KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDI ATAS LANGIT ADA LANGIT oleh : Tonny Djayalaksana
23-Aug-2019, 14:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pengacara 02 dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu Bambang Widjojanto seperti menyimpan agenda tersendiri. Hal itu terlihat dari kejanggalan-kejanggalan yang saya ungkapkan sebelumnya.

Sidang pun berlanjut dengan acara mendengarkan saksi dan ahli dari
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA










 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Cegah Ragam Penyakit Prodia Gelar Seminar Genomik

 
KESEHATAN

Cegah Ragam Penyakit Prodia Gelar Seminar Genomik
Oleh : Buddy Wirawan | 08-Apr-2019, 15:06:59 WIB

KabarIndonesia - Untuk mencegah penyakit lebih lanjut, Laboratorium Klinik Prodia menggelar seminar Genomik untuk para dokter kota Bandung, Kegiatan digelar serentak di 18 kota di Indonesia, dan untuk kota Bandung dilaksanakan di Hotel Grandia Jalan Cihampelas, Sabtu (6/4/2019). 

Genomik adalah bidang yang mempelajari genom, untuk memahami bagaimana dan apa akibat dari interaksi antar gen serta pengaruh lingkungan terhadapnya. Manusia memiliki sekitar 100 trilyun sel di dalam tubuhnya. Di setiap sel terdiri dari kromosom yang tersusun dari susunan DNA. Susunan DNA tersebut disetiap manusia 99,9% sama, namun terdapat 0,1% perbedaan. Perbedaan tersebut telah menghasilkan keragaman seperti tinggi badan, warna rambut, warna mata, warna kulit serta kerentanan terhadap penyakit.

Memasuki era Next Generation Medicine, Laboratorium Klinik Prodia terus berinovasi dengan meluncurkan pemeriksaan Genomik yang disebut Prodia Genomik. Pemeriksaan genomik dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, tergantung jenis pemeriksaannya, misalnya memperkirakan risiko, diagnosis, monitoring serta pemilihan obat dan gaya hidup berdasarkan gen.

Masih minimnya pengetahuan tentang pemeriksaan Genomik, melatarbelakangi Laboratorium Klinik Prodia mengadakan roadshow seminar dokter dengan tema "Good Doctor for Better Disease Prevention Seminar on Disease Prevention Through The Power of Genomic testing" di 18 kota besar. Bandung merupakan kota pertama yang menyelenggarakan semnas dokter ini kemudian dilanjutkan kota kota besar lainnya. 
Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, yaitu Prof. Gerald Pals, PhD, Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD-KEMD, Riska Widyasari, S.Si dan moderator dr. Anita Suhadi.  

Dalam pengaplikasian di bidang medis, adanya pemeriksaan genomik membuka paradigma baru dalam menilai risiko penyakit yang mendukung preventive medicine, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Prodia sebagai laboratorium klinik terbesar di indonesia memiliki dedikasi tinggi untuk terus mengembangkan pemeriksaan-pemeriksaan terbaru dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya adalah dengan menyediakan layanan Prodia Genomics, yang merupakan salah satu layanan yang disediakan prodia untuk pemeriksaan genomik dengan menggunakan teknologi terbaru seperti microarray. Sehingga saat ini di indonesia pemeriksaan genomik tidak perlu dikirim ke luar negeri, tapi bisa dilakukan di Prodia.

Pemeriksaan genomik yang ditujukan untuk menilai risiko terhadap beberapa penyakit saat ini sudah tersedia di Prodia. Diantaranya adalah CArisk, untuk melihat risiko terhadap beberapa jenis kanker. Selain itu, DlArisk untuk melihat risiko terhadap penyakit diabetes dan beberapa penyakit terkait diabetes.

Akan segera hadir pemeriksaan lainnya yaitu CVDrisk (untuk melihat risiko penyakit kardiovaskular), TENSrisk (untuk melihat risiko penyakit hipertensi), lMMUNErisk (untuk melihat risiko penyakit autoimun), Prodia Wellness Genomics (untuk (untuk melihat risiko penyakit autoimun), Prodia Wellness Genomics (untuk melihat risiko beberapa ienis penyakit. Selain untuk menilai risiko penyakit, Prodia Genomik juga menyediakan pemeriksaan Prod' Nutrigenomics (untuk gaya hidup yang tepat berdasarkan profil genomik) dan Prodia Pharmacogenomics (untuk memandu pemilihan obat yang tepat dan dosis terapi).(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia