KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA PEMILU LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
PEMILU

KPU Samosir Melantik 322 Orang Ketua KPPS pada Pilkada Gubsu 27 Juni 2018
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 03-Jun-2018, 15:09:08 WIB

KabarIndonesia - "Setidaknya ada 3 (tiga) tugas berat yang akan menanti rekan-rekan petugas KPPS yaitu, pelayanan hak pilih, transparansi penyelengaraan pemungutan suara dan akuntabilitas perhitungan suara," sebut Ketua KPU-RI Arief Budiman, dalam sambutannya pada buku Panduan KPPS Pilkada 2018.

Seiring dengan itu, dalam beberapa hari kedepan tepatnya tanggal 27 Juni 2018 akan digelar pilkada serentak, termasuk pemilihan umum Gubernur Sumatera Utara 2018 untuk menentukan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018–2023, KPPS menjadi ujung tombak suksesnya pilkada tersebut.

Untuk itulah, berdasarkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Samosir, Nomor : 66/PP.05.3-Kpt/1217/KPU-Kab/VI/2018, bertempat di aula HKBP Kecamatan Palipi, Samosir Sumatera Utara, Sabtu (02/06), dilaksanakan pelantikan 322 Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-kabupaten Samosir.

Robinsar J Barus SH, mewakili ketua KPU Samosir, mengawali sambutannya menjelaskan bahwa seyogianya pelantikan dilakukan Suhadi Situmorang SH MH, selaku ketua KPU Samosir. "Karena mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu provinsi Sumatera Utara, Suhadi Situmorang dan Fernando Sitanggang tidak dapat hadir pada pelantikan hari ini" jelasnya.

Dalam sambutannya, Robinsar mengajak para Ketua KPPS yang baru dilantik, untuk melaksanakan tugas sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diucapkan dan tidak melanggar kode etik.

Dijelaskannya, pelantikan KPPS se-kabupaten Samosir, bertujuan untuk membantu KPU dalam melaksanakan seluruh tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumateta Utara tahun 2018, serta melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban lain sesuai ketentuan dan perundang undangan.

"Saya percaya, bahwa bapak/ibu akan melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas penyelenggaraan pilgubsu 2018, dan saya ucapkan selamat bekerja," ujar Robinsar J Barus, Komisioner KPU Samosir bidang Hukum dan Pengawasan.

Turut hadir pada acara pelantikan KPPS ini, Komisioner KPU Samosir lainnya yakni Jonsen Situmorang, Ika Rolina Samosir, juga Sekretaris KPU Samosir, Pahala Sinaga, Kapolsek Palipi MP Aritonang, pemuka agama, serta 322 Ketua KPPS se-kabupaten Samosir.

Sementara itu, diperoleh penjelasan lebih lanjut bahwa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dibentuk oleh PPS (panitia pemungutan suara tingkat kecamatan) atas nama KPU kabupaten/kota untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Anggota KPPS sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota serta dibantu oleh 2 (dua) orang petugas ketertiban dan keamanan TPS.

Secara umum tugas KPPS pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS salah satunya adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Berikut adalah tugas dan wewenang kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada hari pemungutan suara, yakni:

1. Mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di TPS;
2. Menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas Pemilu Lapangan;
3. Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS;
4. Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS;
5. Menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh saksi, Pengawas Pemilu Lapangan, peserta Pemilu, dan masyarakat pada hari pemungutan suara;
6. Menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel;
7. Membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara serta mebuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas Pemilu Lapangan, dan PPK melalui PPS;
8. Menyerahkan hasil penghitungan suara kepada PPS dan Pengawas Pemilu Lapangan;
9. Menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada PPK melalui PPS pada hari yang sama;
10. Melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan; dan
11. Melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh Undang-undang.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia