KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Samosir Sampaikan Surat Protes Tentang Annual Fee kepada Gubernur Sumut oleh : Danny Melani Butarbutar
15-Des-2018, 14:30 WIB


 
 
KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dilansir berbagai media cetak dan online di Sumatera Utara, juga telah diberitakan media ini, dua kepala daerah yakni bupati Samosir dan bupati Tapanuli Utara menyampaikan protes keras kepada Gubernur Sumatera Utara. Protes tersebut terkait SK Gubsu
selengkapnya....


 


 
BERITA PEMILU LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Ucup Kecil, Sang Penantang Takdir 15 Des 2018 11:22 WIB


 
 
PEMILU

KPU Tetapkan 188 Orang Calon Anggota DPRD Kabupaten Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 20-Sep-2018, 15:51:43 WIB

KabarIndonesia - Pangururan, Untuk memenuhi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir melaksanakan rapat sinkronisasi dan validasi atas Daftar Calon Sementara (DCS) pada hari Kamis (20/9) di hotel Saulina, Pangururan.

Rapat dihadiri pengurus Partai Politik peserta Pemilu yakni Ketua, Sekretaris dan penghubung partai (LO) dan Bawaslu Samosir, seluruh komisioner dan Sekretariat KPU Samosir, dengan agenda utama rapat adalah untuk menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Samosir pada Pemilu 17 April 2019.

“Ya benar, tadi kita mengundang Partai Politik (Parpol) dan Bawaslu, SK DCT sudah kita tetapkan hari ini,” kata Ketua KPU Samosir Fernando kepada para wartawan di Hotel Saulina, Pangururan.

Fernando menjelaskan bahwa Komisi Pemilihan Umum Samosir telah menetapkan DCT anggota DPRD Samosir, melalui SK KPU nomor: 294/PL.01.4-SD/1217/Kab/ IX/2018, tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir pada Pemilihan Umum tahun 2019.

Lebih lanjut disampaikannya, KPU telah menetapkan 188 calon anggota DPRD Samosir yang akan ikut dalam Pemilu 2019 untuk merebut 25 kursi anggota DPRD.

"Untuk daerah pemilihan (dapem) I (kecamatan Pangururan-Ronggurnihuta) diikuti 65 calon, Dapem II (Simanindo-Onanrunggu) diikuti 40 calon, Dapem III (Palipi-Nainggolan) diikuti 45 dan Dapem IV (Sianjurmulamula-Harian-Sitiotio) diikuti 38 calon," ungkap Fernando merinci persebaran calon.

Dijelaskannya, dari angka tersebut ada 113 orang laki-laki dan 75 orang perempuan. Keterwakilan perempuan juga terpenuhi. "Ada 75 orang perempuan calon anggota DPRD Samosir, jumlah ini diatas 30%, tepatnya 39% dan memenuhi syarat." sebutnya lagi.

Menjawab pertanyaan awak media Ketua KPU Samosir yang juga baru terpilih sebagai ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) mengungkapkan bahwa di Kabupaten Samosir, tidak ada anggota DPRD (incumbent) yang mencalonkan diri untuk pemilu 2019 dari partai baru atau pindah partai.

Seiring ditetapkannya DCT yang akan diumumkan secara meluas kepada publik, Fernando membenarkan bahwa partai politik dan calon anggota legislatif sudah dapat menyelenggarakan kampanye.

"DCT ini akan segera diumumkan dan ditempelkan di tempat umum sejak Jumat-Minggu (red: tgl.21-23 September 2018). Hal ini dilakukan agar masyarakat juga bisa melihat langsung para calon anggota DPRD-nya,” tambah Fernando Sitanggang.

Tahapan terdekat selanjutnya adalah kampanye yang akan dimulai 3 (tiga) hari sejak penetapan DCT yakni mulai tanggal 23 September 2018. “Terkait lokasi kampanye dan pemasangan APK, setelah menerima surat penetapan lokasi kampanye dari Pemkab Samosir, maka KPU Samosir akan mengaturnya melalui Surat Keputusan," tambahnya.

Diinformasikannya kemudian bahwa KPU Samosir juga telah menyurati seluruh partai politik soal jadwal kampanye dan menyurati rekening dana kampanye. "Akan ada Help Desk di KPU agar sistem pelaporan sesuai ketentuan,” tutupnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia