KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalForum Promoter 2018 POLRI: Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 (1) oleh : Rohmah S
23-Mei-2018, 12:15 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara.

Pangan memiliki peran dan fungsi vital bagi bangsa dan Negara Indonesia.
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA









 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Laju 10 Kilometer 22 Mei 2018 14:44 WIB

Ranting Putih 22 Mei 2018 14:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Ratusan Ribu Warga Kota Bandung Belum Miliki Kartu Jaminan Kesehatan Nasional

 
KESEHATAN

Ratusan Ribu Warga Kota Bandung Belum Miliki Kartu Jaminan Kesehatan Nasional
Oleh : Buddy Wirawan | 16-Jan-2018, 09:01:51 WIB

KabarIndonesia - Pemkot  Bandung kini memulai program pemberian kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada warga yang belum memiliki jaminan kesehatan.  Hal ini seiring dengan kota Bandung telah diapresiasi Universal Health Coverage (UHC) karena lebih dari 95% warganya telah memiliki jaminan kesehatan.

"UHC itu kan Universal Health Coverage, jadi masyarakat yang belum menjadi peserta JKN dibayarkan atau didaftarkan oleh pemerintah sehingga mempunyai kartu JKN kelas 3," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, Selasa (16/1) di Balai Kota. 

Disebutkan, program ini diperuntukkan bagi  123.220 warga yang belum memiliki JKN. Jumlah tersebut diluar warga berpenghasilan rendah yang menerima program Penerima Bantuan Iuran (PBI). Sementara Pemkot Bandung juga menggelontorkan anggaran sebesar Rp 261 milyar untuk program ini.  
"PBI adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU Sistem Jaminan Sosial Nasional yang iurannya dibiayai Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan," terang Rita.  

Namun, lanjutnya,  program PBI tidak mencakup semua warga kota, melainkan hanya untuk mereka yang sudah terdaftar sebagai kelompok masyarakat miskin oleh pemerintah. Sedangkan bagi warga yang tidak terdaftar pada program tersebut bisa melalui pintu UHC. 
"Program UHC ini juga diprioritaskan bagi warga miskin, tidak punya pekerjaan tetap, serta janda atau duda yang sudah tidak memiliki penghasilan," tuturnya. 

Mekanisme program UHC ini diutamakan diberikan kepada mereka yang sedang sakit dan dalam masa perawatan. Warga yang sedang dirawat bisa mengajukan pembuatan JKN melalui kantor kelurahan lalu diurus di fasilitas kesehatan tempat dirawat.
"Nanti, pihak fasilitas kesehatan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar bisa masuk program UHC. Pendaftaran JKN melalui UHC ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan hingga tanggal 30 Januari 2018," tutupnya.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Rayakan Ramadhan, Shopee Ajak Pengguna Berbelanja dan Beramal di Bulan Suci Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia memaparkan kampanye Ramadhan Shopee dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB


 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia