KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Terapi Bugar Ala Qi Gong di Perguruan Shaolin Sunter

 
KESEHATAN

Terapi Bugar Ala Qi Gong di Perguruan Shaolin Sunter
Oleh : Rio Bembo Setiawan | 27-Des-2007, 15:04:34 WIB

KabarIndonesia - Sejak zaman dulu, terapi qi gong dijuluki sebagai latihan menghilangkan penyakit dan memperpanjang usia. Bagaimana terapinya?

Seorang budayawan Tiongkok, Li Shi Hui, menulis satu pengalamannya sebagai pengantar buku "Tiet Sin Kuen" yang disusun master shaolin, Lam Sai Wing (1860-1943). Prakata itu tentang pengalaman menekuni latihan qi gong (baca: ji kung) yang membuat kebugaran tubuhnya meningkat sembilan kali lipat. Sangat drastis. Sampai-sampai Li sendiri sulit mempercayainya. Tapi, memang begitulah kenyataannya.

Di Indonesia, pengalaman Li Shi Hui itu bisa dipraktikkan melalui medium pengajaran qi gong di perguruan shaolin. Satu di antaranya yang berdiri di kawasan Sunter Paradise, Jakarta Utara. Perguruan ini dipimpin Profesor Li Quan Cay, master shaolin yang juga dokter ahli syaraf dan tulang.

"Shaolin qi gong adalah metode terapi kebugaran shaolin bagi para orangtua. Sasaran terapinya kompleks, karena mencakup latihan tubuh dan bathin," kata sang profesor kepada KabarIndonesia.              

Menurut kegunaannya, masih kata Li, terapi qi gong dibedakan menjadi tiga bagian: terapi pernapasan untuk penyembuhan penyakit kronis, latihan pernapasan untuk kebugaran tubuh dan mencegah penyakit, serta latihan qi gong wushu untuk seni beladiri. Latihan pernapasan dan meditasi qi gong itu juga biasa disebut sebagai tu-na (menghembus dan menghirup udara segar), lian qi (melatih energi vital), dan nei-gong (latihan pengerahan dari dalam tubuh) atau biasa juga disebut sebagai lei-kang (tenaga dalam).            

Sejumlah hasil penelitian di Tiongkok memang sudah membuktikan qi gong mujarab mengatasi penyakit ringan maupun berat. Terapi ini juga punya peranan besar untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, meningkatkan kesehatan, dan menghambat kepikunan sebelum waktunya. "Karena banyak fungsinya, pada zaman dulu qi gong sudah dijuluki sebagai latihan menghilangkan penyakit," kata Profesor Li Quan Cay tersenyum.           

Dasar terapi qi gong sendiri adalah mengatur pikiran dan mendapatkan ketenangan lewat meditasi. Pikiran itu dipusatkan pada dan-tian, satu titik tepat 1,5 inci di bawah pusar (umbilicius) pada perut bawah (hypogastrium). Keadaan itu akan membuat reaksi terhadap rangsangan dari luar seperti suara dan sinar berkurang. Boleh jadi malah kehilangan sensasi atas posisi dan berat tubuh, seolah-olah berada antara tidur dan sadar, atau cerebral cortex berada dalam kondisi inhibisi.           

Keadaan ini akan membuat fungsi tubuh pada keadaan ‘reaksi lembut' akibat menurunnya kegiatan sistem syaraf simpatik. Baik itu penurunan asam laktat dalam pembuluh nadi, maupun tingkat metabolisme. Termasuk penurunan regulasi tekanan darah akibat berkurangnya aktivitas DHB dalam plasma serta aktivitas renin (enzim proteolitik) yang disintesis, disimpan dan disekresi oleh sel-sel ginjal. Nyesss.           

"Asalkan rutin mengikuti terapi qi gong, saya jamin kebugaran tubuh akan jauh lebih baik. Yang jadi persoalan, apakah seseorang bisa rutin mengikuti terapi ini," ujar Profesor Li dengan mimik serius. Nah lho.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia