% bagi APBN. Sedangkan pembangunan Teluk Aru sendiri boleh dibilang kurang maksimal sampai saat ini,” disampaikan oleh H. Yan Syahrin yang juga Ketua Fraksi GBBR DPRDSU. (*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB


 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia