KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA PEMILU LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
PEMILU

KPUD Samosir Tetapkan 89.830 Orang Pemilih Pada Pemilihan Gub-Cagub Sumut 2018
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 23-Apr-2018, 09:47:30 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Penduduk Kabupaten Samosir yang berhak memberikan suaranya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serentak 27 Juni 2018 yang akan datang sejumlah 89.830 orang.

Hal ini sesuai dengan hasil rapat pleno terkait dengan julah DPT yang dilaksanakan KPUD Samosir dipimpin Ketua Suhadi Situmorang bersama 4 orang anggota Komisioner KPUD lainnya, pada hari Rabu (18/4) di Hotel Sitiotio, kelurahan Siogungogung kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir.

Rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan dan penetapan DPT tingkat kabupaten Samosir pada pilgub dan pilwagub Sumut 2018 ini dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 9 Kecamatan, Kadis Dukcapil, Kajari, Polres, Rutan dan Tim Paslon.

Ketua KPUD Samosir melalui divis perencanaan dan data Jonsen Situmorang, yang dihubungi pewarta kabarindonesia.com pada Senin (23/4) menyebutkan bahwa jumlah pemilih pada DPT Pilgubsu di Kabupaten Samosir sebanyak 89.830 orang itu berkurang 298 orang dari yang terdaftar pada DPS sebanyak 90.128 pemilih.

Menurutnya Jonsen, jumlah DPS itu sendiri merupakan hasil dari DP4 (daftar penduduk potensial pemilih) yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri yang telah diperbaiki. Hasil perbaikan oleh KPUD Samosir inilah yang dijadikan DPT untuk kabupaten Samosir.

Menanggapi adanya pemberlakuan ketentuan bahwa pada hari H pemilihan, pemilih harus membawa E-KTP yang dimiliki sendiri atau surat keterangan pengganti e-KTP yang dikeluarkan Dinas Dukcapil setempat, Suhadi Situmorang membenarkan hal tersebut.

"Dalam Pilgubsu 2018 ini memang ditetapkan harus dengan e-KTP, namun masih dimungkinkan berlakunya Surat keterangan pengganti e-ktp yang dikeluarkan pemerintah oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Namun dalam Pemilu serentak 2019 nanti, suket tidak lagi berlaku. Yang berhak memilih hanya mereka yang telah memiliki e-KTP" jelas Ketua KPUD Samosir, dalam satu kesempatan.

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Samosir, Lemen Manurung SPd, yang dihubungi melalui WA menyatakan bahwa jumlah penduduk Samosir yang tercatat dan terdaftar saat ini sebanyak 144.330 terdiri dari 72.287 laki-laki, dan perempuan sebanyak 72.043 orang. Berdasarkan catatan pendaftaran penduduk secara elektronik di Dirjen Dukcapil Kemendagri Jakarta dari 144.330 penduduk tersebut sekitar 97.596 orang wajib e-KTP.

"Catatan kita, di Samosir ada 97.496 orang penduduk yang wajib e-KTP, 90.052 orang diantaranya sudah memiliki e-KTP yang sudah berlaku seumur hidup, artinya warga Samosir yang berhak memilih diharapkan sudah memiliki e-KTP" jelasnya seraya menambahkan agar masyarakat segera memvalidasi dan mengurus identitasnya secara sah dengan e-KTP.

Sebagai informasi, bahwa pada Pilkada serentak 2018 untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, hanya dua pasangan calon yang akan dipilih warga Sumatera Utara. Tercatat pasangan Edi Rahmayadi-Musa Rajek dengan nomor urut 1, dan pasangan H.Djarot Syaiful Hidayat- Dr.Sihar Pangihutan Sitorus dengan nomor urut 2.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia