KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJokowi Resmikan Tugu Titik Nol di Barus oleh : Jenda Bangun
25-Mar-2017, 00:04 WIB


 
 

KabarIndonesia - Medan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meresmikan Tugu Titik Nol Islam Nusantara yang terletak dipinggir pantai Barat Sumatera di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (24/3).

Hadir juga Ketua
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA





 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Langkah Menuju Pasti 23 Mar 2017 23:05 WIB

Walau Satu Detik Bersama Tuhan 10 Mar 2017 04:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
POLITIK

Pilkada Jakarta Putaran Kedua, Bagaimana Jika Hasilnya Draw?
Oleh : Chairil Makmun | 14-Mar-2017, 23:19:43 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta putaran kedua sudah bergulir, kampanye pun sudah start. Pasangan calon (paslon) 2 Ahok-Djarot dan paslon 3 Anies-Sandi sudah getol menyapa rakyat. Parpol pendukung paslon 1 yang telah gugur di babak satu terus dibujuk rayu, mereka kini ibarat perawan rupawan yang menjadi rebutan.

Pada Senin (13/3/17), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah menyatakan kepincut pada paslon nomor 3. Deklarasi dukungan resmi segera dilaksanakan, mungkin paling telat awal pekan depan.  PPP versi Romahurmuziy tampaknya juga telah memberi isyarat tidak keberatan dipinang paslon ini. Partai Demokrat sudah pula menebar lirikan siap dipikat.

Bila semuanya berjalan lancar, ketiga partai ini diperkirakan merapat ke gerbong paslon 3. Tinggal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang masih jual mahal. Petinggi partai ini pernah menyatakan tidak ingin bergabung dengan partai yang kalah di putaran pertama. Tentu saja yang dimaksud adalah paslon 3, sebab raihan suaranya masih kalah 3% dibanding paslon 2. Apakah ini sinyal PKB ingin merangkul paslon 2, masih perlu ditunggu beberapa hari ke depan. 

Selain itu, Hary Tanu Soedibyo bersama Partai Perindo pun sudah membuat deklarasi mendukung Anies-Sandi. Memang Perindo belum memiliki keterwakilan di DPR-RI maupun DPRD DKI, namun perannya diyakini sangat signifikan mengingat Hary Tanu memiliki dukungan media massa luas. Media massa sangat membantu paslon untuk menyampaikan gagasan dan program kepada masyarakat secara luas dan cepat.
 
Kembali ke PKB, seandainya partai ini benar-benar merapat ke paslon 2, sedangkan PAN, PPP, dan Demokrat memperkuat barisan paslon 3, maka kekuatan politik menjadi seimbang. Paslon 2 disokong 5 parpol, yakni PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, dan PKB. Begitu juga paslon 3 digotong 5 parpol pula, yakni Gerindra, PKS, PAN, PPP, dan Demokrat.  Namun, kalau PPP versi Djan Faridz diperhitungkan, berarti paslon 2 didukung lima setengah parpol. Begitu pula jika Perindo dimasukkan, maka paslon 3 mendapat dukungan 6 parpol. Tetap saja seimbang.
Dalam posisi yang sama kuat ini kedua pihak pastilah bertarung habis-habisan. Mereka mengejar perolehan angka 50% plus. Yang menarik adalah bagaimana kalau suara yang diraih benar-benar draw (imbang) 50%-50%? Barangkali Komisi Pemilihan Umum (KPU) berpendapat hal ini mustahil. Itu sebabnya sampai saat ini publik tidak mendengar adanya Pilkada putaran ketiga bila terjadi draw.

Meski hampir mustahil, potensi terjadinya draw tetap mungkin, walau kemungkinannya sangat kecil. Ini tentu bakal menimbulkan masalah besar nanti, sebab KPU belum mengeluarkan aturan tentang hal ini. Selain itu, bila nanti terjadi raihan suara 50% plus sedikit, katakanlah hanya plus 100-200 suara, bagaimana? Ini pun rasanya bakal ramai. Kemungkinan kedua pihak akan saling menuding melakukan kecurangan yang pasti diikuti kegaduhan besar. Khalayak hanya menginginkan, apa pun yang terjadi, semuanya tidak mengakibatkan gonjang-ganjing politik. Sebab, hal itu biasanya akan diikuti dengan kekisruhan lain di tingkat bawah, misalnya konflik horizontal sesama anak bangsa.
 
Seandainya draw atau selisih sedikit ini benar-benar terjadi, masyarakat berharap kedua paslon dapat menenangkan dan mendinginkan pendukung masing-masing agar tidak melakukan hal-hal destruktif yang hanya akan merugikan semua pihak. *)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Kavaleri Udara TNI AD 25 Mar 2017 11:08 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Berdoa untuk Perdamaian Dunia 11 Mar 2017 19:07 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia