KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupWALHI: Kabinet Jokowi, Tempatkan Lingkungan Hidup di Bidang Kelas Kedua oleh : Wahyu Ari Wicaksono
25-Okt-2014, 09:55 WIB


 
 
WALHI: Kabinet Jokowi, Tempatkan Lingkungan Hidup di Bidang Kelas Kedua
KabarIndonesia - Sejak pelantikan 20 Oktober 2014, rakyat Indonesia menunggu dengan bersemangat pengumuman kabinet presiden Jokowi. Pengumuman ini tentunya membawa pesan harapan akan adanya    Pemerintahan yang
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Tak Datang 23 Okt 2014 17:37 WIB

Karyawan (Tak) Setia 16 Okt 2014 17:37 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
KESEHATAN

Penyebab dan Pencegahan Sakit Kepala
Oleh : Hartoyo Darmawan | 03-Mar-2008, 19:39:35 WIB

KabarIndonesia - Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi. beberapa orang sering mengalaminya. Suatu perubahan dalam pola dan atau sumber penyakit, misalnya dari jarang menjadi sering, yang sebelumnya ringan menjadi berat, bisa merupakan pertanda yang serius dan memerlukan tindakan medis segera. Sebagian besar sakit kepala merupakan ketegangan otot, migrain atau nyeri kepala tanpa penyebab yang jelas.

Dr. Ellisa, dari Klinik Omni Medical Center (OMC) mengatakan, secara garis besar sakit kepala adalah rasa tidak enak atau nyeri di kepala. Bila dirasakan hanya disebagian kepala atau menyeluruh dan dapat menjalar ke wajah, mata, gigi, dan leher. Penyebabnya bisa dari akibat ketegangan atau kontraksi otot kepala. Ada juga penyebab yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu seperti demam, influenza, dan hipertensi (darah tinggi).

Secara umum, Ellisa menggolongkan sakit kepala ke dalam beberapa jenis. Pertama, sakit kepala tegang (tension headache). Merupakan bentuk sakit kepala yang biasa. Penderita biasanya merasakan seperti adanya pemberat di kepala. Kedua, sakit kepala sebelah (migrain). Penyebabnya adalah peredaran darah di kepala mengalami gangguan, sehingga mengakibatkan ketegangan sebelah. Migrain juga merupakan sakit kepala yang berkepanjangan.

Ketiga, sakit kepala karena sinus. Ini diakibatkan karena adanya penebalan mukosa pada dinding rongga sinus, sehingga mengakibatkan radang dan kemudian menjalar dibeberapa tempat, seperti diwajah, dahi. Keempat, sakit kepala karena lesi desak ruang, seperti adanya dorongan tumor diotak yang mendesak pembuluh vaskuler dan syaraf. Pada daerah yang mengalami nyeri sebelumnya dibagian kepala, lama-kelamaan menjadi keseringan karena adanya dorongan tumor yang bertambah besar. “Bisa juga pendarahan akibat benturan atau kecelakaan yang menggumpal sampai pada akhirnya menekan syaraf,” ujarnya.

Penyakit pada telinga serta mata seperti glukoma (peningkatan tekanan dalam mata) dan tumor orbital bisa menyebabkan sakit kepala juga. Selain itu, harus diketahui juga apa yang menjadi pencetus dari sakit kepala. Factor-faktor seperti stress, kelelahan fisik, stimulasi lingkungan (tekanan udara, cuaca), cahaya yang terlampau terang, suara bising, terlambat makan, makanan yang mengandung penyedap dan bahan pengawet, kebiasaan tidur yang berubah-ubah, perubahan hormon saat haid, asap rokok, coklat, kopi, minuman bersoda, adalah penyebab yang umum dialami seseorang yang mengalami sakit kepala.

Aktivitas kerja atau didepan komputer yang terlalu lama sehingga menyebabkan leher menjadi tegang juga dapat membuat sakit kepala. “Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat dapat memicu sakit kepala,” tambah dokter muda ini.
Seseorang dapat mengalami sakit kepala menyeluruh atau sebagian (migrain). Migrain terjadi akibat dari ketegangan otot ataupun gangguan vaskuler dikepala. Kalau didiamkan terus, bisa menjalar pada seluruh kepala, sedangkan sakit kepala menyeluruh bisa saja terjadi tidak hanya karena ketegangan otot tetapi karena ada penyakit lain. Migrain umumnya menyerang wanita, terjadi di waktu haid atau saat memakai pil kontrasepsi (terjadi fluktuasi hormon). Stres emosional juga dapat dikategorikan memicu migrain.

Jika sakit kepala mulai mendera, sebaiknya lakukan langkah awal, minum obat pereda sakit seperti aspirin atau paracetamol. Bila tidak membaik, atau mengalami nyeri hebat sampai ke leher, dan disertai gejala lain missal mual muntah, demam, kesemutan, segeralah ke dokter. Bisa juga dengan mengenali dan menghindari factor pencetus sakit kepala. Relaksasi dan latihan pernafasan (yoga). “Usahakan tidur di kamar yang gelap dan tenang serta memberi kompres dingin di bagian atas mata dan di dahi”.

Agar sakit kepala tidak terus-terusan menyerang anda, ubahlah gaya hidup anda. Mulailah belajar untuk beristirahat, rancang segala akitvitas sebaik mungkin untuk menghindari strees. Cukup berolahraga dan istirahat, makan makanan yang sehat dan seimbang disertai minum air secukupnya terutama pada cuaca panas. Jangan minum obat penahan nyeri terlampau banyak. Perubahan dalam gaya hidup bisa melepaskan seseorang dari sakit kepala.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mungkinkah Suami Mengasuh Anak?oleh : Jumari Haryadi
17-Okt-2014, 23:18 WIB


 
  Mungkinkah Suami Mengasuh Anak? Tugas istri adalah mengasuh anak, namun peluang kerja untuk pria terbatas, terkadang posisinya terbalik. Justru istri bekerja menjadi TKI di luar negeri, sementara suami mengasuh anak di rumah. Pasangan suami istri sebaiknya berbagi peran mengasuh anaknya. Misalnya ketika
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Sastra Tanpa Riset 05 Okt 2014 10:09 WIB

 

 
Idul Adha di Leipzig 08 Okt 2014 13:16 WIB


 
Papua Kalahkan Sumut 24 Okt 2014 11:23 WIB


 

 

 

 
Memimpin dengan Kepala dan Hati 20 Okt 2014 12:40 WIB


 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB

 
Selamat Melayani Pertua-Diaken 12 Okt 2014 11:13 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia